window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengupas Konsumsi BBM MG HS, SUV Menengah China ber-DNA Inggris

Bent Aulia · 27 Agu, 2020 19:00

Mengupas Konsumsi BBM MG HS, SUV Menengah China ber-DNA Inggris 01

MG atau Morris Garage bisa dibilang cukup agresif dengan menghadirkan dua model dalam waktu yang tak terlalu lama. Harga MG HS sebagai SUV kedua MG di Indonesia mulai dari Rp369 jutaan dengan mesin yang bertenaga. Namun, berapa konsumsi bbm yang ditawarkan dari pendatang baru medium SUV ini?

Mesin yang bertenaga

MG HS 2020 diperkenalkan setelah sebelumnya MG membawa model pertamanya di Indonesia, MG ZS. Dengan posisi di atas ZS dan MG HS akan berhadapan dengan SUV menengah di Indonesia semisal Nissan X-Trail atau Honda CR-V.

Mengupas Konsumsi BBM MG HS, SUV Menengah China ber-DNA Inggris 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

SUV MG HS sendiri mendapatkan mesin yang bertenaga. Mesin MG HS menggunakan 1.5L 4-silinder 16 katup DOHC TGI bertenaga turbo. Sehingga memberikan tenaga yang cukup besar, 162 PS pada putaran 5.600 rpm dan torsi maksimal 250 Nm pada 1.700 dan 4.400 rpm.

Tenaga disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi 7-percepatan Twin Clutch Sportronic dengan perpindahan yang mulus. Dengan panjang mencapai 4.5 meter, HS membutuhkan hampir 6 meter dari catatan radius putarnya.

Mengupas Konsumsi BBM MG HS, SUV Menengah China ber-DNA Inggris 01

Ada suspensi Mcferlin String di depan dan Independent Multi-link, keduanya dengan stabilizer bar cukup memberikan rasa nyaman. Apalagi ketika membawa mobil MG HS ini ke jalanan yang cukup bergelombang, bantingan yang diberikan terasa empuk dan tidak terlalu mengganggu.

Mesin yang digunakan memang terkesan cukup minimalis (atau bisa dibilang standar) bagi segmen yang ingin dijajal HS. Apalagi ketika membawa banyak barang atau penumpang dewasa. Hanya saja kekuatannya cukup berterima untuk perjalanan perkotaan yang santai.

Mengupas Konsumsi BBM MG HS, SUV Menengah China ber-DNA Inggris 02

Respons mesin MG HS terbilang cepat dengan perpindahan gigi terasa enak, bahkan pada putaran bawah. Lag yang biasanya terjadi pada model SUV lainnya pada putaran bawah tidak terlalu terasa. Dibantu perpindahan transmisi yang cepat dan halus.

Tenaga turbo cukup memberikan pengendaraan yang menyenangkan di jalanan. Mesin cukup bekerja keras untuk memberikan tenaga terbesar, mengingat daya puncaknya mencapai 5.600 rpm. Tapi perlu diingat, mesin turbo cukup menguras bahan bakar mobil ini.

Berbeda dengan beberapa pasar, MG HS Indonesia juga sudah mendapatkan tombol Super Sport Button. Tombol yang bisa ditemukan pada bagian tengah kanan setir ini akan menghadirkan rasa berkendara yang mengesankan bagi HS ketika diaktifkan.

Mengupas Konsumsi BBM MG HS, SUV Menengah China ber-DNA Inggris 03

Sistem yang hanya bisa ditemukan pada varian tertinggi Ignite ini akan mengeluarkan tenaga optimal mesin sehingga menghasilkan akselerasi yang lebih baik dibandingkan mode berkendara standar. Fitur ini akan sangat berguna ketika membawa mobil ini di jal tol atau luar kota.

Konsumsi bbm MG HS

Baru saja diluncurkan beberapa waktu lalu, MG Indonesia belum mengungkapkan catatan resmi konsumsi bahan bakar SUV MG HS kedua mereka di Indonesia. Padahal untuk sekelas mobil perkotaan, efisiensi bahan bakar bisa menjadi pertimbangan paling masuk akal bagi konsumen.

Mengupas Konsumsi BBM MG HS, SUV Menengah China ber-DNA Inggris 04

Jika tidak ada perbedaan yang ditawarkan pada model yang dipasarkan di Indonesia, efisiensi bahan bakar HS bisa dilihat dari model yang sudah lebih dulu dipasarkan di negara lain, contohnya Inggris. Sama seperti Indonesia, HS versi Inggris juga ditawarkan dalam dua pilihan varian.

Di Inggris, MG HS bertenaga turbo ditawarkan dalam transmisi 6-percepatan manual dan 7-percepatan DCT serta dua pilihan model, MG HS Excite dan Exclusive. Meskipun begitu, konsumsi bahan bakarnya tak begitu jauh berbeda. 

Mengupas Konsumsi BBM MG HS, SUV Menengah China ber-DNA Inggris 05

Melalui laman resmi MG, kedua varian HS dengan transmisi manual mampu menghasilkan efisiensi gabungan sebesar 37.2 mpg, atau setara dengan 13 km/L pada transmisi manual. Namun ketika menggunakan transmisi otomatis, konsumsinya menjadi 36.2 mpg atau sebesar 12.8 km/L.

Beberapa fitur MG HS yang ditawarkan termasuk paddle shift control system serta cruise control yang bisa membantu pengendalian sekaligus cukup menghemat bahan bakar. Sayangnya MG HS belum mendapatkan engine start/stop button layaknya model lain di segmennya.

Mengupas Konsumsi BBM MG HS, SUV Menengah China ber-DNA Inggris 06

Tak usah ragu ketika membawa mobil ini di jalanan perkotaan. SUV MG HS bahkan sudah dilengkapi berbagai pilihan sistem keselamatan anyar milik pabrikan asal Inggris ini. Termasuk diantaranya Auto Vehicle Hold (AVH), Electronic Brake Assist (EBA), Stability Control System (SCC) dan Traction Control System (TCS).

Di Indonesia, MG HS dipasarkan dalam dua pilihan varian dan menjadi model yang lebih besar untuk MG ZS. Harga MG HS Excite dibanderol Rp369 jutaan serta MG HS Ignite bisa didapatkan dengan mahar Rp429 jutaan.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2020 MG HS 1.5L Turbo Excite

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil