window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sejarah Isuzu MU-X, Mobil SUV yang Dibangun dari Pick Up

Enda · 3 Jul, 2023 08:30

Sejarah Isuzu MU-X

Sama seperti Pajero Sport dan Fortuner, kehadiran Isuzu MU-X dibangun berdasarkan D-MAX. Seperti yang diketahui, Isuzu D-MAX merupakan kendaraan niaga jenis pick up dengan model single cabin dan double cabin.

Kemunculan MU-X dalam meramaikan kancah otomotif Tanah Air pertama kali terjadi pada tahun 2014. Menempati segmen Medium SUV 7-seater bersasiskan ladder frame, mobil ini memiliki tampilan yang gagah, tangguh dengan gaya berkendara off-road.

Generasi Pertama Isuzu MU-X

Sejarah Isuzu MU-X

Isuzu MU-X gen 1 (foto: Freya SAW)

Sejarahnya dimulai sejak tahun 2014, kehadiran Isuzu MU-X menjadi pilihan menarik bagi pecinta SUV Tanah Air. Bagaimana tidak, Isuzu sejak dulu terbukti berhasil menciptakan kendaraan dengan durabilitas tinggi dan hemat bahan bakar.

Dibangun berdasarkan D-MAX, MU-X juga merupakan produk kolaborasi antara pabrikan Jepang, Isuzu dengan produsen otomotif jenama asal Negeri Paman Sam, Chevrolet. Dengan begitu jangan heran apabila MU-X memiliki banyak kesamaan dengan Trailblazer.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mengusung konsep SUV, generasi pertama Isuzu MU-X dari segi tampilan terlihat bengis berkat desain serta tarikan garis yang diaplikasikan. Supaya terlihat luxury serta memberikan kemudahan ketika berkendara di malam hari, lampu utamanya sudah dibekali projector dengan pengaturan ketinggian lampu.

Sanggup memuat 7 orang dengan memiliki panjang 4.845, lebar 1.860, tinggi 1.840 mm, wheelbase 2.845 mm dan ground clearance mencapai 230 mm, untuk fiturnya MU-X gen 1 terbilang cukup lengkap.

Seperti yang bisa dilihat mobil dengan status CBU Thailand ini telah dibekali dengan head unit layar sentuh dengan mengusung format HDMI, USB, CD, dan Bluetooth. Bahkan tercanggihnya sudah dilengkapi konektivitas smartphone.

Terasa ergonomis, setirnya dilengkapi dengan beberapa tombol pengaturan yang terkoneksi langsung dengan sistem hiburan dan pengaturan MID. Tak hanya itu, ada juga cruise control dan Passive Entry Start System (PESS). 

Dari segi keselamatan lainnya mobil ini telah dilengkapi ABS, EBD, BA, ESC, ESP, TCS, serta dual SRS airbags.

Bicara performa, Isuzu MU-X untuk pasar Tanah Air hadir dengan mesin diesel 4JK1-TC 2.499 cc Hi Power 4-silinder segaris DOHC, 16 Valve featuring electronic high pressure common-rail direct fuel injection with intercooled VGS (Variable Geometry System).

Untuk tenaga yang dihasilkan sebesar 136 PS di angka 3.400 rpm dengan torsi mencapai 320 Nm pada 1.800-2.800 rpm. Mesinnya tersebut dipadukan menggunakan transmisi otomatis 5-percepatan dengan fitur tiptronic with adaptive gradient logic control.

Baca juga: Bosan dengan Fortuner dan Pajero Sport, Coba Lirik Isuzu MU-X

Versi Facelift Meluncur Pada Tahun 2017

Sejarah Isuzu MU-X

Isuzu MU-X facelift gen 1 (foto: Anggia Marta)

Selang setahun diluncurkan di Thailand, pada 2016 PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) kembali menghadirkan MU-X. Mendapatkan penyegaran secara minor, ubahan yang diterimanya tidak terlalu signifikan.

Yang mana pada fasadnya masih terlihat sama, hanya saja terlihat lebih luxury berkat ubahan yang terjadi di bagian bumper, serta desain lampunya. Mengenai sistem pencahayaan, lampunya telah disematkan teknolkogi LED Bi-Function dengan DRL LED yang mana telah dibekali fitur auto leveling. 

Spionnya selain mendapatkan fitur electric mirror, namun sudah dilengkapi retractable. Oh iya, untuk model faceliftnya ditawarkan dalam dua varian, Premiere dan Royale yang merupakan tipe flagshipnya. Sebenarnya ada varian lain, yaitu 4x4 dan I-Series yang usianya lebih pendek.  

Sebagai pembeda dari model sebelumnya, pada versi faceliftnya mendapatkan velg berukuran 20 inci untuk varian paling atas. Dari segi interior MU-X 2017 mengusung warna Ivory Colour yang terlihat lebih cerah dan ekslusif.

Untuk head unitnya lebih besar diperbesar 1 inci, khusus tipe Royale pada baris kedua memperoleh layar monitor 13 inci yang terintegrasi dengan head unit di depan. Oh iya, tipe paling atasnya juga dilengkapi fitur all view monitor yang dapat menampilkan kondisi sekitar mobil.

Dari segi keselamatan berkendara versi faceliftnya lebih lengkap yang mana telah mendapatkan Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC), dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Seperti model sebelumnya, MU-X versi facelift menggunakan mesin dan transmisi yang sama persis. Hanya saja pada varian 4x4 di tipe terendahnya dipadukan transmisi manual 5-percepatan.

Baca juga: 5 Kelebihan Isuzu MU-X Premiere 2017, Harga bekasnya Cuma Rp300 Jutaan!

Diluncurkan di GIIAS 2021, Generasi Kedua Isuzu MU-X Dikhususkan untuk Konsumen Fleet

Sejarah Isuzu MU-X

Generasi kedua Isuzu MU-X

Setelah sukses meraimakan pasar otomotif di Thailand dan Filipina, generasi kedua Isuzu MU-X diluncurkan di Indonesia pada 2021 tepatnya di ajang GIIAS.  

Mendapat ubahan secara revolusioner, MU-X terbaru memiliki bentuk jauh lebih tajam, atraktif sekaligus agresif. Pada bagian depannya telah menggunakan grill model World Cross Flow yang dipadukan bentuk lampu utama lebih ramping serta bumper dan lampu foglamp yang terkesan lebih sporty. Melihat pada buritannya turut mendapatkan stoplamp dan bumper yang menampilkan sosok berotot sekaligus berkarakter.

Tidak seperti di negara lain, Isuzu MU-X gen 2 dihadirkan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan fleet yang melakukan bisnis di bidang tambang, plantation, rental, serta oil dan gas sebagai kendaraan operasional. 

Meski begitu bukan berarti mobil ini tidak cocok digunakan sebagai mobil individu atau keluarga. Karena seperti yang bisa dilihat mobil ini memiliki fitur yang menarik. Jika lampu utamanya memakai teknologi Bi-LED dengan teknologi Follow Me Home Headlamp dan Automatic High Beam.

Lainnya, mobil ini juga mendapatkan Daytime Running Light dan Foglamp LED selain modern juga dapat memberikan visibilitas pengemudi ketika berkendara di malam hari. Untuk bagian dalamnya berhasil dibungkus menggunakan material soft touch.

Mengenai sistem hiburan, generasi kedua Isuzu MU-X tersematkan head unit 7 inch yang mendukung konektivitas seperti Android Auto dan Apple Carplay.

Hebatnya mobil ini juga dilengkapi fitur berupa kamera mundur, parking sensor, electric parking brake, dan auto hold yang memberikan kemudahan dan kenyamanan pengemudi disaat ingin memarkirkan kendaraan. Pada sisi pengemudi terasa lebih nyaman sekaligus ergonomis berkat adanya fitur tilt & telescopic.

Soal fitur keselamatan mobil ini dibekali ABS, EBD, BA, ESC, TCS, HSA & HDC. Selain itu juga mendapatkan fitur tambahan lainnya yaitu emergency stop signal ELR Shoulder Adjust with Pre-tensioner and Load Limiter, Side Door Impact Beams, Engine Immobilizer dan Child Proof Rear Door Locks.

Berbeda dengan model sebelumnya, MU-X kini hadir dengan ukuran mesin yang lebih kecil. Mengusung mesin diesel RZ4E-TC In-line 4-cylinder DOHC, 16 Valve featuring electronic high pressure common-rail direct fuel injection with intercooled VGS (Variable Geometry System) berkapasitas 1.898 cc, tenaga yang dihasilkan jadi lebih besar. Yakni 150 PS di 3.600 rpm dengan torsi puncak 350 Nm pada 1.800-2.600 rpm.

Tenaga yang dihasilkan kemudian didistribusikan ke gearbox A/T 6 speed tiptronic dengan transfer case 4WD - Shift On The Fly. Menggunakan teknologi Rough Terrain mode dengan traksi lebih baik daripada LSD (Limited-slip differential), mode pengaturannya mulai dari 2H, 4H dan 4L.

Baca juga: Ini Bedanya Hasil Konsumsi BBM Isuzu MU-X 2023 Saat Pengujian Internal dan Versi Real di Indonesia

Jika Anda tertarik untuk membeli Isuzu MU-X ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa membelinya melalui SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.  

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Isuzu MU-X 4X4 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil