Sama-Sama Rp 24 Juta, Yamaha Nmax 2019 Lebih Menarik Ketimbang Honda Vario 150 2022?

Pilih Yamaha Nmax bekas atau Honda Vario baru?
  • Yamaha Nmax 2019 tipe non ABS kini dibanderol Rp24 jutaan
  • Honda Vario 150 2022 juga menggiurkan, harganya di bawah Rp 25 juta

Bicara Yamaha Nmax dan Honda Vario 150 merupakan dua spesies motor yang berbeda. Satunya mengisi segmen skutik menengah ke atas dengan bentuk maxi skuter, sisanya menyasar konsumen menengah bisa ke atas maupun bawah lewat rupanya sebagai motor matic berkelas nan sporty.

Baca Juga: Bedanya Banyak Banget, Ini Perbandingan Yamaha NMax Baru dan NMax Lama

Meski begitu, keduanya sama-sama punya kapasitas mesin hampir mirip, di angka 150an cc. Selain itu, sekarang harganya juga mirip, di angka Rp24 jutaan khusus untuk Yamaha Nmax tahun pembuatan 2019 dan Honda Vario 150 2022. Dengan banderol yang serupa ini, tentu bisa membuat bimbang konsumen yang tengah berencana membeli motor baru

Baik Yamaha Nmax 2019 maupun Honda Vario 150 sebenarnya punya keunggulan masing-masing. Honda Vario 150 karena masih baru, tentu masih dalam perlindungan garansi. Sensasi mengendarai motor anyar juga lebih bisa dirasakan. Urusan perawatan tahun pertama tentunya masih lebih terjangkau, lantaran masih digratiskan biaya servisnya. 

Yamaha Nmax 2019 kini harganya Rp24 jutaan.

Adapun Yamaha Nmax 2019, punya dimensi yang lebih besar. Terlebih sebagai matic gambot, gaya berkendara bisa rileks, kaki bisa selonjoran atau ditekuk biasa. Makanya pengendaraan menggunakan motor ini jadi lebih percaya diri, karena juga didukung popularitas Nmax yang dewasa ini meroket menjadi motor idaman banyak orang.

Nah kalau sama-sama unggul, terus sudah punya uang Rp24 juta, lebih baik pilih yang mana? Yamaha Nmax 2019 atau Honda Vario 150 2022? Berikut kami jabarkan beberapa pertimbangan terbaik antara kedua motor tersohor di Indonesia ini. 

Honda Vario 150 baru juga harganya di Rp24 jutaan.

Tenaga Lebih Ngacir Yamaha Nmax 2019

Pertama dari perbandingan output mesin dulu. Di atas kertas kubikasi mesin Yamaha Nmax lebih besar yakni 155 cc. Lalu ditopang teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang mendistribusi tenaga merata di setiap putaran mesin. Hasilnya tenaga yang mampu dihasilkan di angka 15 PS di 8.000 rpm, kemudian torsi 14,4 Nm yang diraih di 6.000 rpm. 

Bermodal tenaga yang besar ini, tak heran banyak pengguna yang membawanya untuk riding jauh. Melintasi jalan perbukitan, bahkan sampai pergi ke tanah suci melintasi banyak negara! 

Yamaha Nmax 2019 bertabur fitur unggulan, speedometer digital, serta rem cakram depan belakang.

Beda halnya Honda Vario 150. Kapasitas mesinnya 149 cc tanpa jeroan katup variabel. Oleh karena itu produksi tenaganya tidak begitu besar, cukup di angka 13 PS pada 8.500 rpm dan torsi 13,4 Nm di putaran 5.000 rpm. Meski secara angka lebih kecil, tenaganya sudah cukup untuk dijadikan kendaraan harian, komuter dari tempat kerja ke rumah, maupun bepergian di akhir pekan. 

Baca Juga: Punya Desain Sama, Baiknya Pilih Honda Vario 125 2021 Atau Honda Vario 150 2021?

Fitur Sama-sama Banyak

Kedua mari kita bandingkan soal kelengkapan fiturnya. Dari Yamaha Nmax 2019 dulu. Model yang dimaksud merupakan tipe non ABS makanya sudah dibanderol lebih murah. Untuk tipe ABS masih berkisar di atas Rp25 juta. Secara fitur, lampunya sudah LED tapi tidak untuk seinnya. 

Speedometer Yamaha Nmax 2019 sudah digital.

Spidometer juga sepenuhnya sudah digital dan punya berbagai macam pengaturan, termasuk pengingat servis maupun konsumsi bahan bakar rata-rata. Untuk menunjang kenyamanan pabrikan juga menyematkan suspensi dengan tabung, supaya karakter bantingannya lebih lembut dibanding generasi lawas. 

Tak kalah penting dari pengereman, baik roda depan dan belakang Yamaha Nmax 2019 sudah dipasangkan cakram, sehingga kinerja pengeremannya akan jauh lebih baik dan terhindar dari decitan, seperti yang sering dialami motor yang masih pakai tromol. 

Yamaha Nmax 2019 dibekali ban gambot dan rem belakang cakram.

Secara bawaan pabrik juga telah dilengkapi side stand switch supaya penggunanya selalu ingat merilis standar samping dulu sebelum berkendara. Lalu kapasitas tangki bensin Yamaha Nmax 2019 6,6 liter dan diletakkan di tengah, makanya bagasi penyimpanan di bawah joknya besar sekitar 25 liter yang tentunya muat satu helm dan barang lain.

Lanjut ke Honda Vario 150 2022. Produk ini juga tak mau kalah, panel meter juga sepenuhnya digital dan mampu menampilkan banyak informasi termasuk konsumsi BBM, tripmeter, pergantian oli, dan tegangan aki. Informasi yang terakhir disebutkan penting diketahui karena menyangkut penggunaan sistem keyless motor. 

Speedometer Honda Vario 150 juga sudah digital.

Ya, Honda Vario 150 sekarang sudah mengadopsi sistem keyless, yang tentunya membutuhkan suplai listrik yang baik dari aki. Bila tidak, maka motor tidak dapat dioperasikan lantaran tidak memiliki starter engkol. Kemudian remote keyless pada motor ini telah dilengkapi alarm dan answer back system yang memberitahukan posisi parkir. 

Bedanya dari Yamaha Nmax adalah Honda Vario 150 2022 ini lampunya sudah LED semua. Pabrikan juga menambahkan fitur Idling Stop System (ISS) agar konsumsi bahan bakarnya bisa lebih irit ketika melewati kemacetan.

Sayangnya pengereman Honda Vario 150 masih tromol untuk roda belakang.

Tapi sayangnya rem cakram baru diterapkan di roda depan. Belakang masih tromol, dipadukan sistem Combi Brake System (CBS). Tangki bahan bakar Honda Vario 150 kapasitasnya 5,5 liter dan disematkan di balik jok, makanya kapasitas bagasinya tidak terlalu besar dengan volume 18 liter. Namun tetap bisa menyimpan helm kok. 

Dari perbandingan fitur sebenarnya sulit menentukan siapa jawaranya, karena masing-masing unggul dari sisi kebaruan. Tak cuma itu, Honda Vario 150 diklaim lebih aman dan irit, di satu sisi Yamaha Nmax lebih praktis, menjanjikan pengereman lebih baik sehingga lebih asyik dikendarai. 

Bagasi Honda Vario 150 18 liter, muat helm kok!

Pilih Gambot atau Ramping?

Dari segi penampilan kedua motor sejatinya menyajikan rupa dan bentuk yang sama-sama berkelas. Bagi yang suka motor kekinian dengan tampilan gambot, sudah barang tentu jatuhkan pilihan ke Yamaha Nmax 2019. Ini karena Yamaha menyematkan ban berukuran 110/70 dan 130/70 yang menyelimuti pelek 13 inci. 

Walaupun begitu, untuk orang yang tingginya sekitar 170 cm rasanya masih dapat dengan mudah mengendalikan si Yamaha Nmax. Sebab tinggi joknya berkisar 765 mm. Hanya saja jarak pijak kaki bisa berkurang, karena desain jok yang membuat kaki terbuka. 

Posisi kaki Yamaha Nmax 2019 bisa selonjoran atau tekuk biasa.

Adapun Honda Vario 150 2022 lebih ke arah ramping nan jangkung, maka tak heran matic ini cocok buat penyuka motor yang simpel dan stylish. Dari data teknis bannya berukuran 90/80 dan 100/80 berdiameter 14 inci. Oh iya mengenai ketinggian joknya 769 mm, lebih tinggi sedikit dari Yamaha Nmax 2019. 

Kesimpulan

Nah masuk kesimpulan. Berdasarkan pemaparan di atas, Yamaha Nmax 2019 masih realistis dibeli. Utamanya ketika kebutuhan penggunaannya selain untuk harian yang perlu ruang bagasi besar, juga bisa diandalkan bepergian jauh atau touring bersama pasangan. 

Pilihan warna Yamaha Nmax 2019 bekas.

Posisi berkendaranya juga lebih nyaman. Posisi setangnya dibuat tinggi sehingga badan tidak begitu condong ke depan. Apalagi didukung dua posisi kaki bisa selonjoran atau menekuk, sehingga lebih mampu memanjakan selama berkendara. 

Honda Vario 150 2022 bukannya kalah saing. Bagi konsumen yang orientasinya mau motor baru, tentu produk yang satu ini pilihannya. Itu pun juga apabila kebutuhannya hanya terbatas mencakup berkendara rutin dan menjadikannya sebagai motor utama, tanpa ada keinginan pergi menjelajah.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Nmax
Lihat