window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sambut Mudik Lebaran 2023, Isuzu Ajak Sopir Truk dan Bus Terapkan Keselamatan Berkendara di Jalan

Enda · 18 Apr, 2023 15:33

Sambut Mudik Lebaran 2023, Isuzu Ajak Sopir Truk dan Bus Terapkan Keselamatan Berkendara di Jalan 01

Salah satu bentuk upaya mengurangi kecelakaan di jalan raya saat mudik Lebaran 2023, Astra Isuzu selaku distributor kendaraan LCV Isuzu di Indonesia terus memberikan edukasi keselamatan berkendara.

Kegiatan yang dikemas melalui kampanye Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) ini bagian dari program Astra Isuzu supaya pengendara dapat memahami cara berkendara yang aman dan nyaman.

"Kegiatan kampanye IAABL dapat berupa Training for Trainer, maupun Training for Customer. Program training ini dilakukan sebagai program unggulan untuk dukungan kami terhadap operasional bisnis pelanggan,” ujar Alita Cahyaningtyas, Marketing Development & Digitalization Department Head Astra Isuzu, di Jakarta Senin (17/4/2023).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sambut Mudik Lebaran 2023, Isuzu Ajak Sopir Truk dan Bus Terapkan Keselamatan Berkendara di Jalan 01

Kendaraan komersial Isuzu

Lebih lanjut ia mengatakan, program ini juga sejalan dengan target bisnis Isuzu LCV 4x4 supporting vehicle di kendaraan niaga seperti segment: mining, plantation, oil & gas, industrial, logistic, dimana keselamatan kerja (safety) dalam operasional bisnis pelanggan adalah yang utama.

"Termasuk keterlibatan seluruh level mulai dari driver, supervisor, manager, bahkan hingga owner dari perusahaan pelanggan," jelasnya.

Pengemudi dan Kendaraannya Wajib Diperiksa Sebelum Mudik

Kegiatan edukasi berkendara mudik Lebaran 2023 ini juga dilakukan Master Trainer IAABL Astra Isuzu Totok Giyanto dan Suharto. Sejumlah tips berkendara yang aman dan nyaman pun dibagikan sebelum melakukan perjalanan. Seperti melakukan perawatan serta pengecekan secara preventif.

Baca juga: Ini Deretan Kendaraan Niaga Isuzu Berstatus Siap Pakai, Nggak Perlu Daftar SRUT Lagi

Isuzu Mudik Lebaran 2023

Melakukan pengecekan secara preventif sebelum melakukan perjalanan mudik

"Sejumlah komponen kendaraan yang yang harus diperiksa di antaranya adalah sistem rem, kondisi ban, kaki-kaki, dan lampu kendaraan," kata Suharto.

Bagian lain yang tak luput dari perhatian adalah mesin dalam kondisi prima yang sudah jauh-jauh hari dipersiapkan dengan baik.

"Penting untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh pada kendaraan dan memperbaiki segala kekurangan sebelum melakukan perjalanan mudik meskipun kendaraan sudah pernah diservice," ucapnya.

Sambut Mudik Lebaran 2023, Isuzu Ajak Sopir Truk dan Bus Terapkan Keselamatan Berkendara di Jalan 03

Pastikan cek kondisi kendaraan sebelum mudik

Dirinya mendambahkan, persiapan lainnya selain kendaraan adalah kondisi fisik dan mental pengemudi. Saat perjalanan mudik harus dipastikan fisik dalam keadaan fit.

"Hindari mengonsumsi obat yang dapat mempengaruhi kondisi fisik dan mental saat mengemudi. Kondisi fisik dan pikiran yang prima sangat penting untuk keselamatan di jalan raya," jabarnya.

Disisi lain, Totok Giyanto menyampaikan bahwa pengemudi dapat menerapkan konsep "journey management" sebelum melakukan perjalanan. “Contohnya seperti merencanakan rute, memperkirakan biaya yang diperlukan, menyiapkan perlengkapan yang akan dibawa, hingga memastikan kendaraan telah diservice dengan baik,” serunya.

Sambut Mudik Lebaran 2023, Isuzu Ajak Sopir Truk dan Bus Terapkan Keselamatan Berkendara di Jalan 04

Pengemudi wajib terapkan safety driving

Gaya berkendara dengan cara "economic driving" juga dapat diterapkan guna menghemat penggunaan bahan bakar. Dengan cara ini juga sekaligus berkontribusi pada keselamatan karena pengemudi cenderung berperilaku lebih aman dan hati-hati dalam berkendara.

Setelah "economic driving" terdapat "defensive driving" yang dapat mengurangi risiko kecelakaan. Dimana pengemudi dituntut dengan teliti memeriksa kelayakan kendaraan sebelum melakukan perjalanan.

"Fitur keselamatan pada kendaraan ada dua active dan pasif. Mengetahui kedua fitur tersebut juga penting untuk mengurangi risiko kecelakaan khususnya saat berkendara,” tandasnya.

Baca juga: Masalah di Bagian Kemudi, 10.000 Unit Lebih Isuzu D-Max dan MU-X Ditarik dari Pasaran

Program Layanan Purna jual Isuzu Menyambut Lebaran 2023

Isuzu Mudik Lebaran 2023

Isuzu D-Max dan MU-X

Menyambut Lebaran 2023, selain memberikan edukasi keselamatan berkendara, pihaknya juga memiliki beberapa program unggulan layanan purna jual.

"Berbagai program juga dilakukan untuk mendukung operasional bisnis pelanggan selama libur Lebaran," kata Heri Wasesa, Customer & Product Services Division Head Astra Isuzu.

Seperti yang diketahui, program layanan purna jual yang tersedia dalam menyambut Lebaran 2023 yaitu Service Overhaul Terjangkau, Tune Up Hemat Ramadan, Oli Murah Ramadan, serta Asuransi Driver dan Co Driver.

Sambut Mudik Lebaran 2023, Isuzu Ajak Sopir Truk dan Bus Terapkan Keselamatan Berkendara di Jalan 06

Para pengemudi kendaraan komersial diharapkan juga terapkan safety driving

Selain itu juga Astra Isuzu memberikan layanan pada 8 titik bengkel siaga dan 11 titik posko siaga guna mendukung Astra Siaga Lebaran 2023. Bengkel Astra Isuzu yang siap selama 24/7 selama Lebaran terdapat di Sunter, Bandung, Semarang, Solo, Waru, Denpasar, Palembang, dan Lampung. Untuk posko siaga mudik Astra Izusu berada di Lampung, Cikampek, Cipali, Nagreg, Cirebon, Salatiga, Buntu, Jombang, dan Probolinggo.

Sebagai informasi, sepanjang 2022 Astra Isuzu telah melakukan serangkaian kampanye IAABL dengan sejumlah 90 kegiatan kampanye keselamatan berkendara yang terselenggara di seluruh cabang Astra Isuzu, baik kegiatan Training for Trainer maupun Training for Customer. Serta dengan Total masyarakat penerima manfaat mencapai 1.800 pelopor berkendara.

Dilanjutkan di tahun 2023 ini selama bulan Januari – Maret 2023 telah terlaksana sejumlah 26 kegiatan kampanye keselamatan berkendara yang terselenggara di seluruh cabang Astra Isuzu, baik kegiatan Training for Trainer maupun Training for Customer. Serta total masyarakat penerima manfaat mencapai 600 pelopor berkendara.

Baca juga: Aplikasi MyIsuzuID Permudah Juragan Truk Booking Servis via Online

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Isuzu Traga Pick Up (FD)

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil