Rival Honda Jazz yang Terlupakan, Seberapa Irit Konsumsi BBM All New Kia Rio?

Nussa · 31 Mar, 2022 08:04

Rival Honda Jazz yang Terlupakan, Seberapa Irit Konsumsi BBM All New Kia Rio? 01

  • Konsumsi BBM Kia Rio apakah irit?
  • Kia Rio dibekali mesin 1.4L N/A

Salah satu jenis mobil yang banyak diminati oleh konsumen di Indonesia adalah hatchback kompak. Banyak pabrikan otomotif yang bersaing di segmen tersebut. Salah satunya adalah pabrikan mobil asal Korea Selatan, yakni Kia. Di Indonesia, nama Kia sudah bukan asing lagi dan beberapa model yang dipasarkan juga diterima cukup baik.

Pada tahun 2017 lalu, PT Kia Mobil Indonesia (KMI) sudah memperkenalkan All New Kia Rio yang merupakan generasi keempat Rio di Indonesia. Meski sudah berganti Agen Pemegang Merek (APM) menjadi PT Kreta Indo Artha (KIA), All New Kia Rio tetap dipasarkan, mulai dari Rp 277 jutaan hingga Rp 292 jutaan.

All New Kia Rio hadir menjadi pesaing terdekat dari Honda Jazz dan Toyota Yaris. Hatchback yang satu ini dikembangkan di Namyang, Korea Selatan, dan merupakan hasil dari kolaborasi para insinyur Kia di Jerman dan California.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Eksterior All New Kia Rio

Rival Honda Jazz yang Terlupakan, Seberapa Irit Konsumsi BBM All New Kia Rio? 01

Tampilan All New Kia Rio semakin modern dan sporty

All New Kia Rio juga memiliki grille yang khas dengan model 'Tiger Nose'. Desain eksteriornya juga lebih modern dibandingkan dengan model sebelumnya. Pada tampilan depannya, Kia menyematkan LED Projector with Bi Function, Auto Light, Delay Function and Static Bending.

Tak ketinggalan, terdapat juga LED Daytime Running Light (DRL). Selain itu, pada sisi kanan dan kiri bumper depan juga dilengkapi dengan fog lamp LED Projector. Sehingga, terkesan lebih mewah dan sporty.

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.065 mm, lebar 1.993 mm, dan tinggi, 1.445 mm, serta jarak sumbu roda 2.580 mm. Meskipun masuk dalam kategori hatchback kompak, tapi secara dimensi sebenarnya cukup ideal dan luas.

Baca juga : Hitung Konsumsi BBM Toyota Avanza 1.3 G, Seberapa Irit Dipakai Dalam Kota dan Luar Kota?

Rival Honda Jazz yang Terlupakan, Seberapa Irit Konsumsi BBM All New Kia Rio? 02

All New Kia Rio juga mengadopsi grille model 'Tiger Nose'

Dilihat dari samping, tampilannya cukup proporsional. Sebab, All New Kia Rio jadi satu-satunya mobil di kelasnya yang dibekali dengan pelek berdiameter 17 inci. Sementara para kompetitornya, masih mengandalkan pelek dengan ukuran 15 inci. Menariknya, mobil ini juga sudah mengadopsi teknologi keyless entry pada gagang pintunya.

Tampilan modern juga terlihat pada bagian buritan dengan rear combination lamp yang sudah menggunakan LED. Gagang pintu belakang juga sudah model elektrik. Di bagian atas juga sudah disematkan high mounted stop lamp.

Interior All New Kia Rio

Rival Honda Jazz yang Terlupakan, Seberapa Irit Konsumsi BBM All New Kia Rio? 03

Interior All New Kia Rio nampak elegan

Desain interior All New Kia Rio memperlihatkan kesan mewah, terutama pada bagian dasbor. Sayangnya, dasbornya tidak dilengkapi dengan material soft touch yang menambah kesan elegan pada mobil ini. Pengaturan AC sudah digital, begitu pula dengan pengaturan fungsi climate control.

Urusan kenyamanan saat duduk, All New Kia Rio cukup memuaskan. Selain joknya yang empuk, pengaturan kursi mobil ini juga cukup lengkap. Meskipun, joknya belum dilapisi dengan material kulit alias masih mengandalkan fabric. Pengaturan joknya juga masih manual, belum elektrik. Tapi, posisi berkendara yang nyaman bisa mudah ditemukan, karena joknya bisa diatur maju mundur dan naik turunnya.

Rival Honda Jazz yang Terlupakan, Seberapa Irit Konsumsi BBM All New Kia Rio? 04

Kabin All New Kia Rio cukup lapang untuk ukuran hatchback kompak

Pada jok di baris kedua, bisa dilipat dengan format 60:40 untuk menambah kapasitas bagasi. Untuk menjaga kenyamanan penumpang, Kia juga memberikan headrest yang layak pada semua joknya.

Untuk setirnya sudah dilengkapi kemampuan tilt and telescopic. Dipadukan dengan jok yang bisa maju mundur dan naik turun, tentunya tidak sulit untuk mendapatkan posisi mengemudi yang ergonomis. Setirnya juga sudah dilengkapi dengan audio steering switch. Kesan elegan dan premium juga ditampilkan oleh setir yang sudah dilapisi dengan material kulit.

Fitur All New Kia Rio

Rival Honda Jazz yang Terlupakan, Seberapa Irit Konsumsi BBM All New Kia Rio? 05

Fitur yang disematkan pada All New Kia Rio cukup lengkap

Dari segi fitur, All New Kia Rio juga tak kalah canggih, baik pada fitur kenyamanan, fitur keselamatan, dan fitur keamanannya. Untuk menunjang keselamatan, All New Kia Rio sudah dibekali dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Lalu, disematkan pula Twin Side Airbags untuk mengurangi potensi luka parah jika terjadi benturan keras dari depan. Maka, tak heran jika mobil ini diganjar bintang lima untuk uji tabrak NCAP dan IIHS.

Rival Honda Jazz yang Terlupakan, Seberapa Irit Konsumsi BBM All New Kia Rio? 06

Fitur keselamatan pada All New Kia Rio cukup mumpuni

Untuk menunjang kenyamanan, sistem hiburan mobil ini sudah didukung Apple CarPlay dan Android Auto. Head unit berukuran 7 inci juga menyimpan banyak fitur menarik. Tak ketinggalan, salah satu keunggulan mobil ini adalah sunroof yang dapat dioperasikan secara elektrik.

Baca juga : Nissan Juke Hybrid 2022 Tawarkan Konsumsi BBM Super Irit, Transmisinya Unik

Mesin All New Kia Rio

Rival Honda Jazz yang Terlupakan, Seberapa Irit Konsumsi BBM All New Kia Rio? 07

All New Kia Rio dibekali mesin Kappa 1.4 L

Penyegaran pada generasi terbaru Rio juga dilakukan pada sektor mesin. All New Kia Rio menggunakan mesin Kappa Dual Continuously Variable Valve Timing, MPi, 4 silinder dengan kapasitas 1.348 cc (1.4 L) dengan konfigurasi transverse.

Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan mesin tersebut mencapai 100 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara untuk torsi maksimumnya, dapat mencapai 133,3 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan sistem transmisi manual dan otomatis 6-percepatan. Tenaga yang dihasilkan disalurkan langsung ke roda depan.

Konsumsi BBM All New Kia Rio

Rival Honda Jazz yang Terlupakan, Seberapa Irit Konsumsi BBM All New Kia Rio? 08

Konsumsi BBM All New Kia Rio tidak terlalu istimewa

Dengan mesin 1.4 L dan tenaga yang cukup ideal untuk dipakai di perkotaan, All New Kia Rio memiliki konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang terbilang irit. Menurut pengetesan yang dilakukan oleh beberapa media nasional, hatchback kompak ini menghasilkan konsumsi BBM 12,3 kilometer per liter untuk penggunaan di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 kilometer per jam.

Sedangkan untuk dipakai berkendara ke luar kota atau di jalan tol, konsumsi BBM yang dihasilkan bisa tembus 17,5 kilometer per liter. Namun, hasil tersebut masih kalah sedikit dari Honda Jazz yang mencatatkan 12,8 kilometer per liat dan Mazda2 dengan 13,8 kilometer per liter. Tapi, sedikit lebih unggul dari Toyota Yaris dengan 12 kilometer per liter.

Kesimpulan

Rival Honda Jazz yang Terlupakan, Seberapa Irit Konsumsi BBM All New Kia Rio? 09

Meski konsumsi BBM All New Kia Rio tergolong biasa saja, tapi tampilan dan fiturnya patut diperhitungkan

Meskipun konsumsi BBM All New Kia Rio tidak bisa dibilang spesial atau luar biasa, tapi jika dilihat banderolnya yang berada di bawah Rp300 juta dan fitur yang disematkan cukup banyak, maka mobil ini cukup layak untuk dimiliki.

Baca juga : Perbandingan Konsumsi BBM Toyota Corolla Cross Hyrbid vs Kia Seltos Diesel, Siapa Terbukti Paling Irit?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Komentar

Mobil Terbaru