Bagaimana Jadinya Kalau Hyundai Venue 2021, Nissan Magnite 2021 dan Suzuki Vitara Brezza 2021 Ikut Meramaikan Otomotif Tanah Air?

Enda · 5 Nov, 2020 18:45

Bagaimana Jadinya Kalau Hyundai Venue 2021, Nissan Magnite 2021 dan Suzuki Vitara Brezza 2021 Ikut Meramaikan Otomotif Tanah Air? 01

Nissan Magnite 2021, Suzuki Vitara Brezza 2021, Hyundai Venue 2021

Dua tahun belakangan ini kancah otomotif nasional diramaikan dengan kehadiran mobil baru jenis Sport Utulity Vehilce (SUV) dari beberapa produsen kendaraan roda empat di Tanah Air. Hal ini terjadi lantaran, masyarakat Indonesia mempunyai keinginan memiliki mobil yang nyaman digunakan untuk mobilitas sehari-hari, dan bisa diajak berpetualang.

Selain Sport Utility Vehicle model 7-seater yang kerap kali diburu, SUV jenis sub-kompak di Indonesia juga terbilang sangat diminati. Sebagai contoh SUV yang masih hangat-hangatnya adalah model Nissan Kicks e-Power 2021. SUV besutan dari salah satu pabrikan otomotif jenama Jepang ini memiliki teknologi yang terbilang canggih.

Mobil ini menganut sistem yang diberi nama e-POWER. Jadi, Nissan Kicks ini sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik. Sementara mesin bensin 1,2 liter DOHC 12-valve tiga silinder yang ditanamkan hanya digunakan untuk mengisi baterai dan mengalirkan listrik untuk menggerakan motor listrik EM57.

Namun kali ini kita tidak ingin membahas Nissan Kicks e-Power lebih mendalam. Karena setelah kehadiran SUV Nissan ini, gosip yang beredar Indonesia bakal kedatangan Small SUV untuk model 2021 lainnya.

Apakah mobil tersebut masuk ke Tanah Air? Benar atau tidaknya, pada artikel ini kami akan sedikit membahas dari ketiganya.

Hyundai Venue 2021

Bagaimana Jadinya Kalau Hyundai Venue 2021, Nissan Magnite 2021 dan Suzuki Vitara Brezza 2021 Ikut Meramaikan Otomotif Tanah Air? 02

Hyundai Venue 2021

Hyundai Venue 2021 merupakan crossover sub-kompak yang memiliki ruang interior mengejutkan dan fitur-fitur yang diinginkan dengan harga terjangkau. Ukurannya yang kompak membuatnya terlihat lincah dan sangat tepat untuk berjalan-jalan di daerah perkotaan. Namun, responnya dianggap kurang bertenaga yang membuatnya terasa lambat ketika dipacu berpergian jarak jauh. Hal ini terjadi lantaran Hyundai Venue 2021 mendapatkan transmisi CVT yang dikawinkan mesin DOHC 16-katup inline-4 1.598 cc dengan penempatan transverse yang mana dapat merilis tenaga hingga 121 Hp @6300 Rpm serta torsi 113 lb-ft @4500 Rpm.

Pada dasarnya mesin yang digunakan bisa memberikan tenaga cukup besar. Namun beberapa menyebutkan kendala terjadi pada transmisi CVT nya.

Bagaimana Jadinya Kalau Hyundai Venue 2021, Nissan Magnite 2021 dan Suzuki Vitara Brezza 2021 Ikut Meramaikan Otomotif Tanah Air? 03

Interior Hyundai Venue 2021

Terbilang memiliki dimensi yang kecil, Hyundai Venue 2021 mendapatkan kabin yang lapang untuk ukurannya. Baik kursi depan dan belakang memiliki ruang penumpang yang cukup luas, bahkan bantal di kedua barisnya yang nyaman. Desainnya tidak terlalu mencolok, tetapi interiornya dihadirkan kemewahan.

Kesan glamour yang ditampilkan bahkan terasa lebih mewah daripada pesaingnya Nisssan Kicks e-power dan Toyota CH-R. Selain itu juga di dalam interior kalian bisa menemukan switchgear yang kokoh, serta cluster gauge dan sistem infotainment yang menarik.

Hebatnya, Hyundai Venue 2021 mendapatkan kursi depan berpemanas. Sayang sekali pengaturan AC masih dengan model lama, belum dual-zone climate control. Head unitnya mengandalkan layar sentuh 8,0 inci yang User Friendly dapat terhubung Apple CarPlay dan Android Auto.

Nissan Magnite 2021

Bagaimana Jadinya Kalau Hyundai Venue 2021, Nissan Magnite 2021 dan Suzuki Vitara Brezza 2021 Ikut Meramaikan Otomotif Tanah Air? 04

Nissan Magnite 2021

Nissan Magnite 2021 dibangun di atas platform Common Modular Family Level A (CMF-A), yang mana diketahui berbagi dengan Renault Triber versi 5 penumpang. Berbeda dengan Nissan Kick e-Power 2021, Nissa Magnite hanya dihadrikan dengan mesin bensin konvensional.

Di India, sebagai markas produksinya, Nissan Magnite 2021 ditawarkan dua pilihan mesin bensin. Pertama meggunakan 1.0 liter B4D dual-VVT yang dapat  menghasilkan 72 Hp dan dikawinkan dengan gearbox manual lima kecepatan. Selanjutnya 1.0 liter HRA0 + Turbocharged bertenaga 95 Hp yang akan ditawarkan pilihan transmisi manual lima-percepatan serta CVT.

Diketahui Nissan Magnite 2021 dihadirakan dalam empat varian yang dapat dipesan dengan memilih salah satu dari dua opsi mesin. Namun untuk tipe terendah hanya mendapat satu pilihan mesin saja.

Bagaimana Jadinya Kalau Hyundai Venue 2021, Nissan Magnite 2021 dan Suzuki Vitara Brezza 2021 Ikut Meramaikan Otomotif Tanah Air? 05

Interior Nissan Magnite 2021

SUV Nissan ini juga mendapatkan lampu utama LED projector, lampu LED daytime running dan foglamp. Tidak ingin ketinggalan, sistem infotainment layar sentuh 8 inci dengan Apple CarPlay nirkabel pertama dan Android Auto, layar TFT 7 inci untuk instrument cluster, teknologi pengenalan suara, kamera mundur dan tombol start/stop.  

Fitur lainnya juga terdapat cruise control 360 derajat di sekitar kamera pandangan, monitor untuk mengetahui tekanan ban, dan tampilan interior yang menawan.

Suzuki Vitara Breeza 2021

Bagaimana Jadinya Kalau Hyundai Venue 2021, Nissan Magnite 2021 dan Suzuki Vitara Brezza 2021 Ikut Meramaikan Otomotif Tanah Air? 06

Suzuki Vitara Brezza 2021

Suzuki Vitara Brezza 2021 merupakan salah satu lini SUV Suzuki yang diproduksi oleh Maruti Suzuki, India. Secara dimensi, Suzuki Vitara Brezza 2021 memiliki ukuran panjang di bawah 4 meter, dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.640 mm.

Sama seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di Indonesia, Suzuki Vitara Brezza 2021 memiliki saudara kembar di India. Jika Rebadge salah satu produk Hatchback-nya, Suzuki Baleno diberi nama Toyota Glanza, maka untuk model SUV sub-kompak dengan logo Toyota, diberi inisial Urban Cruiser.

Jika sebelumnya Suzuki Vitara Brezza hanya ditawarkan mesin diesel 1.3L berkodekan D13A DDiS, yang mana mampu memuntahkan tenaga 89 Hp. Namun saat ini Suzuki Vitara Brezza 2021 berhasil ditanami mesin bensin 1.5L. Menyoal dapur pacu yang digunakan, tampaknya Suzuki tidak ingin repot dalam hal penggunaan mesin.

Sama seperti Ertiga, Jimny, Carry, serta beberapa produk Suzuki lainnya, Vitara Brezza menggunakan mesin berkodekan K15B dengan tenaga mencapai 103 Hp serta torsi maksimal 138 Nm. Soal transmisi, Suzuki Vitara Brezza 2021 ditawarkan manual 5-percepatan dan otomatik 4-percepatan.

Oiya, Suzuki memilih mesin ini untuk ditanami pada Vitara Brezza bukan hanya sekedar alasan. Secara realibiltas K15B memiliki tingkat durabilitas yang tinggi serta terbukti efisiensi dalam hal penggunaan bahan bakar.

Tidak ingin tertinggal, SUV garapan Maruti Suzuki ini juga mendapatkan tampilan luar yang futuristik. Di mana sistem pencahayaan utama menggunakan LED projector dan Ditinct Light LED pada lampu belakang, untuk memberikan kesan modern serta meningkatkan pandangan pengemudi di malam hari.

Bagaimana Jadinya Kalau Hyundai Venue 2021, Nissan Magnite 2021 dan Suzuki Vitara Brezza 2021 Ikut Meramaikan Otomotif Tanah Air? 07

Interior Suzuki Vitara Brezza 2021

Masuk ke Interior, kalian akan menemukan layar sentuh berukuran 7 inci yang telah disematkan SmartPlay Studio. Tidak tertinggal fitur anyar berupa cruise control dan wiper otomatis ditanamkan pada Small SUV ini. Hebatnya Suzuki Vitara Brezza 2021 mempunyai pilihan kustomisasi dan personalisasi layaknya mobil mewah.

Kesimpulan

Baik Hyundai Venue, Nissan Magnite dan Suzuki Vitara Brezza akhir-akhir ini juga menjadi salah satu perbincangan para Petrol Head di Tanah Air, selain Nissan Kicks e-Power. Meski tidak memiliki teknologi seperti Nissan yang mana memakai motor listrik sebagai penggerak utamanya, ketiga Small SUV ini mempunyai keunggulan masing-masing.

Urusan dapur pacu dari ketiganya Hyundai Venue lah yang paling unggul. Untuk ukuran mesin paling kecil, ada pada Nissan Magnite. Namun jangan khawatir, meski hanya mendapatkan kubikasi 1.0L, mesinnya sudah disuplay dengan dorongan turbocharged.

Jika diharuskan memilih Small SUV model 2021, kalian mau pilih yang mana?

Komentar

Mobil Terbaru