window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Pilihan Modifikasi Mobil Listrik Wuling Air ev di PEVS 2024, Ada yang Sudah Pasang Sunroof!

Prasetyo · 3 Mei, 2024 12:01

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Modifikasi mobil listrik bukanlah hal tabu, termasuk modifikasi Wuling Air ev yang saat ini juga makin marak seiring bertambahnya populasi kendaraan tanpa BBM dari Wuling Motors itu.

Kalian juga mungkin sering melihat di jalan atau lokasi parkir, sosok Wuling Air ev modifikasi dengan berbagai tema sesuai keinginan dan selera para pemiliknya.

Nah di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, ternyata juga hadir beberapa modifikasi Wuling Air ev dengan tema-tema berbeda.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Setidaknya ada lima unit Air ev modifikasi yang mejeng di area pameran yang berlangsung 30 April sampai 5 Mei 2024 itu.

Penasaran untuk lebih detailnya? Yuk kita ulas satu per satu.

Baca juga: 7 Kelebihan Wuling Air ev Dipakai Harian, Hematnya Mirip Pakai Sepeda Motor

1. Modifikasi Wuling Air ev Bertema Sporty

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Modifikasinya cukup ekstrim karena sudah ditambahkan bodykit dan side skirt

Pertama kita bahas Air ev berkelir hijau ini, tampilannya memang sangat menarik karena sudah cukup banyak perubahan yang tersentuh di bodi mobil listrik bertubuh mungil itu.

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Bemper depan ditambah lip spoiler

Misalnya penyematan lip spoiler di bagian bawah bemper depan, kemudian area sisi kiri dan kanan bemper tersebut juga ditambah lekuk bodi sehingga lebih tegas sampai ke area fender roda.

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Bagian pintu ditambah body panel dan di belakang ada rear spoiler dan rear diffuser

Bergeser ke bagian samping, pada bodi eksterior asli Air EV yang nampak cekungan bodi di bagian pintu ditutup dengan door panel, sementara pada bagian bawahnya ditambahkan juga side skirt berwarna hitam.

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Velgnya juga sudah diganti dengan ukuran lebih besar

Adapun pada area belakang terlihat penempatan rear diffuser berdesain custom yang membuat mobil listrik tersebut jauh lebih sporti kalau dilihat dari bokongnya.

2. Wuling AIr ev Modifikasi Elegan

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Tak ada penambahan bodykit

Kalau unit yang satu ini tema yang diusungnya beda lagi, si pemilik sepertinya mau menonjolkan kalau mobil listrik harga Rp 200 jutaan itu bisa juga dibentuk layaknya mobil VIP.

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Bodinya dibuat makin ceper

Secara tampilan bodi memang tak banyak yang berubah, namun ada rombakan cukup ekstrim di sektor kaki-kakinya.

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Tapak bannya dibuat rapat dengan fender

Lihat saja bagaimana velg standar Air ev yang berukuran R12 sudah diganti dengan velg aftermarket berdiameter ring 15 yang dipadu ban 165/50 R15, lantas antara bibir fender mobil ini dengan tapak ban juga dibuat jaraknya seminimal mungkin.

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Sudah pasang sunroof

Lebih istimewa lagi atap mobil ini pun telah dibolongi demi penempatan satu sistem electric sunroof yang pemasangannya juga custom.

Baca juga: Tips Modifikasi Wuling Air ev Bertema Simple, Bisa Tampil Sporty atau Elegant

3. Modifikasi Mobil Listrik Wuling Air ev Bergaya Adventure

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Dipasang roof box dan wheel dop dari Wuling Mini EV

Kemudian ada juga nih Air ev yang dimodifikasi ala ala mobil adventure lengkap dengan berbagai keperluan penjelajah segala medan.

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Ditambah dua lampu biled ganda untuk membantu penerangan di jalan

Si pemilik memang tidak menempatkan bodykit pada bagian depan atau belakang bemper, namun di ujung kap mesinnya sudah terpasang dua lampu biled yang memang berfungsi sebagai pembantu penerangan saat harus melintas di jalanan dengan minim cahaya.

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Tambahan beberapa aksesoris di spion

Kemudian di spion luarnya juga terlihat ada penambahan beberapa aksesoris guna membantu visualisasi ke arah belakang.

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Spoiler belakang bisa jadi inspirasi

Sedangkan di bagian atasnya juga sudah bercokol roof box ukuran sedang untuk menempatkan beragam barang yang dibutuhkan saat road trip bareng keluarga atau teman sekomunitas.

4. Modifikasi Wuling Air ev Daily Use

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Simple tapi terlihat keren buat harian

Kalau kalian mau mencari referensi untuk merombak Air ev kalian tapi tidak mau ekstrim dan masih oke buat dipakai harian, maka bisa lihat gaya modifikasi AIr ev modifikasi berwarna putih yang satu ini.

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Tetap pakai velg kaleng ring 12 dipadu ban 155/70 R12

Ubahannya tidak seberat tiga unit Air ev modifikasi lainnya yang dipajang selama PEVS 2024, si pemilik terlihat tetap pakai velg ukuran ring 12 tetapi dipadu center dop custom serta ban ukuran 155/70 R12.

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Roof box model slim seperti ini cocok untuk pemakaian di dalam kota

Kemudian hal lain yang ditambahkan hanya keberadaan rood box dengan desain yang juga slim sehingga tidak perlu khawatir saat melintas di jalan yang terdapat portal atau masuk ke parkiran mal beratap rendah.

Baca juga: Modifikasi Wuling Air ev Garapan BTX Concept Tampil di IMX 2023, Habis Duit Berapa?

5. Wuling Air ev dengan Tampilan Klasik

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Tema yang diangkat cukup unik

Terakhir kalian bisa lihat ada satu Wuling Air ev dengan tampilan yang cukup bertema retro klasik.

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Pakai roof box dengan ukuran cukup besar

Berlabur kelir kuning dengan aksen merah si pemilik entah mengapa terinspirasi dari kemasan sebuah produk lem serbaguna dengan merek "Aica Aibon".

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Moon wheel dop bikin nuansa klasiknya lebih terasa

Di eksterior mobil ini tidak terlihat ada yang berubah, bahkan velgnya pun masih pakai bawaan pabrik cuma di tutup moon dop, serta di bagian atap mobil ini juga sudah ditambahkan roof box.

Harga dan Spesifikasi Wuling Air ev Terbaru

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Dipasarkan di Indonesia sejak Agustus 2o22

Air ev memang cukup menjadi mobil listrik yang fenomenal di Indonesia, meski usianya belum sampai 5 tahun.

Mobil ini pertama kali meluncur pada Agustus 2022 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang.

Menyasar segmen kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) entry level untuk para generasi muda yang mau beralih dari mobil pembakaran internal (ICE) Air ev saat itu menjadi mobil listrik termurah di Indonesia. 

Bayangkan, saja kala itu mobil listrik yang masuk ke Indonesia harganya diatas Rp 700 juta, Wuling menawarkan Air ev dengan banderol Rp 238 juta untuk tipe Standard Range dan Rp295 juta untuk Longe Range, on the road Jakarta.

Baca juga: Ragam Modifikasi Wuling Air ev di IMX 2023, Bisa Jadi Inspirasi

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Penggunanya makin banyak

Sebagai sumber tenaganya, Air ev menggunakan baterai Lithium Ferro-Phosphate 115 Volt dengan kapasitas 17,3 kWh dan 26,7 kWh. 

Baterainya sendiri diklaim punya daya jelajah hingga 300 Km untuk tipe Long Range dan 200 Km untuk tipe Standard Range dan Lite.

Karena tubuhnya kecil, maka motor listrik tunggal yang dipakai di mobil ini juga cuma mengeluarkan daya puncak 40 PS.

Walaupun jadi mobil listrik termurah, tetapi fitur yang dijejalkan Wuling pada Air ev cukup lengkap.

Pertama yakni WIND (Wuling Indonesian Command), yaitu kemampuan perintah suara (voice command) dari head unit mobil namun dengan bahasa Indonesia.

Fitur ini bisa mengaktifkan sejumlah perangkat, seperti menaikkan dan menurunkan volume audio, menghidupkan AC, memilih lagu, sampai membuka tutup kaca jendela.

modifikasi wuling air ev pevs 2024

Kecil, murah, tapi fiturnya komplit

Kemudian ada juga fitur IoV (Internet of Vehicle) yang memanfaatkan teknologi Wuling Remote Control App. 

Dengan mengunduh aplikasi My Wuling+ di ponsel, kalian bisa melakukan berbagai perintah terhadap mobil tersebut cukup dalam genggaman.

Contohnya membuka atau menutup kunci pintu, mengaktifkan mesin, menyalakan AC, sampai mengetahui posisi mobil secara real time.

Soal fitur keselamatan, Wuling juga tidak main-main, lantaran mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, termasuk 2 airbag, ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), ESC (Electronic Stability Control), EPB (Electric Parking Brake).

Kemudian ada juga AVH (Active Vehicle Hold), ISOFIX, Sound Module for Pedestrian Warning, TPMS (Tire Pressure Monitoring System), Rear Parking Sensor & Camera, Immobilizer, dan Anti Theft Alarm. 

Semua ini dirancang untuk memberikan perlindungan maksimal kepada pengemudi dan penumpang.

Harga Wuling Air ev terbaru 2024:

  • Air ev Lite: Rp190.000.000
  • Air ev Standard Range: Rp224.000.000
  • Air ev Long Range: Rp275.000.000

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Wuling Air EV Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia