window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Listrik Wuling Mulai Pakai Baterai Buatan Lokal, Harga Air ev Bisa Lebih Murah Lagi?

Herdi · 2 Mei, 2023 18:09

Mobil Listrik Wuling Mulai Pakai Baterai Buatan Lokal, Harga Air ev Bisa Lebih Murah Lagi? 01

Wuling Motors (Wuling) menginformasikan bahwa mulai saat ini kendaraan listrik yang dipasarkan di Indonesia akan menggunakan baterai buatan lokal. 

Lokalisasi baterai mobil listrik Wuling diketahui merupakan hasil kerja sama dengan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia (Gotion Hi-Tech) yang sebelumnya diresmikan pada November 2022 lalu.

Baca juga: 50 Wuling Air ev Made In Indonesia Digunakan para Delegasi di KTT ASEAN 2023

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Presiden Direktur Wuling Motors Shi Guoyong

Presiden Direktur Wuling Motors Shi Guoyong meresmikan baterai untuk kendaraan listrik Wuling yang dibuat secara lokal

Menurut Presiden Direktur Wuling Motors Shi Guoyong, dengan dibuatnya baterai untuk mobil Wuling, maka ini merupakan tonggak baru perjalanan Wuling dalam rangka mendukung percepatan elektrifikasi kendaraan yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia. 

"Tentunya menjadi komitmen nyata Wuling dalam mengembangkan ekosistem dan industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dari hulu hingga hilir,” ungkap Shi Guoyong dalam keterangan resminya, Selasa (2/5/2023).

Baca juga: Mudik Pakai Mobil Listrik? Yang Harus Diperhatikan Saat Pakai Wuling Air EV Keluar Kota

Bentuk baterai mobil listrik Wuling Motors

Bentuk baterai mobil listrik Wuling Motors

Adapun Gotion Hi-Tech sendiri merupakan perusahaan global yang berinvestasi di Indonesia untuk bidang pembuatan baterai kendaraan listrik. Melalui kemitraan ini, Wuling berkomitmen untuk memproduksi kendaraan listrik dengan pasokan lokal berkualitas dapat terwujud.

Disebutkan, dalam pengembangan produksi mobil listrik secara lokal di Indonesia, Wuling akan menggandeng berbagai perusahaan global sebagai mitra rantai pasok. Maka dari itu, untuk mengawali tahap tersebut, Wuling menggandeng Gotion Hi-Tech untuk memproduksi baterai yang dibutuhkan sebagai salah satu komponen utama dari mobil listrik. 

Baca juga: Tak Dapat Diskon Sampai Rp80 Juta, Segini Harga Wuling Air ev Setelah PPN Mobil Listrik Ditanggung Pemerintah

Toyota Almaz

Wuling Almaz Hybrid juga sejatinya menggunakan baterai 

Selain itu, benefit dari kerjasama ini ialah memberikan kemudahan dalam layanan purna jual khususnya baterai kendaraan listrik Wuling.

Wuling Investasi Proyek Baru untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai

Disebutkan juga, bahwa Wuling telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman investasi proyek baru Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Kegiatan seremoni tersebut digelar di Wuling Center ini berupa handover secara simbolis baterai mobil listrik yang diproduksi secara lokal dan juga penandatanganan nota kesepahaman investasi proyek baru KBLBB antara PT SGMW Motor Indonesia dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia.

Penandatanganan nota kesepahaman

Penandatanganan nota kesepahaman antara Wuling Motors dan Indonesia terkait investasi proyek baru Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB)

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Wuling untuk berkontribusi terhadap perkembangan kendaraan listrik di indonesia. Sebagai segmen yang kian bertumbuh, pemerintah terus menggalakkan percepatan elektrifikasi kendaraan dalam rangka menciptakan lingkungan Indonesia yang lebih hijau. Oleh sebab itu, potensi pada segmen mobil listrik masih terbuka lebar dan memiliki ruang pengembangan yang lebih jauh.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dengan consumer confidence yang tinggi, pertumbuhan yang baik, dan export performance, Indonesia kian bertumbuh dengan baik. 

Booth Wuling Motors di IIMS 2023

Wuling Air ev di IIMS 2023

"Indonesia merupakan pasar otomotif terbesar di ASEAN dan bisa menjadi hub produksi untuk wilayah yang lebih luas, seperti ASEAN, Australia, bahkan Afrika. Melihat EV growth yang sangat besar di Indonesia, Wuling berpotensi masuk di market kendaraan listrik dengan market yang masih baru dan pilihan yang masih sedikit,” jelasnya.  

Namun sayang tidak disebutkan secara pasti bentuk nyata proyek terbaru yang disiapkan Wuling Motors di Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Wuling Air EV Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia