window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Serunya Menilik Memorabilia Perayaan Vespa ke-75 Tahun, Langsung di Italia

Ary · 14 Mei, 2021 16:00

Museum Piaggio menjadi tempat paling layak dikunjungi para penggemar Vespa, di seluruh dunia. Bagaimana tidak, ruang pamer di Pontedera, Italia secara lengkap memamerkan rekam jejak model-model Vespa dari masa lampau hingga sekarang. Giat tersebut pun semakin spesial lantaran Vespa mamasuki usia ke-75 tahun. 

Museum Vespa Italia

Museum Piaggio di Italia menyajikan pemandangan khusus menyambut usia Vespa ke-75 tahun. 

Menilik pemandangan di lokasi, banyak sekali jajaran model Vespa yang dihadirkan pihak pabrikan. Maklum, dalam kurun waktu 75 tahun ini sudah terdapat 19 juta Vespa diproduksi Piaggio pada periode 1946 hingga 2021. Pengunjung pun dapat melihat langsung memorabilia perjalanan Vespa saat ini. Seperti disampaikan oleh Motociclismo.it, pameran bertajuk Vespizzatevi sendiri terbagi menjadi enam tematis. 

Masing-masing bagian menyuguhkan model-model representatif guna menerangkan perjalanan panjang Vespa. Sebut saja ihwal keberadaan MP5 Donald Duck, Vespa MP6 Eksperimental hingga Vespa 98. Melalui produk inilah kiprah Vespa dimulai, begitu pula tema lain yang ditandai dengan kehadiran salah satu model sebagai ikon. 

Baca juga: Spesial, Vespa Edisi 75 Tahun Dibuat Khusus untuk Primavera dan GTS

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Model Vespa Pertama

Perjalanan di museum Piaggio kental nuansa historis. 

Kehadiran Vespa Edisi 75 Tahun

Sama halnya dengan tahun ini di mana turut hadir pula Vespa Primavera dan Vespa GTS edisi 75 tahun. Dari keduanya, sejatinya tak ada perbedaan bentuk fisik dengan Primavera atau GTS eksis. Hanya saja keseluruhan tubuh keduanya sudah dilabur kelir khusus, Giallo 75. Pemilihan warna ini dipilih lantaran senada dengan produk paten Vespa pertama yang meluncur 23 April 1946 silam. 

Pada generasi skuter matik ini pula, terdapat diferensiasi berupa logo bertuliskan angka 75. Lalu ditambahkan juga warna lebih gelap pada area tepong dan dasi. Eksklusifitas dua edisi spesial ulang tahun Vespa jua terlihat lewat sematan emblem 75 Years di konsol depan. 

Baca juga: Mewahnya Vespa Primavera 2021 dan GTS Super Tech 300 2021 Edisi 75 Tahun, Pakai Ban Serep Lagi?

Vespa Edisi 75 Tahun

Vespa GTS dan Vespa Primavera Edisi 75 Tahun melengkapi pameran museum Piaggio.

Belum lagi peningkatan eleganitas berupa aksen kromium pada list bodi dan pelek, kisi-kisi klakson, cover lampu depan-belakang dan knalpot, spion hingga panel meter. Hal tersebut kemudian diselaraskan lewat paduan berwarna hitam legam di palang pelek dan jok. Sebagai pelengkap, diberikan tas berbahan nubuck dengan warna senada jok. Tempat untuk ban cadangan itu pun terpasang di atas bracket yang sudah menganut sistem quick release.   

Momentum perayaan ulang tahun ini pun, dijadikan ajang pengembangan produk Vespa. Panel meter full digital yang sebelumnya hanya ada pada Vespa GTS Super Tech 300, kini diaplikasi oleh line up di bawahnya. Ditandainya oleh penyematan pada Vespa Primavera dan Vespa GTS edisi 75 tahun. Sekilas, tak ada perbedaan lantaran penampang informasi berupa layar TFT-nya tersebut berukuran 4,3 inci. 

Baca juga: Vespa GTS Super Tech 300 Bisa Dicicil Tanpa Bunga, Masih Ada Untungnya?

Museum Vespa

Pecinta Vespa wajib mengunjungi pameran Vespa ini.

Pameran Khusus 75 Tahun Vespa bisa Dikunjungi secara Virtual

Besar pula kemungkinan Vespa edisi 75 tahun ini mengaplikasi teknologi MIA. Dengan begitu, besar kemungkinan kedua dilengkapi fitur seperti konektivitas gawai, navigasi bahkan pengoperasian dengan voice command. Kunjungan ke museum baru Piaggio pun semakin atraktif berkat kehadiran 200 foto-foto ikonik tentang Vespa dan jua pengendaranya. Lantas begitu artistik lantaran berpadu dengan karya unik seorang seniman bernama Marco Lodala. 

Pameran Virtual Vespa 75 Tahun

Pameran ulang tahun Vespa ke-75 tahun dapat dikunjungi secara virtual.

Baca juga: Promo Lebaran, Barisan Skuter Vespa Kena Diskon Jutaan Rupiah!

Kabar gembiranya, museum Piaggio ini sudah dibuka meski harus menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Acaranya sendiri sudah berlangsung sejak 23 April dan berakhir 30 September 2021 mendatang. 

Tak punya waktu ke Italia? Tenang, Anda para pecinta Vespa masih tetap bisa mengunjungi pameran Vespizzatevi secara virtual dan gratis. Suguhannya pun atraktif karena bisa dilakoni dengan menggunakan alat VR. Sekaligus pula edukatif lantaran dilengkapi keterangan detail menyoal sang produk. Selamat berwisata!     
 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });