window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harganya Mentereng, Hyundai IONIQ 5 N Punya Spesifikasi Sepadan?

Prasetyo · 13 Mar, 2024 13:01

spesifikasi hyundai ioniq 5 n 2025

Harga dan spesifikasi Hyundai IONIQ 5 N akhirnya diumumkan setelah debutnya Juli tahun lalu di acara Goodwood Festival Of Speed 2023.

Dikutip dari EVMagz, Rabu (13/03/2024), mobil listrik pertama dari N Brand Hyundai ini untuk pasar Amerika Serikat (AS) dibanderol mulai dari USD66.100 atau kira-kira setara dengan Rp1,02 miliar.

Banderol ini memang cukup tinggi mengingat harga Hyundai IONIQ 5 N tersebut juga belum termasuk pajak bea masuk dan berbagai pajak di masing-masing negara.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lantas dengan harga yang mepet Hyundai IONIQ 6 ini apakah spesifikasi Hyundai IONIQ 5 N setimpal?

Mari kita bahas lebih dalam mengenai mobil listrik rasa sport car tersebut.

Baca juga: Hyundai IONIQ 5 Facelift 2024 dengan Baterai Lebih Besar Resmi Diluncurkan

Spesifikasi Hyundai IONIQ 5 N: Desain

spesifikasi hyundai ioniq 5 n 2025

Tampilannya lebih agresif dibanding IONIQ 5 biasa

IONIQ 5 N adalah varian high performance yang ditawarkan Hyundai untuk IONIQ 5 model year 2025.

Mengusung tema "New Benchmark for Engaging, All-Electric High Performance", mobil ini seakan dibangun sebagai perwujudan terbaru dari perpaduan antara keunggulan teknologi listrik dan kemampuan berkendara yang dinamis. 

Memadukan desain yang futuristik dengan performa yang tangguh, mobil ini menjanjikan pengalaman mengemudi yang tak terlupakan.

Eksterior

spesifikasi hyundai ioniq 5 n 2025

Fascia depan diberi aksen hitam

Kalau melihat tampilan utuhnya, IONIQ 5 N memang menggambarkan sisi yang jauh lebih sporty dibanding IONIQ 5 reguler.

Beberapa elemen tambahan sudah tersemat yang punya desain lebih agresif serta diberi warna dominan hitam dengan sedikit aksen warna Luminous Orange yang khusus diracik Hyundai untuk mobil ini

Contohnya pada fascia depan, Hyundai membentuk ulang bempernya dengan tarikan garis yang lebih tegas, serta ada lekukan sayap di bagian sisi kiri dan kanannya.

Bagian ini bukan hanya sekedar menambah kesan sporty pada kendaraan itu, namun juga memiliki fungsi untuk meningkatkan aerodinamika.

spesifikasi hyundai ioniq 5 n 2025

Spoiler atapnya dibuat lebih besar dan bemper belakang juga diracik ulang

Kemudian di bagian samping juga terlihat ada penambahan side skirt, pun lengkap dengan desain sayap pada ujung belakangnya.

Paling menonjol tentunya penyematan velg aluminium 21 inci yang dibalut dengan ban Pirelli P-Zero khusus untuk mobil listrik performa tinggi.

Di bagian belakang, Hyundai juga memberikan sentuhan baru pada spoiler atap yang dibuat sedikit lebih panjang, serta lekuk bemper belakang juga dibentuk jadi lebih berkarakter.

Secara ukuran tubuh, IONIQ 5 N ini 40 mm lebih lebar dan 80 mm lebih panjang, serta ground clearance-nya juga dibuat 20 mm lebih rendah dari versi reguler.

Dimensi Hyundai IONIQ 5 N
Panjang 4.715 mm
Lebar 1.930 mm
Tinggi 1.605 mm
Jarak sumbu roda 3.000 mm
Jarak ke tanah 143 mm

Baca juga: Asyik, Pejabat Eselon 1 dan 2 BUMN Dapat Kado Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 di Tahun Baru

Interior

spesifikasi hyundai ioniq 5 n 2025

Kabinnya jauh berbeda dibanding IONIQ 5 biasa

Di bagian dalam, mobil ini tersemat cukup banyak elemen "N" yang menegaskan identitasnya dibanding varian lain IONIQ 5.

Misalnya pada bagian tengah lingkar kemudi, sandaran kursi, scuff plate di pintu, di bagian dasbor hingga ke pedal-pedal yang menggunakan bahan metal.

Untuk setirnya sendiri dibuat berbeda dengan IONIQ 5 varian lain karena di versi ini hadir dalam model 3 spoke dan bagian tengahnya dibuat lebih kecil serta ada logo "N".

Selain tombol untuk pengaturan panel instrument dan headunit monitor, di lingkar kemudi ini juga terdapat empat tombol yaitu Drive Mode Select, N Grin Boost yang berwarna oranye kemerahan, serta dua lagi di bagian bawah berupa tombol N Custom.

spesifikasi hyundai ioniq 5 n 2025

Joknya juga sudah model balap

Tak cuma itu, di bagian belakang setir ini juga sudah tersemat Paddle Shift untuk mempersilahkan pengemudi memakai fitur e-Shift dan N Pedal.

Sensasi mobil sport sejati juga diperlihatkan dari desain kursi pengemudi dan penumpang depan mobil ini yang sudah full bucket seat.

Tersedia opsi pelapis kombinasi antara kain fabric dengan kulit atau eco-Alcantara dan kulit untuk jok tersebut.

Baca juga: Thailand Kurangi Subsidi Mobil Listrik Mulai 2024, Indonesia Masih Tunggu Kabar Pemerintah

Spesifikasi Hyundai IONIQ 5 N: Baterai dan Motor Listrik

spesifikasi hyundai ioniq 5 n 2025

Mobil listrik yang siap dipakai balap

IONIQ 5 N menggunakan platform Electric-Global Modular Platform (E-GMP) yang kemudian dikombinasikan dengan dua motor listrik serta baterai berkapasitas 84 kWh.

Perpaduan ketiganya sanggup menghasilkan daya puncak sampai 500 PS serta saat model N Grin Boost diaktifkan, dua motor listrik yang terpasang bisa mencapai putaran maksimal 21.000 rpm dan kecepatan maksimum 260 km/jam.

Dengan kemampuan ini serta ditunjang sistem penggerak roda All Wheel Drive, IONIQ 5 N mampu berakselerasi 0-100 km/jam kurang dari 3,5 detik, bahkan dengan mode N Grin Boost catatan waktunya bisa dipersingkat lagi jadi di bawah 3,4 detik.  

Sementara itu, baterai yang digunakan sudah dilengkapi kemampuan pengisian super cepat (super fast charging), sehingga pada keadaan daya baterai 10% untuk diisi hingga 80 persen hanya butuh waktu 18 menit.

Spesifikasi Hyundai IONIQ 5 N: Fitur Siap Balapan

spesifikasi hyundai ioniq 5 n 2025

Tampilan kokpitnya (Foto: Topgear)

Sebagai model yang lahir dari N Brand, Hyundai menegaskan kalau IONIQ 5 N juga memiliki tiga pilar N Hyundai, yakni "Corner Rascal, Racetrack Capability, dan Everyday Sports Car".

Karenanya mobil ini bukan sekedar punya tampilan sporty dan kemampuan baterai yang di atas rata-rata, namun ia juga siap untuk diajak adu kebut di lintasan balap.

Misalnya pengemudi dapat memanfaatkan fitur N Battery Pre-conditioning untuk memilih antara mode Drag atau Track.

Pada Track Mode, sistem akan mengaktifkan fitur cooling alias pendinginan yang terbaik untuk baterai lantaran bakal digunakan pada performa tertinggi dalam waktu yang lama guna menyelesaikan setiap putaran lap.

Sementara jika memilih Drag Mode, maka sistem pada baterai akan memilih untuk melonjakkan power maksimalnya dalam waktu singkat, supaya didapat tenaga dan torsi terbaik untuk catatn waktu yang terbaik pula.

Selanjutnya pengemudi juga disajikan dua mode N Race, yaitu Endurance Mode dan Sprint Mode yang bisa dipilih sesuai lintasan balap yang bakal dihadapi.

Biar pengemudi tak kehilangan traksi saat memulai balapan di garis start, disediakan juga fitur N Launch Control dengan tiga opsi tingkat traksi yang berbeda sesuai kebutuhan pada kondisi treknya.

Baca juga: Tunggu Regulasi yang Jelas, Mobil Listrik BYD Akan Diproduksi Sendiri di Indonesia Tanpa Pakai Nikel!

spesifikasi hyundai ioniq 5 n 2025

Pengaturan fitur-fitur ada di keempat tombol pada setir ini

Tenaga yang besar dan pengaturan baterai yang cerdas, kemudian juga ditunjang dengan perangkat suspensi yang kampiun.

Hyundai memasang satu set suspensi sport terbaru, termasuk memperbaharui sistem pengereman regeneratif, dan juga update distribusi bobot pada saat di lintasan menggunakan sebuah perangkat lunak baru.

Kemudian Hyundai juga memasang disc brake 400 mm dengan kaliper monoblok empat piston di depan serta disc brake 360 mm dengan kaliper tunggal pada roda belakang untuk sistem pengeremannya.

Perangkat ini ditopang juga dengan fitur N Brake Regen yang tugasnya mengatur secara cerdas kebutuhan kekuatan pengereman yang dilakukan sopir tergantung tikungan pada lintasan balap yang akan dilalui.

Jika kalian suka drifting, mobil ini juga siap diandalkan untuk kepot-kepotan di lintasan.

Antara lain berkat adanya fitur N Drift Optimizer yang akan mengatur secara elektronik sudut terbaik saat memasuki tikungan drifting.

Kalau pengemudi membutuhkan lebih banyak daya supaya roda belakang mengepulkan asap lebih banyak saat kontak dengan aspal, maka Hyundai juga menyiapkan fitur Torque Kick Drift dan N Torque Distribution untuk membantunya.

Fitur ini seolah-olah mensimulasikan bantuan tendangan di pedal kopling pada mobil manual berpenggerak roda belakang yang umumnya dipakai drifting.

spesifikasi hyundai ioniq 5 n 2025

Ada juga fitur yang sanggup mengeluarkan tiga opsi suara mesin yang berbeda

Pengemudi juga dapat memanfaatkan pula fitur N e-Shift yang fungsinya seperti paddle shift untuk menempatkan posisi gigi terbaik melalui transmisi kopling ganda 8 percepatan yang sudah disediakan.

Balap atau drifting pakai mobil listrik pasti gak seru karena tak ada suara seperti pakai mobil bermesin V6 atau bahkan V8.

Eits tunggu dulu! Sebab Hyundai sudah menyiapkan fitur N Active Sound yang menyediakan tiga tema suara berbeda, yaitu Ignition, Evolution dan Supersonic.

Ignition akan menawarkan tema suara seperti mesin 2.0-liter Turbo dari model Hyundai N lainnya.

Sementara Evolution akan mengeluarkan suara dari RN22e, sementara Supersonic menawarkan sensasi suara seperti pesawat jet tempur saat menikung.

Gimana, dengan harga lebih dari Rp 1 miliar, apakah spesifikasi Hyundai IONIQ 5 N sepasang dengan bandrolnya?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Hyundai Ioniq 5 Prime Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia