window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Nyaman dan Lega Ala MPV, Hyundai Alcazar Siap Tantang Toyota Kijang Innova Sebagai Pilihan Mobil Keluarga

Dito · 28 Jun, 2021 08:00

Hyundai Alcazar

Kiprah Toyota Kijang Innova di dunia otomotif Tanah Air tidak diragukan lagi. Sudah lebih dari 50 tahun hadir di Indonesia dari generasi ke generasi.

Mobil MPV legenda tersebut pun tidak memiliki banyak rival di Tanah Air. Namun beberapa minggu lalu, Hyundai memperkenalkan Alcazar di India. Meski belum diketahui apakah akan dijual di Indonesia atau tidak, tetapi bisa menjadi pesaing Toyota Kijang Innova.

Lantas apa yang membuat Hyundai Alcazar bisa menjadi penantang Toyota Kijang Innova sebagai mobil keluarga? 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tampilan eksterior Hyundai Alcazar

Hyundai Alcazar sudah resmi diperkenalkan di India

Sejatinya Alcazar ialah SUV dengan konfigurasi 3 baris kursi, sehingga bisa memikat pengguna MPV. Ada dua tipe yang diperkenalkan yakni mesin bensin dan diesel. Di India, mobil ini dijual dengan harga 16,30 lakh (sekitar Rp 317 juta) versi bensin dan 16,53 lakh (sekitar Rp 322 juta).

Dalam perkenalan perdananya di India, ada tiga varian yang ditawarkan kepada konsumen. Ketiga varian tersebut ialah Prestige, Platinum dan Signature.

Baca juga : Ini Keistimewaan Hyundai IONIQ, Mobil Listrik yang Dipakai Taksi Online Saat Ini

Satu Basis Dengan Hyundai Creta, Lebih Compact Dari Toyota Kijang Innova

Hyundai Creta

Mempunyai basis yang sama dengan Hyundai Creta

Hyundai Alcazar yang sudah diluncurkan di India adalah versi long wheelbase (LWB) dari Hyundai Creta. Sehingga mampu menampung hingga 7 penumpang. Hyundai Alcazar menjadi mobil SUV dengan tiga baris pertama dari Hyundai yang dipasarkan di India.

Ada banyak persamaan antara Hyundai Alcazar dengan Creta. Seperti panel bodi, kap mesin, hingga keempat pintunya identik dengan Hyundai Creta.

Mengadopsi bahasa desain terbaru, bagian depan grill mempunyai tampilan yang cukup besar. Lampu DRL dengan teknologi LED serta lampu utama yang besar mengikuti tren kekinian.

Dimensi Hyundai Alcazar

Punya wheelbase yang mirip dengan Toyota Kijang Innova namun dimensi lebih compact

Secara dimensi, Hyundai Alcazar lebih panjang 200 mm dari Creta serta lebih tinggi 40 mm. Bahkan ground clearance juga lebih tinggi 10 mm dari saudaranya.

Bila dibandingkan Toyota Kijang Innova, wheelbase dari Hyundai Alcazar tidak jauh berbeda. Toyota Kijang Innova mempunyai jarak sumbu roda 2.750 mm, sedangkan Hyundai Alcazar hanya beda 10 mm yakni 2.760 mm.

Baca juga : Hyundai Alcazar Sudah Resmi Diluncurkan, Harganya Lebih Murah dari Toyota Innova

Namun dimensinya ada perbedaan dimana Hyundai Alcazar lebih compact dari Toyota Kijang Innova. Total panjang Hyundai Alcazar 4.500 mm, lebih compact dari Toyota Kijang Innova yang mencapai  4.735 mm.

Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova mempunyai dimensi lebih besar dari Hyundai Alcazar

Lebar dari Hyundai Alcazar hingga 1.790 mm dimana Toyota Kijang Innova 1.830 mm. Begitu juga dengan tingginya dimana Toyota Kijang Innova unggul dengan 1.795 mm sementara Hyundai Alcazar hanya 1.675 mm. Sehingga ruang kepala Toyota Kijang Innova lebih baik.

Keunggulan Hyundai Alcazar dari Toyota Kijang Innova ialah ukuran velg yang lebih besar. Pada Toyota Kijang Innova menggunakan velg 16 inci, sedangkan Hyundai Alcazar mencapai 18 inci.

Hal tersebut membuat Hyundai Alcazar terlihat lebih gagah. Meskipun dari sisi performa ada kemungkinan tidak lebih baik dari Toyota Kijang Innova mengingat bobot velg lebih berat.

Kenyamanan Interior Jadi Kunci

Interior Hyundai Alcazar

Interior Hyundai Alcazar didominasi coklat terlihat lebih flamboyan

Sebagai mobil keluarga yang berkapasitas banyak, kenyamanan menjadi faktor penting. Toyota Kijang Innova coba tampil menawan dengan warna hitam mendominasi pada kabin. Sementara Hyundai Alcazar terdapat aksen coklat pada jok membuatnya terlihat flamboyan.

Menariknya, Hyundai Alcazar memiliki varian 6 penumpang dimana baris kedua mengadopsi captain seat. Namun dibagian tengah tidak dibiarkan kosong, disematkan konsol dan ada cup holder membuatnya lebih praktis.

Dasbor Hyundai Alcazar

Dasbor Hyhundai Alcazar dengan monitor besar sebagai head unit di tengah

Fitur hiburan kedua mobil ini sudah cukup baik. Hyundai Alcazar mempunyai layar sentuh berukuran besar 10,25 inci dengan tampilan yang mudah diakses oleh pengemudi. Sementara Toyota Kijang Innova head unitnya juga cukup besar yakni 9 inci dengan beragam konektivitas.

Baca juga : Preview Hyundai Alcazar 2022, SUV 7 Penumpang Baru dari Hyundai dengan Banyak Fitur Premium

Keunggulan penumpang baris ketiga pada Hyundai Alcazar ialah adanya port USB untuk mengisi daya baterai smartphone. Selebihnya ada ventilasi AC khusus dengan kontrol blower dan cup holder.

Pelipatan bangku baris ketiga dengan format 60:40 juga menjadi opsi menarik. Bila membawa barang lebih banyak namun tetap bisa diisi 1 penumpang.

Sama-sama Memiliki Dua Pilihan Mesin

Mesin Hyundai Alcazar

Mesin Hyundai Alcaraz tersedia dua pilihan, bensin dan diesel

Satu lagi yang membuat Hyundai Alcazar bisa menantang Toyota Kijang Innova ialah pilihan mesin. Keduanya sama-sama memiliki pilhan mesin bensin dan diesel.

Meski begitu spesifikasi kedua mobil berbeda. Mesin bensin pada Hyundai Alcazar dan Toyota Kijang Innova diatas kertas sama.

Hyundai Alcazar berkapasitas 1.999 cc, sedangkan Toyota Kijang Innova mesin bensinnya berkapasitas 1.998 cc. Namun performa keduanya berbeda.

Hyundai Alcazar bermesin bensin dan diesel

Tampilan ala SUV dengan kapasitas seperti MPV

Tenaga maksimum Hyundai Alcazar mencapai 161 PS di 6.500 rpm sedangkan Toyota Kijang Innova 139 PS di 5.600 rpm. Selisih yang cukup jauh membuat Hyundai Alcazar lebih bertenaga.

Sedangkan torsi puncaknya, Hyundai Alcazar sampai 191 Nm pada 4.500 rpm. Untuk Toyota Kijang Innova torsi puncaknya 183 Nm pada putaran 4.000 rpm. Diatas kertas performa Hyundai Alcazar lebih unggul dari Toyota Kijang Innova.

Baca juga : Jangan Sampai Salah, Ini Varian Paling Ideal Toyota Kijang Innova yang Pantas Kalian Pilih

Selain bensin, kedua MPV gagah ini juga memiliki varian diesel. Bila pada mesin bensin keduanya mempunyai kubikasi yang mirip, lain halnya pada diesel.

Mesin diesel Hyundai Alcazar

Mesin diesel Hyundai Alcazar berkapasitas kecil

Hyundai Alcazar memakai mesin diesel berkapasitas 1.493 cc 4-silinder Turbocharged. Berbeda jauh dengan Toyota Kijang Innova yang mesin dieselnya berkapasitas 2.393 cc 4-silinder VNT. Lantas apakah performanya berbeda jauh?

Tenaga maksimum mesin diesel Hyundai Alcazar mencapai 117 PS pada 4.000 rpm. Sementara Toyota Kijang Innova mencapai 149 Nm di 3.400 rpm.

Untuk torsi puncaknya sendiri, Toyota Kijang Innova 359 Nm pada putaran 1.200-2.600 rpm. Sedangkan Hyundai Alcazar hanya 250 Nm pada 1.500-2.750 rpm untuk torsi puncaknya.

Kesimpulan

Pasar MPV besar berkapasitas 7 penumpang masih menjadi pasar menarik di Indonesia. Ada potensi Hyundai Alcazar untuk dipasarkan disini mengingat kompetitor yang tidak terlalu banyak tetapi menjanjikan.

Hyundai Alcazar penantang Toyota Kijang Innova

Bisa menjadi penantang serius Toyota Kijang Innova

Terlebih dalam beberapa tahun terakhir pergerakan Hyundai di Indonesia cukup agresif dengan diluncurkannya produk-produk baru. Tantangan Hyundai Alcazar ada pada harga dan layanan purna jual.

Melihat spesifikasi diatas, rasanya tidak terlalu berbeda kelas kedua mobil ini. Namun bila harga Hyundai Alcazar lebih murah dari Toyota Kijang Innova, maka menjadi penantang serius.

Di India, Hyundai Alcazar dibanderol mulai dari Rp 317 jutaan hingga Rp 387 jutaan. Sementara Toyota Kijang Innova mulai dari Rp 321,1 jutaan sampai Rp 417 jutaan. Harga yang mepet ini bisa menjadi persaingan seru keduanya. Bagaimana Hyundai Indonesia? Apakah tidak tertarik mendatangkan Alcazar?

Baca juga : Sudah Dekati Rp500 Juta, Toyota Kijang Innova Seharusnya Dapatkan Toyota Safety Sense

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil