window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Cocok Buat Sunmori, Harga Suzuki GSX-R150 Bekas lagi Terjun Bebas!

Ary · 3 Jun, 2021 16:30

Sudah hukum alam apabila harga jual kembali sebuah motor, mengalami penurunan. Terlebih lagi jika pembahasannya berkaitan dengan Suzuki. Pemandangan ini pun terlihat dari salah satu produknya yaitu Suzuki GSX-R150. Beberapa bulan terakhir, harga bekas dari motor sport 150 cc lagi terjun bebas. 

Dari situs jual-beli motor bekas berbasis online terlihat, penurunan harga jual kembali Suzuki GSX-R150 sangat drastis. Hal ini tentu merugikan buat pemilik yang ingin menjualnya. Namun, di satu sisi menguntungkan buat peminat Suzuki GSX-R150 bekas. 

Suzuki GSX-R150 Bekas

Sebagai salah satu pilihan di segmen motor sport 150 cc, Suzuki GSX-R150 punya penawaran yang cukup menarik.

Harga Suzuki GSX-R150 2020 Bekas Rp17 jutaan! 

Beberapa waktu lalu pernah kami sampaikan, Suzuki GSX-R150 bekas ini dijual cukup variatif dan terjangkau. Bahkan saat itu, Anda bisa mendapatkan unit lansiran 2019 di bawah Rp20 juta. Yang mengejutkan adalah bujet tersebut kini dapat dipakai untuk membeli Suzuki GSX-R150 keluaran 2020!

Fenomena ini bahkan terlihat di beberapa wilayah, termasuk Tangerang. Ada pemilik yang menjual Suzuki GSX-R150 2020 dengan harga Rp19 juta. Bahkan tak sedikit pula pedagang melepas unit tersebut dengan banderol Rp17 juta sampai Rp18 jutaan. Bila pun berkaca kepada harga baru Suzuki GSX-R150, maka terdapat deflasi sekitar Rp13 juta Rp14 jutaan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga: Suzuki GSX-R150 2021 Andalkan Mesin Bertenaga dengan Harga Terjangkau, Simak Kekurangan dan Kelebihannya

Harga Suzuki GSX-R150 Bekas 2021

Harga jual kembali Suzuki GSX-R150 turun drastis.

Kalau dirasa masih kepalang tinggi, tak ada salahnya Anda perinci pencarian untuk tahun produksi 2018. Pasaran Suzuki GSX-R150 lansiran tersebut kini dipatok mulai Rp15 juta. Namun, tak menutup kemungkinan pula unit dengan tahun pembuatan serupa dijual lebih mahal. Pasalnya, penetapan jua tak lepas dari beberapa faktor seperti kondisi fisik, mesin, hingga jumlah kilometer berjalan. 

Konsep Motor Sport Tulen, Cocok buat Sunmori

Terkoreksinya harga bekas Suzuki GSX-R150 ini tentu menguntungkan Anda yang memang tertarik memilikinya. Bagi motoris muda, perawakan motor sport tulen dari Suzuki GSX-R150 jelas menggoda. Apalagi, untuk sekadar eksis sembari menjalani giat sunday morning ride (sunmori). 

Performa Suzuki GSX-R150

Setang undeyoke membuat posisi berkendara Suzuki GSX-R150 bak tunggangan motor sport tulen.

Baca juga: Harga Bekas Suzuki GSX-R150 2018 Menggiurkan, Lebih Murah Dari Honda Vario 125 2021 Loh!

DNA ala Suzuki GSX bermesin besar tetap terlihat dari tampilannya ini. Begitu pula dengan penyajian setang underyoke dan foot step yang otomatis mengajak tubuh pengendara condong ke depan. Meski begitu, pembeli Suzuki GSX-R150 diuntungkan karena dimensi motor terbilang ramping. 

Keuntungan lainnya, Suzuki GSX-R150 hanya punya bobot 131 kg saja (tipe non-ABS). Dibanding Honda CBR150R 2021 atau Yamaha R15 2021, dialah pemilik timbangan paling ringan. Sementara kedua rival sama-sama memiliki berat tubuh 137 kg (139 kg untuk Honda CBR150R ABS). 

Kompetitif di Kelas Motor Sport 150 cc

Suzuki GSX-R150 mengandalkan mesin DOHC satu silinder empat katup 150 cc dengan rasio kompresi 11,5:1 dan bore x stroke: 62 x 48,8 mm. Berkat racikan pada jantung mekanis overbore itu, Suzuki GSX-R150 kompetitif di kelas sport 150 cc. Tenaga yang ditorehkannya mencapai 19,1 PS pada 10.500 rpm dan 14 Nm pada 9.000 rpm. 

Mesin Suzuki GSX-R150

Suzuki GSX-R150 dibekali karakter mesin overbore.

Baca juga: Punya Modal Bagus, Kenapa Suzuki GSX-R150 Kurang Peminat?

Teruntuk tenaga, dia unggul dari Honda CBR150R 2021 lewat torehan 17 PS @9.000 rpm. Namun, motor sport Honda membuat sedikit selisih pada torsi yakni 14,4 Nm @7.000 rpm. Sebaliknya, ada keterpautan yang lumayan jika Suzuki GSX-R150 diadu bersama Yamaha R15. Motor buatan Yamaha Indonesia sanggup menyemburkan output masing-masing 19,2 PS @10.000 rpm dan 14,7 Nm @8.500

Tanpa USD dan Assist and Slipper Clutch

Yap, itu saja yang Anda dapatkan ketika membeli Suzuki GSX-R150. Baik unit bekas maupun baru, belum dilengkapi dengan suspensi upside down (USD). Lantas, berlimpahnya output mesin jua tak diimbangi dengan ketersediaan Assist and Slipper Clutch. 

Seperti kita ketahui, kedua perangkat itu sudah diaplikasi oleh Yamaha R15. Keduanya dianggap penting untuk meningkatkan stabilitas berkendara. Bahkan, keduanya pun kini hadir pada Honda CBR150R 2021. 

Fitur Suzuki GSX-R150

Walau tak punya upside down atau assist and slipper clutch, Suzuki GSX-R150 memiliki varian dengan kelengkapan kunci keyless.

Baca juga: Review Lengkap Suzuki GSX-R150 2021, Simak Desain, Fitur, Spesifikasi dan Harga Terupdate

Kesimpulan

Jika tertarik membeli motor sport bekas, menurut kami Anda layak menilik pasaran harga bekas Suzuki GSX-R150 sekarang. Harganya terus turun kendati pun merupakan unit tahun muda. Secara desain, Suzuki GSX-R150 cukup menarik lantaran mengedepankan konsep sport. Andaikata jodoh dan beruntung, Anda bahkan bisa mendapatkan unit Suzuki GSX-R150 bekas berlivery MotoGP.  

Spesifikasi Suzuki GSX-R150
Panjang x Lebar x Tinggi 2.020 mm x 700 mm x 1.075 mm
Jarak Sumbu Roda 1,300 mm
Jarak Terendah ke Tanah 160 mm
Tinggi Jok 785 mm
Berat Kosong 131 kg
Jenis Mesin Water-cooled, 4-stroke
Sistem Katup DOHC 4-valve
Diameter x Langkah 62.0 x 48.8 mm
Jumlah Silinder 1-cylinder
Ratio Kompresi     11.5 : 1
Tenaga Maksimum     19,1 PS @10.500 rpm
Torsi Maksimum 14.0 Nm @9.000 rpm
Sistem Pengapian FI
Sistem Starter Electric
Transmisi     6-speed, return
Kapasitas Tangki 11 liter
Suspensi Depan     Telescopic
Suspensi Belakang Swingarm
Rem Depan Disc (Petal)
Rem Belakang Disc (Petal)
Roda Depan 90/80-17(TL)
Roda Belakang     130/70-17 (TL)
Velg     Cast
Aki     MF
Lampu Depan LED

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });