Mulai dari Rp276,6 Juta, Apa Sih Keistimewaan All New Kia Rio Dibanding Hatchback Jepang?

Enda · 28 Jul, 2021 14:00

Mulai dari Rp276,6 Juta, Apa Sih Keistimewaan All New Kia Rio Dibanding Hatchback Jepang? 01

Keistimewaan All New Kia Rio

Bicara hatchback kompak segmen-B, pabrikan otomotif jenama Korea Selatan, Kia, melalui PT Kia Mobil Indonesia (KMI) pada 2017 lalu memperkenalkan All New Kia Rio sebagai generasi keempat Rio di Tanah Air.

Meski Kia Indonesia kini sudah berada di bawah naungan PT Kreta Indo Artha selaku APM (Agen Pemegang Merk), All New Kia Rio hingga kini masih terus dijajakan dengan harga baru yang ditawarkan mulai dari Rp276,6 juta hingga Rp291,9 juta.

Tertarik memiliki sebuah hatchback kompak yang tampil beda dari biasanya? Simak keistimewaan All New Kia Rio berikut ini.

Baca juga: Pertarungan City Car Beda Negara, Kia Picanto Lebih Baik dari Honda Brio RS?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

All New Kia Rio Disematkan Lampu Utama LED Projector dengan Bi Function

Mulai dari Rp276,6 Juta, Apa Sih Keistimewaan All New Kia Rio Dibanding Hatchback Jepang? 01

All New Kia Rio kini disematkan LED Projector with Bi Function

Melihat daripada tampilan luar, All New Kia Rio ini membawa ciri khas Kia dengan gill ‘Tiger Nose’, banyak mendefinisikan garis lurus serta mempunyai desain yang lebih matang. Pada fascianya, mobil ini juga berhasil disematkan lampu utama memanjang LED Projector with Bi Function, Auto Light, Delay Function & Static Bending yang dipadukan dengan LED DRL.

Untuk memberikan tingkat pencahayaan yang lebih baik, di kedua sisi bumper depannya ini dibenamkan fog lamp LED proyektor yang terkesan mewah dan atraktif.

Sisi Keselamatan, All New Kia Rio Meraih Rating Bintang 5 Uji Tabrak NCAP

Mulai dari Rp276,6 Juta, Apa Sih Keistimewaan All New Kia Rio Dibanding Hatchback Jepang? 02

All New Kia Rio berhasil memperoleh bintang 5 dalam uji tabrak New Car Assessment Program (NCAP)

Mengenai sisi keselamatan, All New Kia Rio ini berhasil memperoleh bintang 5 dalam uji tabrak New Car Assessment Program (NCAP). Seperti yang diketahui, mobil ini berhasil tersematkan sistem pengereman cakram di empat rodanya, ABS dan EBD yang yang juga ditawarkan dengan Dual airbag, 3 Point ELR di depan, dan 3 Point ELR (Side) 2 Point (Center) dibelakangnya.

Selain itu, All New Kia Rio juga sudah menggunakan 48% Advanced High Strength Stel (AHSS) serta Press-Hot Stamped pada struktur rangkanya. Tujuannya supaya dapat memberikan perlindungan ketika mengalami benturan cukup keras.

Dengan adanya fitur ini diketahui mampu meredam benturan lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Rangka yang ringan juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Kenyamanan All New Kia Rio Kualitas Jempolan

Mulai dari Rp276,6 Juta, Apa Sih Keistimewaan All New Kia Rio Dibanding Hatchback Jepang? 03

Kenyamanan All New Kia Rio

All New Kia Rio diketahui memiliki dimensi serta ground clearance yang cukup proper. Tak ayal apabila mobil ini terasa cukup stabil ketika dipacu dalam kecepatan yang tinggi.

Melihat kenyamanan lain yang terdapat di dalam mobil ini, dikteahui bahwa Rio sendiri mendapatkan setir yang sudah menganut teknologi tilt & telescopic yang membantu pengemudi dalam mengatur posisi kenyamanan berkendara.

Bukan cuma mewah, sistem infotaiment All New Kia Rio juga menganut gaya floating dengan layar senuth berukuran 7 inci yang sudah kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto serta dapat diatur melalui tombol di lingkar kemudinya. Untuk menghadirkan kualitas suara yang stereo, 4 speaker dengan 2 tweeter sudah dapat memberikan kenyamanan bagi setiap penggunannya selama perjalanan.

Oh iya, pada generasi keempatnya ini, Kia Rio juga sudah mengimplementasikan AC digital dengan auto climate, yang cukup mudah dalam pengaturannya. Di sisi pengemudi, pada meter clusternya ini terdapat layar MID Super Vision with 3,5” LCD dengan penampilan elegan sekaligus atraktif yang mampu memberikan informasi lebih detail mengenai status kendaraan.

Untuk memberikan kenyaman lebih, All New Kia Rio sendiri memperoleh empat cupholder yang terletak pada door trim serta satu cupholder pada konsol tengah. Armrest pada konsol tengah juga bisa dibuka untuk menyimpan barang keperluan seperti smartphone dan benda kecil lainnya yang diletakan secara ergonomis.

Baca juga: Honda Jazz Lebih Irit di Rute Dalam Kota Daripada Kia Rio

Keamanan All New Kia Rio Tidak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Mulai dari Rp276,6 Juta, Apa Sih Keistimewaan All New Kia Rio Dibanding Hatchback Jepang? 04

Fitur passive keyless entry All New Kia Rio

All New Kia Rio dibekali dengan fitur passive keyless entry yang berfungsi untuk memudahkan pengemudi membuka pintu mobil tanpa harus menekan tombol di remote atau mengeluarkan kunci.

Dengan begitu kalian hanya cukup menyimpan remote kunci pada saku lalu tekan tombol yang ada di handle pintu. Cara ini juga berfungsi apabila meninggalkan mobil dan mengunci pintu. Fitur Passive keyless entry pada mobil ini terintegrasi dengan tombol start/stop engine.

Rp276,6 Juta, Kalian Sudah Mendapatkan Power Sunroof dan Sun Shade

Mulai dari Rp276,6 Juta, Apa Sih Keistimewaan All New Kia Rio Dibanding Hatchback Jepang? 05

Dengan harga bersaing, All New Kia Rio sudah mendapatkan sunroof

Tidak seperti kompetitornya yang dibandrol dengan harga bersaing, All New Kia Rio diketahui sudah mendapatkan power sunroof yang berguna untuk meningkatkan pandangan setiap penggunannya selain memberikan gaya berkendara yang lebih dinamis.

Agar berkendara semakin nyaman serta suhu kabin tetap terjaga, fitur sun shade juga turut dihadirkan sebagai lapisan dari power sunroof.

Transmisi Manual dan Otomatis 6-Percepatan Menambah Gairah Berkendara

Mulai dari Rp276,6 Juta, Apa Sih Keistimewaan All New Kia Rio Dibanding Hatchback Jepang? 06

All New Kia Rio mendapatkan 6 tingkat percepatan pada transmisi manual serta otomatisnya

All New Kia Rio ini dibenamkan mesin Kappa, 1.4L Dual Continously Variable Valve Timing 1.348 cc dengan struktur transverse (melintang) yang mana mampu merilis tenaga 100 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 133,3 Nm @4.000 rpm.

Tenaga yang dihasilkannya tersebut kemudian ditranslasi ke penggerak roda depannya yang diatur menggunakan transmisi manual dan otomatis dengan 6 tingkat percepatan.

Kesimpulan

Dengan budget di bawah Rp300 juta untuk sebuah hatchback kompak, All New Kia Rio bisa jadi pilihan tepat selain mobil Jepangan. Seperti ulasan yang kami sampaikan di atas, mobil ini memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki beberapa kompetitornya.

Meski begitu, All New Kia Rio mempunyai beberapa kekurangan dari kompetitornya seperti cruise control serta paddle shift.

Baca juga: Perbandingan Kia Rio 2021 vs Suzuki Baleno, Kuda Hitam di Segmen Hatchback

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Dapatkan penawaran Anda dalam 24 jam!

Kia Rio MT Sunroof

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru