window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mudik Pakai Mobil Manual? Jangan Lupa Cek Kondisi Kampas Kopling

Prasetyo · 12 Apr, 2023 20:04

Mudik Pakai Mobil Manual? Jangan Lupa Cek Kondisi Kampas Kopling 01

Cek kondisi kampas kopling mobil adalah hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan perjalanan. Apalagi jika Anda berniat mudik lebaran ke kampung halaman.

Kontur jalan di daerah yang terkadang naik turun, serta kemacetan panjang akibat populasi kendaraan yang membludak, adalah beberapa hal yang bakal Anda hadapi saat mudik lebaran. Kendaraan Anda pun harus siap melalui situasi seperti itu.

Mudik Pakai Mobil Manual? Jangan Lupa Cek Kondisi Kampas Kopling 02

Kemacetan panjang membuat mobil bekerja lebih keras

Apalagi mudik lebaran 2023 diprediksi meningkat cukup pesat. Ini lantaran sudah tak ada lagi larangan mudik seperti tahun-tahun sebelumnya. Karena itulah, kalau Anda mau mudik pakai mobil bertransmisi manual, sebaiknya ketahui kondisi kampas kopling apakah masih tebal atau sudah waktunya diganti.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Jangan Keburu Panik, Begini Cara Mengatasi Kabel Kopling Mobil Putus di Tengah Perjalanan

Nah berikut ini cara cek kampas kopling mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Pedal Kopling Ngelos

Mudik Pakai Mobil Manual? Jangan Lupa Cek Kondisi Kampas Kopling 01

Kalau pedal kopling terasa lebih pendek dari biasanya berarti ada yang tidak beres

Dikutip dari laman Auto2000, ciri pertama kampas kopling sudah tipis adalah dari gaya injakan pada pedal kopling. Apabila jarak injak pedal terasa lebih pendek dari sebelumnya, maka itu menandakan kopling mulai aus.

2. Mesin Tak Langsung Mati Ketika Pedal Kopling di Angkat

Cara kedua juga masih cukup sederhana. Yaitu hidupkan mesin mobil dengan kondisi kendaraan masih berhenti. Lalu injak pedal kopling sampai habis bersamaan dengan injak pedal rem dengan kaki kanan. Lantas masukkan gigi 1 dan angkat pedal kopling perlahan dengan kaki kanan tetap di pedal rem. Apabila mesin langsung mati, maka kampas kopling masih bagus.

Baca juga: 3 Penyebab Pedal Kopling Mobil Berat Waktu Diinjak, Biar Nggak Bikin Gempor

3. Akselerasi Mobil Menurun

Mudik Pakai Mobil Manual? Jangan Lupa Cek Kondisi Kampas Kopling 02

Waspada kalau mobil tak mau nanjak meski sudah di gaspol

Cara cek kopling mobil berikutnya dengan mulai mengendarai kendaraan tersebut. Rasakan apakah akselerasi mobil menurun di jalan, terutama ketika menghadapi jalan menanjak padahal pedal gas sudah diinjak habis. Jika terjadi demikian, itu berarti tenaga dari mesin tidak tersalurkan dengan baik ke transmisi.

4. Pindah Gigi Keras

Masih dengan cara mengemudikannya, ciri lain kampas kopling sudah aus adalah perpindahan transmisi gigi yang lebih berat dari biasanya. Kalau Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra atau sulit memasukkan ke posisi gigi yang diinginkan, itu tanda kampas kopling wajib segera diganti.

Baca juga: Banyak Kejadian Ngelos, Ini Ciri Kopling Wuling Confero Nyeplos

5. Muncul Bau Hangus

Mudik Pakai Mobil Manual? Jangan Lupa Cek Kondisi Kampas Kopling 03

Kalau sudah rusak sebaiknya langsung ganti baru

Kampas kopling yang sudah tipis namun tetap dipaksakan biasanya akan menimbulkan bau gosong pada saat mobil melaju. Itu karena komponen kampas kopling sudah habis terbakar. Kalau sudah demikian, jangan tunggu lagi untuk segera ke bengkel. 

@autofun.indonesia Ngabuburit cari mobil buat mudik di Carsentro AutoWeek! #reviewmobil #mobilbekas #tipsmobil #tipsmobilbekas #mobilmudik ♬ Salsa en la Calle (Instrumental) - Sr Ortegon

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil