Sudah Lama Dibicarakan Akan Masuk Indonesia, Simak Dulu Fitur Suzuki Vitara Brezza

Anissa · 27 Feb, 2021 18:00

Sudah Lama Dibicarakan Akan Masuk Indonesia, Simak Dulu Fitur Suzuki Vitara Brezza 01

Suzuki Vitara Brezza merupakan salah satu produk mobil SUV kompak yang pertama kali diperkenalkan pada awal bulan Januari tahun 2016 di India. Mobil SUV ini sendiri disebut sebagai salah satu gebrakan baru dari Suzuki untuk pasar mobil SUV kompak.

Suzuki Vitara Brezza sendiri merupakan model mobil yang memang dikembangkan secara khusus oleh Maruti Suzuki di India. Pihak Suzuki sendiri menawarkan empat varian berbeda untuk Suzuki Vitara Brezza. Ada Suzuki Vitara Brezza LDI, Suzuki Vitara Brezza VDI, Suzuki Vitara Brezza ZDI, dan Suzuki Vitara Brezza ZDI Dual Tone.

Suzuki Vitara ini berbeda dengan Suzuki Grand Vitara yang sudah lebih dulu dijual di Indonesia. Perbedaan yang paling mencolok terlihat dari segi bentuk bodi, dimana Suzuki Vitara Brezza memiliki bodi yang lebih kompak dibandingkan dengan Suzuki Grand Vitara. Dan jika dirilis di Indonesia, kemungkinan Suzuki Vitara Brezza rakitan India ini akan bersaing dengan Honda HR-V.

Sudah Lama Dibicarakan Akan Masuk Indonesia, Simak Dulu Fitur Suzuki Vitara Brezza 02

Suzuki Vitara Brezza memang belum diluncurkan di Indonesia. Tetapi mobil SUV yang satu ini sudah menarik cukup banyak perhatian. Bukan hanya karena memiliki desain eksterior yang terkesan sporty dan dinamis, Suzuki Vitara Brezza juga kabarnya dibekali dengan sejumlah fitur canggih yang bisa memanjakan para konsumennya.

Lalu apa saja fitur yang dimiliki oleh Suzuki Vitara Brezza ini? Mari kita simak informasinya berikut ini.

Sejarah Singkat Suzuki Vitara Brezza

Sebelum kita membahas tentang fitur apa saja yang dimiliki oleh Suzuki Vitara Brezza, mari kita bahas tentang sejarah dari mobil SUV pabrikan Suzuki yang satu ini. Sebelum Suzuki menciptakan produk Suzuki Vitara Brezza, Suzuki memiliki produk yang kita kenal dengan nama Suzuki Vitara. Suzuki Vitara sendiri pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 1992.

Sudah Lama Dibicarakan Akan Masuk Indonesia, Simak Dulu Fitur Suzuki Vitara Brezza 03

Ketika Suzuki Vitara pertama kali muncul di pasar otomotif Indonesia, mobil yang satu ini cukup populer karena dinilai memiliki desain yang atraktif dan kenyamanan yang cukup baik di kelasnya. Daya angkut yang cukup banyak juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Suzuki Vitara ini. Suzuki Vitara juga sempat menghadirkan varian Suzuki Vitara 4x4.

Nama Suzuki Vitara ternyata hanya sempat digunakan untuk satu generasi saja. Pihak Suzuki kemudian mengganti namanya menjadi Suzuki Escudo, Suzuki Sidekick, serta Suzuki Grand Escudo untuk model-model pada generasi berikutnya.

Sudah Lama Dibicarakan Akan Masuk Indonesia, Simak Dulu Fitur Suzuki Vitara Brezza 04

Kemudian pada tahun 2006, Suzuki menghadirkan Suzuki Grand Vitara untuk pasar otomotif Tanah Air. Suzuki Grand Vitara sendiri dibekali dengan mesin berkode J20A dengan kapasitas 2.000 cc. Mesin ini diketahui bisa menghasilkan tenaga 144 HP pada 6.800 rpm dan torsi sebesar 183 Nm pada 4.000 rpm. Sayangnya, Suzuki Grand Vitara 4x4 tidak pernah dipasarkan di Indonesia.

Suzuki Grand Vitara memiliki ciri khas pada bagian ban cadangan yang diletakkan di bagian tengah pintu belakang. Dibandingkan dengan Suzuki Vitara generasi pertama maupun Suzuki Grand Escudo, dimensi Suzuki Grand Vitara ini lebih besar, yakni dengan panjang 4.500 mm, lebar 1.810 mm, tinggi 1.695 mm, dan wheelbase 2.640 mm. Suzuki Grand Vitara ini hanya tersedia dalam dua varian, yakni varian JX dan JLX.

Lalu, pada tahun 2009, Suzuki Grand Vitara mendapatkan facelift pada bagian mesin. Suzuki Grand Vitara pada masa ini diberikan mesin berkode J24B dengan kapasitas mesin 2.400 cc. Mesinnya ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 166 HP pada 6.000 rpm dan torsi 225 Nm pada 4.000 rpm.

Sudah Lama Dibicarakan Akan Masuk Indonesia, Simak Dulu Fitur Suzuki Vitara Brezza 05

Setelah itu, Suzuki kembali memberikan facelift pada Suzuki Grand Vitara pada tahun 2012. Kali ini, facelift yang dilakukan lebih berorientasi pada tampilan eksteriornya. Suzuki menyematkan desain lampu depan baru yang membuat tampilannya lebih agresif.

Pada tahun 2016, pihak Suzuki kemudian menghadirkan Suzuki Vitara Brezza untuk menggantikan kehadiran Suzuki Grand Vitara. Suzuki Vitara Brezza sendiri hadir dengan desain yang sama sekali baru, sehingga cukup banyak dinantikan oleh para penggemar otomotif.

Suzuki Vitara Brezza merupakan mobil SUV kompak yang pertama kali diperkenalkan secara resmi dalam ajang Auto Expo tahun 2016. Mobil ini sepenuhnya didesain dan dirakit di India. Mobil ini sendiri memiliki basis dari Maruti XA Alpha, mobil konsep yang pernah diperkenalkan pada tahun 2012.

Sudah Lama Dibicarakan Akan Masuk Indonesia, Simak Dulu Fitur Suzuki Vitara Brezza 06

Dari tahun 2016 hingga tahun 2020, mobil Suzuki Vitara Brezza yang dipasarkan di India ini dibekali mesin turbodiesel empat silinder berkapasitas 1,3 liter yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 89 HP dan torsi 200 Nm. Mesin ini dikawinkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu transmisi manual 5 percepatan dan transmisi automated-manual 5 percepatan. Mobil ini diketahui bisa menempuh jarak sejauh 24,29 km dengan satu liter bensin.

Mulai tahun 2020, mesin turbodiesel Suzuki Vitara Brezza digantikan dengan mesin bensin empat silinder berkapasitas 1,5 liter yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 103 HP dan torsi 138 Nm. Mesin bensin milik Suzuki Vitara Brezza ini sendiri dipadukan dengan dua pilihan transmisi. Ada transmisi manual 5 percepatan, dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Sudah Lama Dibicarakan Akan Masuk Indonesia, Simak Dulu Fitur Suzuki Vitara Brezza 07

Kedua sistem transmisi yang disematkan pada mesin mobil Suzuki Vitara Brezza ini sudah dilengkapi dengan SHVS mild hybrid system. Untuk varian transmisi manual, Suzuki Vitara Brezza bisa menempuh jarak sejauh 17,03 km dengan satu liter bensin, sementara varian transmisi otomatisnya bisa menempuh jarak sejauh 18,76 km dengan satu liter bensin.

Fitur Suzuki Vitara Brezza

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Suzuki Vitara Brezza memiliki spesifikasi mesin yang cukup tinggi. Tetapi bukan itu saja kelebihan dari Suzuki Vitara Brezza. Mobil rakitan Maruti Suzuki ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih demi menawarkan kenyamanan dan keselamatan lebih untuk para konsumennya.

Sudah Lama Dibicarakan Akan Masuk Indonesia, Simak Dulu Fitur Suzuki Vitara Brezza 08

Suzuki Vitara Brezza sudah hadir standar dengan sistem pengereman Anti lock Braking System dan Electronic Brake Distribution. Kedua sistem pengereman ini bisa mempermudah pengemudi mengendalikan laju mobil dan mencegah ban slip ketika pengemudi mengerem mendadak.

Bukan hanya itu, Suzuki juga sudah menyematkan dual airbags pada barisan depan mobil Suzuki Vitara Brezza. Mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi Side Impact Beam yang bisa mengurangi dampak dari benturan yang terjadi pada bagian samping. Menariknya lagi, Suzuki Vitara Brezza ini dibekali dengan struktur rangka TECT yang terkenal tangguh untuk meminimalisir dampak benturan.

Sudah Lama Dibicarakan Akan Masuk Indonesia, Simak Dulu Fitur Suzuki Vitara Brezza 09

Tidak hanya fitur keselamatan, Suzuki Vitara Brezza ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur penunjang kenyamanan dan hiburan. SUV kompak yang satu ini sudah dilengkapi dengan head unit layar sentuh yang dilengkapi dengan fitur audio SmartPlay, CD Player, MP3 Player, Bluetooth, AUX-IN, serta USB port. Infotainment System yang dimiliki oleh Suzuki Vitara Brezza ini sudah terintegrasi dengan Apple CarPlay dan juga bisa menerima telepon serta SMS.

Selain itu, Suzuki juga menyematkan sistem navigasi pada Suzuki Vitara Brezza untuk memudahkan pengemudi berkendara ke tempat tertentu tanpa takut tersesat. Suzuki Vitara Brezza juga dilengkapi dengan panel indikator berupa Multi Information Display yang menampilkan informasi Tripmeter, Fuel Level Indicator, serta Tachometer. Pada bagian setir Suzuki Vitara Brezza, terdapat beragam tombol fungsional yang bisa mengendalikan Cruise Control, Bluetooth Handsfree Controls, serta Steering Mounted Audio, and Calling Controls.

Komentar