window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sering Bikin Bingung, Ini Perbedaan Antara Mobil Sedan, Coupe, dan Liftback

Yongki Sanjaya · 7 Mar, 2023 15:30

Sering Bikin Bingung, Ini Perbedaan Antara Mobil Sedan, Coupe, dan Liftback 01

Banyak orang yang sering bingung saat melihat penampilan antara mobil sedan dan coupe. Pasalnya, kini hadir coupe dengan layout empat pintu layaknya sedan yaitu Mercedes-Benz CLA-Class dan CLS-Class. Hal yang lebih membingungkan, kalau kita melihat sosok liftback, yang secara desain mirip seperti sedan.

Jika dilihat sekilas, jenis mobil sedan, liftback dan coupe memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda. Lantas, apa sih beda ketiga jenis mobil ini?  Terdapat beberapa perbedaan mendasar yang menjadikan dua jenis mobil ini tidak sama.

Secara umum, kita bisa membedakan antara coupe atau sedan ini dari jumlah pintunya, dimana sedan memiliki empat pintu sedangkan coupe ini dikenal dengan konsep dua pintu. Coupe adalah mobil yang dibuat untuk dinikmati supir sendiri atau berdua bersama seorang teman di kursi depan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga:

Harga Toyota Corolla Liftback Cuma Rp40 Jutaan, Sempat Dianggap Aneh Tapi Kini Jadi Buruan Kolektor

BMW M8 Gran Coupe Kreasi Jeff Koons Ini Dilelang dengan Harga Fantastis, Cuma Satu di ASEAN

BMW 840i Gran Coupé Golden Thunder Edition Meluncur, Sedan Sport 'Terganas' Satu-Satunya Indonesia

Kursi untuk penumpang belakang tetap tersedia, tapi posisi duduknya akan dibuat sengsara. Dari jumlah penumpang pun sedikit berbeda, karena baris kedua mobil coupe hanya mengakomodir dua penumpang. 

Namun seiring perkembangan industri otomotif, konsepnya tidak saklek seperti itu. BMW dengan 4 Series Gran Coupe dan Mercedes dengan CLS-Class adalah sedan yang dipasarkan dengan marketing term layaknya coupe. Berikut ini cara agar kalian tidak terkecoh soal perbedaan konsep tersebut.

Perbedaan Mobil Sedan dan Coupe Secara Detil

Sering Bikin Bingung, Ini Perbedaan Antara Mobil Sedan, Coupe, dan Liftback 01

Coupe adalah turunan desain dari sedan yang menganut three box configuration yang mempunyai kompartemen terpisah untuk mesin, penumpang. Untuk membedakan konsep sedan dan coupe, kita perlu melihat secara teliti dari pilar c dan desain atap mobil tersebut. Desain paling khas dari coupe yaitu memiliki atap lebih landai di pilar C.

Mengacu standar dari Organisasi Standar Internasional (ISO) pada ISO 3833:1977 menyebut mobil Coupe merupakan mobil dengan bentuk atap tertutup permanen dan akses atau kapasitas kursi belakang yang terbatas.

Istilah Coupe sendiri berasal dari bahasa Perancis yang berarti “terpotong”. Mulanya, kata coupe digunakan pada abad ke-19. Istilah ini merujuk pada kereta kuda yang dipotong (coupe) pada bagian belakangnya sehingga menyisakan tempat duduk dengan kapasitas 2 orang saja.

Mobil pada kelas Coupe ini memiliki wheelbase atau jarak kursi depan dan belakang seperti terpotong atau diperpendek sehingga tidak peoporsional untuk ruang penumpang. Dengan demikian,  kata coupe merujuk pada mobil 2-pintu dan 2+2 seat atau 2 kursi depan saja. 

Sering Bikin Bingung, Ini Perbedaan Antara Mobil Sedan, Coupe, dan Liftback 02

Lebih lanjut, sebuah coupe memiliki ruang interior dengan dimensi kurang dari 33 kaki kubik (0.934 m kubik). Kemudian pada sedan memiliki interior yang sama dengan atau lebih besar dari 33 kaki kubik (0.934 m kubik).

Kini beberapa pabrikan memperkeruh suasana dengan membuat sedan 4 pintu dengan ruang kepala sempit yang dijual sebagai kupe 4 pintu (Mercedes-Benz CLA) dan hatchback yang dijual sebagai kupe (Toyota Supra, Nissan 350Z). Nah untuk mobil seperti CLA dikategorikan sebagai Coupe Notchback, yang memiliki kesamaan dengan Sedan pada desain bagasi yang datar.

Perbedaan Mobil Sedan dengan Liftback

Sering Bikin Bingung, Ini Perbedaan Antara Mobil Sedan, Coupe, dan Liftback 03

Hal membingungkan lain yang pernah kalian alami diantaranya agak sulit membedakan mana mobil sedan mana mobil liftback. Pada mobil liftback, bagian belakangnya agak memiring seperti sedan tapi jelas beda pada bagian pintu belakangnya. Sedan liftback berada antara sedan sejati dan sedan hatchback. 

Pada mobil sedan, ruang mesin, ruang penumpang, dan ruang bagasi dibedakan, sehingga ruang penumpang akan lebih kedap dibandingkan jenis mobil lainnya.  Sedan rancangan bagasinya masih terpisah dan tidak bisa mengakses kabin dari bagasi secara langsung.

Sementara itu mobil jenis liftback ini walau dari luar bentuknya mirip sedan tapi penyimpanan bagasi masih berada dalam satu kompartemen dengan ruang penumpang. Mirip hatchback tapi punya buntut, dan bukaan pintu bagasinya ke atas. 
Dengan kata lain, liftback adalah mobil sedan yang tutup bagasinya menyatu ke pilar C sehingga menghasilkan jendela atau kaca di belakang penumpang belakang yang lebih luas.

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil