window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Antara Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick

Yongki Sanjaya · 21 Jun, 2022 14:30

Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Antara Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick 01

Pada dekade 1990-an, Suzuki menjadi salah satu pabrikan Jepang yang populer dengan lini SUV mereka. Tak cuma memiliki Katana, Suzuki juga memasarkan SUV long wheelbase dalam keluarga Escudo. Mungkin kalian bingung mengetahui perbedaan antara Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick karena wujudnya yang mirip.

Secara garis besar, ketiganya ini memang dibangun dari basis yang sama dengan kode body SB416. Awal kehadiran Vitara ataupun Escudo ini karena Suzuki ingin mengisi segmen SUV tradisional yang lebih mewah daripada Jimny/Katana. Diferensiasi model ini dilakukan oleh pihak Suzuki Indomobil dengan tujuan membedakan spesifikasi dan segmen masing-masing model.

Perlu kalian ketahui, mobil ini di luar negeri dijual dengan hanya menggunakan satu nama, entah Escudo (Jepang), Vitara (Eropa, Amerika Latin, Australia) atau Sidekick (Amerika Serikat). Namun cuma di Indonesia, mobil ini dijual dengan 3 nama sekaligus. Ini membuat Indonesia menjadi satu-satunya negara di dunia yang menjual mobil ini dengan semua nama dan tipe.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lantas apa dan bagaimana asal usul Suzuki Indomobil membedakan segmentasi antara Vitara, Escudo dan Sidekick? Berikut ini ulasannya.

Awal Mula Pemisahan Model Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick di Indonesia

Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Antara Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick 01

Suzuki Vitara adalah basis utama untuk kedua mobil lainnya yaitu Escudo dan Sidekick. Mobil ini diciptakan dengan konsep penggabungan antara ketangguhan SUV, kepraktisan ala MPV dan kenyamanan Sedan dalam satu mobil.

Vitara mengawali kehadirannya di Indonesia di tahun 1992 sebagai SUV dengan fitur terlengkap, dan memakai penggerak 4x4. Suzuki Indomobil membawa masuk ke Indonesia tanpa penurunan spek, dengan trim JX dan JLX. 

Perbedaannya yaitu tipe JX hanya dilengkapi power steering dan central lock saja. Sedangkan tipe JLX memiliki fitur paling lengkap, misalnya electric mirror, pengatur AC dengan heater, wiper belakang, defogger, body stripe hingga side mould.

Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Antara Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick 02

Suzuki Vitara didukung mesin G16A karburator 1600cc 4 silinder segaris SOHC 8 katup yang kemudian di update dengan mesin karburator G16B 16 katup pada tahun 1996. Mesin ini turut digunakan untuk Escudo dan Sidekick yang muncul beberapa tahun setelahnya.

Karena memakai penggerak 4x4, maka ground clearance Vitara juga lebih tinggi dan kaki-kaki yang lebih kuat. Sehingga sangat cocok untuk dipasangkan roda dan ban berukuran besar.

Akibat sistem perpajakan mobil 4x4 yang cukup tinggi di era 90-an, maka Suzuki Vitara kurang laku karena harganya yang cukup mahal. Supaya pasarnya semakin luas, Suzuki mengambil inisiatif dengan cara merombak sistem penggerak Vitara menjadi 4x2 lalu diberi nama Escudo, yang diluncurkan pada tahun 1994. 

Suzuki Escudo, Hadir Sebagai Versi 4X2 Dari Vitara yang Lebih Terjangkau

Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Antara Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick 03

Hadir dalam versi 4x2 tentu membuat harga jual Suzuki Escudo jadi lebih terjangkau ketimbang Vitara. Escudo langsung merajai pasar otomotif nasional dalam penjualan SUV. 

Wajar saja, karena Escudo memiliki fitur lengkap jika dibandingkan dengan kompetitornya yaitu Daihatsu Feroza pada masa itu. Larisnya Escudo karena memiliki spesifikasi nyaris sama seperti Vitara namun tidak memiliki penggerak 4x4 dan hanya menggunakan mesin karburator.

Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Antara Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick 04

Tipe dan kelengkapan yang tersedia di Escudo juga sama seperti di Vitara yaitu JX dan JLX. Kemudian pada pertengahan 1995, Suzuki Escudo mengalami facelift dengan perbedaan ada pada dashboard dan bentuk setir. 

Untuk tampilan eksteriornya hampir sama seperti versi sebelum facelift, kecuali grill depan yang berubah menjadi 6 kotak. Pada tahun 1995 akhir muncul Suzuki Escudo Nomade yang merupakan facelift sebenarnya dari Suzuki Escudo. 

Versi Nomade ini lebih sporty dengan penambahan side mould dan spoiler di sekeliling bodi. Selain itu pada pilihan warnanya juga sudah disediakan warna two tone.

Suzuki Sidekick, Tipe Terbawah dan Termurah di Keluarga Vitara

Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Antara Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick 05

Bila kedua model dari seri SB416 ini mengisi kasta menengah atas, tidak demikian dengan Suzuki Sidekick. Tahun 1996 Suzuki Sidekick hadir dengan tampilan yang sepintas sama persis dengan  Escudo. Mobil ini menjadi versi spec down yang memiliki fitur yang jauh lebih sedikit dibandingkan Suzuki Vitara dan Escudo. 

Demi menekan harga, Suzuki Sidekick ini tidak dilengkapi dengan power window, electric mirror, radio tape, center console, heater, wiper belakang, defoger, side mould dan body stripe. Eksteriornya juga tidak istimewa, karena pada bumper pakai warna hitam doff, tidak dicat sewarna body, door trim rata, velg kaleng dan konon materialnya sedikit dibawah Suzuki Escudo dan Vitara. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Vitara Brezza 1.2L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil