5 Mobil 'Termurah' dengan Sunroof, Apa Saja Selain Wuling Almaz?

Yongki Sanjaya · 24 Agu, 2021 13:30

5 Mobil 'Termurah' dengan Sunroof, Apa Saja Selain Wuling Almaz? 01

Di negara tropis seperti Indonesia, jarang ditemui mobil yang memiliki fitur sunroof. Hal ini membuat sunroof hingga saat ini menjadi suatu fitur yang istimewa. Mobil dengan sunroof dianggap sebagai mobil mewah, padahal sebenarnya tidak demikian. 

Faktanya, mobil sunroof masih dianggap sebagai kendaraan premium. Bahkan untuk merek sekaliber Toyota, hanya sedikit modelnya di Indonesia yang menyediakan fitur sunroof, dan hanya tersedia di mobil seharga Rp500 jutaan ke atas.

Adanya sunroof pun bisa menjadi nilai tambah, yang membuat suatu mobil terkesan mahal dan canggih. 
Ini membuat banyak orang yang lantas melakukan modifikasi dengan memasang 'jendela' pada atap mobilnya. Bila kita telusuri, sebenarnya ada cukup banyak model yang menyediakan sunroof sebagai fiturnya dengan harga di bawah Rp300 jutaan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Manfaat Sunroof di Mobil, Bukan Cuma Gaya-gayaan

5 Mobil 'Termurah' dengan Sunroof, Apa Saja Selain Wuling Almaz? 01

Banyak orang yang melihat fitur sunroof ini lebih ke masalah gaya, padahal manfaatnya cukup bantak. Untuk di negara tropis seperti Indonesia, mobil dengan sunroof sangat cocok untuk menikmati perjalanan terutama di kawasan pantai atau pegunungan apabila kondisi jalanannya lengang.

Dengan membuka sunroof pada mobil, kita bisa lebih leluasa menikmati pemandangan selama perjalanan dengan udara segar. Sirkulasi udara juga lebih leluasa, sehingga kamu tidak merasa pengap saat melakukan perjalanan jauh. 

Tak kalah penting, Sunroof ini bisa kita manfaatkan membuang hawa panas saat mobil lama terjemur di parkiran, atau setelah berkendara memakai AC sekian lama. Kita bisa menjalankan mobil sambil membuka sedikit sunroof untuk mendapat hembusan udara segar.

Deretan Mobil 'Murah' dengan Sunroof, Bikin Kelihatan Mewah

Setelah membahas manfaat sunroof, kini saatnya kita bahas mobil apa saja yang memiliki fitur tersebut. Dengan harga yang relatif terjangkau, kita bisa menikmati fitur keren layaknya mobil mewah. Berikut ini rincian model tersebut.

Wuling Cortez CT, Mobil dengan Sunroof Termurah

5 Mobil 'Termurah' dengan Sunroof, Apa Saja Selain Wuling Almaz? 02

Model pertama yang akan kita bahas yaitu Wuling Cortez, MPV dengan harga setara Toyota Avanza dengan fitur serupa Kijang Innova. Dengan harga ada di kisaran Rp209-Rp288 juta, Wuling Cortez ini sudah mendapat fitur sunroof sehingga membuatnya jadi MPV yang berkelas.

Cortez juga dibekali dengan head unit yang sudah terintegrasi dan AC digital auto climate control. Sebagai informasi, Wuling Cortez CT yang memiliki sunroof ada di tipe L. Ini karena Wuling dikenal sebagai merek yang sangat mengerti kebutuhan masyarakat Indonesia dengan produknya yang 'ekonomis. Inilah alasan Wuling menghadirkan Cortez dengan tampilan dan fitur mewah tapi murah.

Kia Rio, Hatchback Satu-satunya dengan Sunroof

5 Mobil 'Termurah' dengan Sunroof, Apa Saja Selain Wuling Almaz? 03

Peta persaingan segmen hatchback di Indonesia terbilang sengit, karena banyak merek yang bermain di segmen itu. Supaya tidak kalah pamor dari merek Jepang, Kia selaku produk asal Korea Selatan menghadirkan Rio dengan fitur sunroof. 

Ini membuat Kia Rio jadi satu-satunya hatchback dengan fitur 'jendela' di atap. Terlebih, harga Kia Rio juga di bawah Rp300juta sehingga lebih murah dari harga Honda City Hatchback. 

Melihat penampilannya, Kia Rio lebih agresif dan modern. Grile tipis Tiger Nose berwarna hitam di tengah menambah kesan elegan, seakan-akan menyatukan kedua lampu. 

Wuling Almaz, SUV Termurah dengan Sunroof

5 Mobil 'Termurah' dengan Sunroof, Apa Saja Selain Wuling Almaz? 04

Masih dari Wuling Motors, kali ini ada Wuling Almaz di segmen SUV yang telah memiliki fitur sunroof. Fitur ini disebut panoramic sunroof karena merupakan perpaduan antara sunroof dan panoramic roof mengingat ukuran kacanya yang cukup besar. 

Untuk mengoperasikannya sangat mudah, bisa menggunakan sejumlah tombol di panel yang dipasang di plafon depan tengah. Bahkan, kita bisa membuka tutup sunroof memakai fitur voice commands WIND sehingga sangat praktis. 

MG HS, SUV Modis Pendatang Baru

5 Mobil 'Termurah' dengan Sunroof, Apa Saja Selain Wuling Almaz? 05

SUV garapan merek China yang ada di Indonesia bisa kita bilang royal fitur, termasuk pada MG HS. Mungkin kamu berpikir kalau MG ini merek asal Inggris, namun pemilik modal dan proses produksi dilakukan di China. 

MG HS ini tak mau kalah dengan saudara tirinya yaitu Wuling Almaz, karena telah dibekali sunroof. Mengapa kami sebut saudara tiri? Ini karena MG dan Wuling sama-sama berada di bawah naungan SAIC asal China. 

Dengan harga Rp375,8 - Rp469,8 juta, MG HS dibekali berbagai fitur keren, mulai dari tilt dan telescopic steering wheel, 64-color interactive ambient light yang dapat disesuaikan dengan mood dan atmosfer yang diinginkan, lalu electric panoramic sunroof. 

Honda HR-V, Crossover Jepang dengan Sunroof

5 Mobil 'Termurah' dengan Sunroof, Apa Saja Selain Wuling Almaz? 06

Di urutan terakhir ada Honda HR-V dengan harga paling mahal dari empat mobil lainnya. Crossover produksi Honda ini menjadi model paling laris, dimana tipe yang memiliki sunroof hanya ada pada tipe Prestige. Harga Honda HR-V Prestige 1.8 dijual Rp406,3 jutaan. 

Honda HR-V ini tidak hanya dibekali sunroof tapi juga panoramic roof atau biasa disebut panoramic sunroof. Inj membuat bagian atap memakai kaca berukuran lebar dan ada sisi yang bisa dibuka-tutup.

Kenyamanan penumpang turut ditunjang keberadaan AC digital yang menggunakan panel layar sentuh untuk pengaturannya. Terdapat fitur AC Auto untuk pengoperasian yang lebih praktis menyejukkan kabin lebih cepat. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

Mobil Terbaru