window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Spesifikasi MG VS HEV Guncang Honda HR-V Hingga Toyota Yaris Cross Hybrid

Prasetyo · 15 Mar, 2024 12:03

spesifikasi mg vs hev 2024

Spesifikasi MG VS HEV di Indonesia ini mengacu pada model yang ada di Thailand, yang lebih dulu memasarkan SUV Compact berdarah Inggris ini.

Melalui keterangan tertulisnya, MG Indonesia menjadwalkan untuk merilis kendaraan terbaru pada 21 Maret 2024 di Jakarta.

Bersamaan dengan pengumuman ini disebar juga sebuah foto teaser yang memperlihatkan sosok mobil MG terbaru yang masih diselimuti penutup kain biru.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Namun dari sedikit penampakan bagian depannya, mobil tersebut digadang-gadang merupakan MG VS HEV.

"Kami mengajak semua untuk menjadi bagian dari perjalanan kami menuju masa depan otomotif yang lebih cerah dan berkelanjutan," ujar Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia.

Baca juga: Disanjung Jokowi, Ini 5 Hal Menarik MG4 EV yang Menyedot Perhatian Pengunjung IIMS 2023

MG VS HEV Sudah Terlihat Mendarat di Indonesia

spesifikasi mg vs hev 2024

Teaser dari MG Indonesia

Beberapa hari sebelum keterangan resmi dari pihak MG Indonesia ini masuk ke redaksi Autofun, sudah beredar beberapa foto yang memperlihatkan sosok MG VS HEV.

Mobil ini terlihat sedang ada di sejumlah ruas jalan dan parkiran gedung, serta diunggah oleh sejumlah akun media sosial Instagram.

Sebanarnya VS bukan model baru bagi pabrikan China yang punya darah Inggris itu, sebab VS HEV (Hybrid Electric Vehicle) sudah lebih dulu hadir di Thailand pada Agustus 2022.

spesifikasi mg vs hev 2024

Terlihat sudah ada plat nomor Jakarta

Namun VS menjadi SUV Compact hybrid pertama bagi MG yang menyasar market SUV-B di Negeri Gajah Putih itu.

Disana, MG VS HEV hadir dalam dua trim level varian yakni D dan X adapun per Maret 2024 hargaya masing-masing 859.000 Baht untuk tipe D dan 919.000 Baht untuk tipe X.

Jika dikonversi ke rupiah, kira-kira harganya Rp375 jutaan untuk yang tipe D dan Rp400 jutaan untuk yang tipe X.

Ketika masuk ke Indonesia, VS akan berhadapan dengan cukup banyak lawan, mulai dari Honda HR-V, Hyundai Creta, Toyota Yaris Cross HEV, Chery Omoda 5, dan Wuling Alvez.

Lalu seberapa menarik mobil ini dibanding rival-rivalnya? Mari kita ulas seperti apa spesifikasi MG VS HEV.

Baca juga: Harga Setengahnya Toyota Camry, MG7 Sedan 2023 Menantang Berbekal ADAS

Spesifikasi MG VS HEV Indonesia

Eksterior

spesifikasi mg vs hev 2024

Sudah dipasarkan di Thailand sejak 2022

Kalau melihat profil tubuh dari MG VS, sejatinya mobil ini mirip dengan MG ZS yang sudah lebih dulu dijual di Indonesia.

Panjangnya cuma terpaut 47 mm, kemudian juga cuma lebih tinggi 25 mm, sementara lebar dan wheelbase-nya serupa.

Perbandingan Dimensi
  MG VS HEV MG ZS
Panjang 4.370 mm 4.323 mm
Lebar 1.809 mm 1.809 mm
Tinggi 1.653 mm 1.628 mm
Jarak sumbu roda 2.585 mm 2.585 mm
Jarak ke tanah 145 mm 170 mm

Walau ukuran tubuhnya identik, tidak demikian dengan desain eksterior dari kedua mobil ini, karena VS punya identitasnya sendiri.

Mobil ini berjenis hybrid yang artinya masih pakai mesin bensin, tetapi untuk fascia depan, MG malah membentuk seperti desain bonet kebanyakan mobil listrik.

Gril depannya berbentuk motif yang unik namun seakan berkamuflase dengan desain bemper, kemudian di sisi kiri dan kanannya juga ada lekukan cukup besar yang diberi aksen hitam.

Kisi-kisi udara masuk ke ruang mesin baru jelas terlihat pada bagian bawah bemper, yang elemen front under guard diberi aksen biru, senada dengan warna yang sama pada ornamen penghubung antara lampu utama sebelah kiri dan kanan.

spesifikasi mg vs hev 2024

Tampilan belakangnya masih mirip MG ZS

Lanjut ke bagian samping, tarikan garis desain VS rupanya masih ada beberapa kesamaan dengan ZS.

Misalnya pada lekukan kaca jendela belakang yang dibuat mengecil, serta gelembung tubuh pada bagian bawah pintu depan dan belakang, demikian juga dengan desain lengkung fender rodanya.

Namun untuk VS, desain velg yang ditawarkan dibuat lebih tegas, meskipun masih pakai kombinasi warna Two-Tone, serta ukurannya juga 17 inci sementara di ZS pakai velg ring 16. 

Kemiripan dengan ZS juga terlihat di bagian belakang, seperti bentuk kaca, desain lampu belakang, sampai lekukan bemper dan posisi reflektor pun cukup mirip.

Baca juga: MPV MG Bertenaga Listrik Akan Mendebut di Thailand, Indonesia Menyusul?

Interior

spesifikasi mg vs hev 2024

Kabinnya kombinasi hitam dan putih

Kalau dari luar VS cukup identik dengan ZS, maka dari dalam, mobil ini memberikan sentuhan yang lebih premium.

Antara lain terlihat dari penyematan Dual Widescreen Cockpit berupa monitor 12,3 inci yang terintegrasi sebagai meter cluster dan juga infotainment system.

Untuk sisi pengemudi, semua informasi mengenai kendaraan sudah tersaji secara digital, sementara dibagian hiburan, penumpang bisa mensinkronisasikan antara perangkat ini dengan gadget mereka melalui Apple CarPlay atau Android Auto.

Kemudian di konsol tengah juga ditemukan fasilitas wireless charger, serta tuas transmisi dengan teknologi E-CVT yang desainnya dibuat elegan.

spesifikasi mg vs hev 2024

Desain tuas transmisinya juga terlihat elegan

Secara keseluruhan, tema warna kabin VS HEV adalah hitam dengan kombinasi putih pada bagian jok, Black Piano di center console, dan ada sedikit aksen biru serta silver pada bagian kisi-kisi AC dan juga lingkar kemudi.

Demi memberikan perlindungan kepada seluruh penumpangnya, VS juga sudah dilengkapi MG dengan sederet fitur keselamatan aktif.

Antara lain 6 Airbags, Electric Braking Brake with Auto Hold, Around View Monitor, dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Baca juga: MG HS 2023 Resmi Masuk Indonesia, Bikin Pemilik Honda CR-V Galau

Spesifikasi MG VS HEV Mesin dan Sistem Hybridnya

spesifikasi mg vs hev 2024

Mesin bensin dikombinasikan motor electric dan baterai lithium-ion

Dibalik bonet mobil ini tersimpan mesin 1.5-liter DOHC 4 silinder VTi-TECH yang diklaim mampu menghasilkan tenaga puncak 109 PS dengan torsi 142 Nm.

Kemudian mesin bensin ini dikombinasikan juga dengan motor listrik berkekuatan 95 PS dengan torsi 200 Nm, serta transmisi otomatis E-CVT.

Pengemudi disajikan tiga mode berkendara yaitu Eco, Comfort, dan Sport, sementara sistem hybridnya juga punya 3-level KERS Mode untuk memberikan energi kinetic yang berbeda saat pengemudi melakukan pengereman untuk mengisi daya baterai jenis Lithium-ion yang digunakannya.

Spesifikasi Teknis MG VS HEV 2024
Tipe mesin  15S4C DOHC 16 valves VTi –TECH
Isi silinder 1.498 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 109 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 142 Nm @4.500 rpm
Daya motor elektrik 95 PS
Torsi motor elektrik 200 Nm
Transmisi E-CVT

Fitur Keselamatan dan Keamanannya Lengkap

spesifikasi mg vs hev 2024

6 Airbags

MG VS HEV juga sudah dilengkapi fitur keselamatan yang lengkap, antara lain berupa:

  • Electronic Parking Brake (EPB)
  • Anti-lock Braking System (ABS)
  • Electronic Brake Force Distribution (EBD)
  • Electronic Brake Assist (EBA)
  • Stability Control System (SCS)
  • Curve Brake Control (CBC)
  • Traction Control System (TCS)
  • Hill Start Assist (HSA)
  • Hill Descent Control (HDC)
  • Emergency Stop Signal (ESS)
  • Active Speed Limit
  • ISOFIX & Child Anchor
  • Rear View Camera
  • Rear Parking Sensor

Baca juga: Kembaran Wuling Almaz dari MG Tampil Lebih Mewah di Inggris

Dibekali fitur i-Smart

spesifikasi mg vs hev 2024

Fitur i-Smart dari MG

Seperti halnya mobil-mobil MG terbaru, VS HEV juga dibekali fitur i-Smart yang merupakan kemampuan untuk mengontrol kendaraan dari jarak jauh melalui aplikasi di ponsel.

Fitur ini antara lain bisa untuk membuka kunci pintu dari jarak jauh, mendeteksi keberadaan kendaraan secara real time, alarm, mendeteksi jika ada kerusakan pada bagian mesin atau lainnya, sampai melakukan Online Upgrade System (OTA).

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

MG ZS 1.5L Excite

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia