Toyota Glanza Hybrid Lakukan Tes Jalan, Apakah Suzuki Baleno Hybrid akan Menyusul?

Dhoni · 5 Feb, 2021 19:00

Toyota Glanza sebagai saudara kembar Suzuki Baleno telah hadir sejak 2019 di India. Belum lama ini, varian terbaru tertangkap kamera sedang menjalani pengujian untuk segera dapat diluncurkan. Namun yang unik, Toyota Glanza yang tengah diuji ini tampaknya menggunakan teknologi hybrid yang dimiliki oleh Suzuki.

Toyota Glanza Hybrid Lakukan Tes Jalan, Apakah Suzuki Baleno Hybrid akan Menyusul? 01

Toyota Glanza Hybrid Diluncurkan, hasil pengembangan bersama Suzuki

Sebagai catatan, Toyota Glanza dan Suzuki Baleno merupakan model pertama hasil kerjasama kedua produsen raksasa asal Jepang di India. Keduanya berbagi platform dengan body menggunakan milik Suzuki Baleno. Hampir mirip layaknya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di Indonesia.

Pengujian ini sangat erat kaitannya dengan mesin yang digunakan, diprediksi mesin tersebut hasil adopsi dari Suzuki Baleno Hybrid. Hal ini sesuai informasi dari media otomotif di India yang mengatakan kemungkinan powertrain menggunakan Smart Hybrid Technology.

Toyota Glanza Hybrid Lakukan Tes Jalan, Apakah Suzuki Baleno Hybrid akan Menyusul? 02

Toyota Glanza Hybrid Jalani pengujian. Foto: motorbeam

Bicara tentang mesin hybrid dari Suzuki, untuk pangsa pasar Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pernah menghadirkan Suzuki Ertiga Hybrid pada 2019. Namun dengan teknologi mild hybrid yang sederhana.

Tentunya sangat berbeda dengan yang akan digunakan pada Suzuki Baleno Hybrid karena telah mengadopsi teknologi yang digunakan pada Suzuki Swift hybrid. Jadi teknologi yang diuji oleh Toyota Glanza sama dengan Suzuki Baleno Hybrid maupun Suzuki Swift hybrid.

Pada Suzuki Baleno hybrid menggunakan mesin bensin 1.2 liter yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 91 PS dengan torsi maksimal 118 Nm. Dari sistem hybrid yang digunakan maka akan tersedia motor listrik 10kW yang masing-masing dapat memiliki tenaga sebesar 13,5 PS dengan torsi 30 Nm. Seluruh tenaga dari powertrain hybrid akan disalurkan melalui transmisi AMT 5 percepatan.

Sebagai kendaraan Hybrid, tentu saja wajib memiliki kemampuan penghematan dalam konsumsi bahan bakar, sesuai klaim pada Suzuki yang mengatakan konsumsi dapat mencapai 32 km/liter. Hal ini juga berkat fitur dari sistem pengereman regneratif.

Toyota Glanza Hybrid Lakukan Tes Jalan, Apakah Suzuki Baleno Hybrid akan Menyusul? 03

Toyota Glanza Hybrid diluncurkan setelah Suzuki Baleno Hybrid

Khusus untuk di India, kehadiran Suzuki Baleno hybrid tentu cukup dinantikan. Diperkirakan akan mulai diperkenalkan pada pertengahan hingga akhir tahun 2021. Pastinya diluncurkan sebelum Toyota Glanza resmi dihadirkan.

Dan bukan tidak mungkin PT Suzuki Indomobil Sales menghadirkan Suzuki Baleno Hybrid di Indonesia sebagai kendaraan sedan hatchback yang cukup digemari. Untuk saat ini Suzuki new Baleno yang terseda di Indonesia mengusung mesin Mesin K 14B. DOHC, WT, MPI dengan banderol Rp235 juta (MT) dan Rp247,5 juta (AT).

Jika Suzuki Baleno Hybrid hadir di Indonesia, bisa jadi ini menjadi pintu masuk Suzuki dalam mendukung pemerintah dalam percepatan kendaraan listrik di Tanah Air.

 

 

Komentar