Mercedes-Benz Akan Luncurkan Hatchback Murah Pesaing Honda HR-V Seharga Rp300 Jutaan

Dhoni · 3 Feb, 2021 15:15

Mercedes-Benz sebagai brand premium asal Jerman dikabarkan tengah mempersiapkan model hatchback baru dengan rentang harga Rp300 jutaan. Mobil tersebut akan berada di posisi yang lebih rendah dari A-class yang disebut dengan 'A City' yang akan dilanjutkan dengan model crossover. Di kisaran harga tersebut, bisa jadi di masa mendatang hatchback murah Mercedes-Benz ini akan menyaingi Honda HR-V.

Mercedes-Benz A Adventure dapat menjadi varian crossover premium termurah di kisaran Rp300 jutaan

Tapi Anda perlu bersabar, pihak Mercedes-Benz saat ini masih dalam tahap persiapan dan diperkirakan hatchback murah ini baru akan diluncurkan pada tahun 2022. Keputusan Mercedes-Benz untuk menghadirkan mobil entry level terbarunya ini tentu semakin memberikan kesempatan lebih banyak konsumen dapat memiliki mobil premium dengan harga yang terjangkau.

Informasi yang dikabarkan oleh AutoBild ini juga menyebutkan pihak Mercedes-Benz bahkan tengah menggarap model ala crossover untuk memperluas pasarnya dan akan dinamakan sebagai 'A Adventure'. Dimensi hatchback 3 pintu ini nantinya akan lebih kecil dari Mercedes-Benz A-Class hatchback.

Untuk harga Mercedes-Benz "murah" ini, diperkirakan akan dibanderol mulai 20,000 euro atau setara dengan Rp334,7 jutaan. Artinya, baik model 'A City' ataupun 'A Adventure'akan bertarung pada segmen harga Honda HR-V jika hadir ke Tanah Air. 

Untuk A City diharapkan dapat diluncurkan di Eropa pada tahun 2022, sementara A Adventure akan diperkenalkan pada tahun 2023. Bahkan Mercedes-Benz juga berencana untuk menghadirkan varian beratap terbuka dengan nama 'A Open Air', namun untuk pasar yang lebih sempit (niche).

Mercedes-Benz A City sebagai mobil entry-level yang direncanakan hadir pada 2022

Yang pasti, dengan menghadirkan mobil entry-level seperti ini dapat meningkatkan penjualan secara global bagi Mercedes-Benz karena dapat memperbesar margin keuntungan mereka. 

Untuk di Indonesia, Mercedes-Benz dengan harga paling murah adalah Mercedes-Benz A200 Hatchback Progressive. Mobil dengan daya tampung 5 orang ini diluncurkan di Indonesia pada 2019 dan dibanderol Rp730 juta (on the road DKI Jakarta).

Tentunya, jika kehadiran Mecedes-Benz A City ini juga sampai ke Indonesia, bisa memberikan pilihan yang lebih luas kepada konsumen di Tanah Air. Bahkan jika pihak Mercedes-Benz dapat menggunakan fasilitas perakitannya di Wanaherang dan menjadikan produk hatchback murah ini CKD, maka harganya pasti dapat bersaing. Kita tunggu saja.

Komentar