window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbedaan Mesin Honda City Sedan Facelift di Thailand dengan Indonesia, yang Baru Unggul Segalanya

Enda · 7 Jul, 2023 14:30

Honda City sedan facelift

Honda City (Spesifikasi | Berita) sedan facelift diluncurkan di Thailand dengan mendapatkan sejumlah pembaruan secara minor change.

Sebagai sedan entry-level, City facelift bukan cuma terlihat semakin sporty dan futuristik, namun dari segi performa mobil ini juga lebih buas dan ramah lingkungan, bila dibandingkan dengan City di Indonesia.

Honda City Sedan Facelift Thailand Dibekali Turbocharger dan Teknologi Hybrid

City Sedan Thailand

Honda City sedan facelift

Mesin 1.0L turbocharger City sedan facelift

Versi facelift Honda City sedan untuk pasar Negeri Gajah Putih dijejali mesin 1.500 cc hybrid serta 1.000 cc turbocharger. Berbeda dengan di Thailand, untuk Indonesia saat ini City sedan hadir dengan mesin 1.500 cc NA (Naturally Aspirated).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pada versi hybrid-nya mobil ini dibenamkan janting pacu 1.5L Atkinson Cycle, DOHC, i-VTEC, 4-silinder segaris, 16 valve, PGM-Fi berkapasitas 1.498 cc yang dapat memeras tenaga 98 PS di 5.600-6.400 rpm serta torsi 127 Nm pada putaran 4.500-5.000 rpm.

Mesinnya tersebut disandingkan dengan gearbox Electrical Continuously Variable Transmission (E-CVT) serta baterai lithium-ion. Baterainya tersebut bertugas untuk menyimpan daya listrik yang kemudian diteruskan ke motor listrik untuk menggerakan mobil dengan total tenaga yang disalukan 109 PS pada 3.500-8.000 rpm serta torsi 253 Nm di 0-3.000 rpm.

Baca juga: Adu Spesifikasi Honda City Sedan 2023 vs MG 5 GT, Pemain Lama Menang Banyak?

Honda City sedan facelift

Mesin 1.5L hybrid City sedan facelift

Pada varian hybrid, City sedan facelift mendapatkan 3 Mode berkendara, yakni EV Drive Mode, Hybrid Drive Mode dan Engine Drive Mode.

Honda Automobile (Thailand) Co., Ltd. mengklaim berkat perpaduan teknologi hybrid dengan mesin ICE tersebut untuk konsumsi bahan bakarnya termbus hingga 27,8 km/liter.

Varian lainnya, untuk pasar Thailand mobil ini hadir dengan mesin 1.0L DOHC VTEC turbocharger 3-silinder segaris 12 valve PGM-Fi berkubikasi 988 cc. Performa yang dihasilkan dari mesinnya tersebut sanggup meletupkan tenaga sebesar 122 PS pada 5.500 rpm dan torsi 173 Nm di angka 2.000-4.500 rpm. Mengenai tingkat percepatan, varian turbo dikawinkan menggunakan transmisi CVT.

Terbilang irit, untuk konsumsi BBM mesin dengan turbo-nya dapat menempuh jarak 23,8 km/liter.

City Sedan Indonesia

Honda City sedan facelift

Mesin 1.5L NA City sedan

Honda City sedan untuk pasar Indonesia dibenamkan mesin 1.5L NA 1.498 cc, DOHC, 16 valve 4-silinder segaris PGM-FI i-VTEC + DBW. Tenaga yang dihasilkan sebesar 121 PS di 6.600 rpm dengan menghasilkan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm. 

Bicara mengenai transmisi yang digunakan, mobil ini hanya hadir dengan pilihan transmisi CVT. Pengetesan yang pernah dilakukan dengan metode full to full, untuk konsumsi BBM nya mencapai 18,7 km/liter.

Perbandingan Mesin Honda City Sedan
Keterangan 1.0L Turbocharger 1.5 Hybrid 1.5 NA
Konfigurasi 1.0L DOHC VTEC turbocharger 3-silinder segaris 12 valve PGM-Fi 1.5L Atkinson Cycle, DOHC, i-VTEC, 4-silinder segaris, 16 valve, PGM-Fi 1.5L NA 1.498 cc, DOHC, 16 valve 4-silinder segaris PGM-FI i-VTEC + DBW
Kapasitas 988 cc 1.498 cc 1.498 cc
Tenaga 122 PS @5.500 rpm  98 PS @5.600-6.400 rpm (Motor listrik:109 PS @3.500-8.000 rpm) 121 PS @6.600 rpm
Torsi 173 Nm @2.000-4.500 rpm 127 Nm @4.500-5.000 rpm (Motor listrik: 253 Nm @0-3.000 rpm) 145 Nm @4.300 rpm
Transmisi CVT E-CVT CVT
Konsumsi BBM 23,8 km/liter 27,8 km/liter 18,7 km/liter

Baca juga: Perbedaan Honda City Sedan Facelift dengan Model Sebelumnya, Bukan Cuma Tampang yang Makin Keren!

Honda City Sedan Facelift Dibekali Honda SENSING

Honda City sedan facelift

Honda City sedan facelift di Thailand dilengkapi Honda SENSING 

Honda City sedan facelift telah dibekali fitur keselamatan otonom yang dinamai Honda Hensing. Fitur keselamatan ADAS yang diaplikasikan pada mobil ini diantaranya; Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning (RDM with LDW), Auto High-Beam (AHB), Adaptive Cruise Control (ACC) (V, SV, and RS variants) with Low-Speed Follow (LSF) (e:HEV SV and e:HEV RS variants), dan juga Lead Car Departure Notification System (LCDN). 

Sebagai fitur keselamatan standar, mobil ini dilengkapi Dual SRS Airbag, Side Airbags, Side Curtain airbags (RS dan RS hybrid), Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Protential Seatbelts with Load Limited, Front Seat Belt 3P ELR, Immobilizer and security alarm, Rear Seat Reminder, ISOFIX & Child Anchor, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Stop Signal (ESS).

Tidak berhenti sampai disitu, mobil ini juga mendapatkan Auto Door Lock by Speed, Walk Away Auto Lock, Remote Engine Start, Front Passenger Seat Belt Reminder, Honda Connect, Honda LaneWatch (RS Hybrid), Multi Angle Rearview Camera (V, SV, RS, SV hybrid dan RS hybrid), Electric Parking Brake (SV hybrid dan RS hybrid), terakhir Auto Brake Hold (SV hybrid dan RS hybrid).

Baca juga: Honda City Hatchback Facelift 2023 Juga Bersiap untuk Dirilis

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda City Sedan 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil