window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Suzuki GSX-R150 2021 Andalkan Mesin Bertenaga dengan Harga Terjangkau, Simak Kekurangan dan Kelebihannya

Harry · 8 Jan, 2021 16:59

Meski penjualan sepeda motor rakitannya tak sementereng torehan pabrikan Jepang lainnya saat ini, nyatanya PT Suzuki Indomobil Sales merakit sejumlah motor model global di Indonesia, salah satunya adalah Suzuki GSX-R150 2021.

Motor ini juga dikapalkan kesejumlah negara, termasuk negara asalnya yakni Jepang, Eropa dan sejumlah negara Asia. Hanya saja ada beda dari segi kapasitas mesin, untuk pasar Jepang dan Eropa misalnya, mesinnya menjadi 125 cc.

Kembali pada topik bahasan utama. Suzuki GSX-R150 2021 merupakan produk andalan Suzuki untuk bersaing di kategori sport 150 cc. Dengan dimensi yang kompak, motor ini juga punya bobot yang ringan sehingga lincah bermanuver.

Suzuki GSX-R150 2021 Andalkan Mesin Bertenaga dengan Harga Terjangkau, Simak Kekurangan dan Kelebihannya 01

Suzuki GSX-R150 punya performa luar biasa.

Desain memang soal selera, namun Suzuki menggariskan motor ini dengan gaya desain GSX-R Series lainnya. Ciri aling terlihat adalah penggunaan lampu model tunggal, bukan tipe ganda seperti pabrikan lainnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Lekuk fairing dibuat ramping  untuk kemudahan bermanuver, serta buritan sengaja dibuat tinggi menjulang, untuk menegaskan jati dirinya sebagai sebuah motor sport tulen.

Menilik penerangan utama, Suzuki GSX-R150 2021 sudah kekinian dengan penerangan berteknologi LED, yang terang namun hemat konsumsi daya listrik. Hanya saja untuk penerangan belakang serta lampu sein masih andalkan bohlam.

Untuk menambah pilihan yang lebih bernilai, akhir tahun lalu PT Suzuki Indomobil Sales resmi menghadirkan Suzuki GSX-R150 dengan livery Suzuki Ecstar MotoGP. Yup, mereka memanfaatkan momentum sebagai peraih juara MotoGP lewat Joan Mir.

Suzuki GSX-R150 2021 Andalkan Mesin Bertenaga dengan Harga Terjangkau, Simak Kekurangan dan Kelebihannya 01

Suzuki GSX-R150 2021 MotoGP Edition.

Secara spesifikasi, motor ini punya ukuran panjang 2.020 mm, lebar 700 mm dan tinggi 1.075 mm, serta posisi sumbu roda diangka 1.300 mm. Tinggi tempat duduk juga terhitung ramah dengan 785 mm saja.

Untuk segmen sport 150 cc, Suzuki GSX-R150 disebut jadi yang terbaik dalam urusan performa dibandingkan kompetitor lainnya. Berbekal penggerak mekanis 150 cc, DOHC 4 katup, injeksi bahan bakar serta batasan putaran mesin mencapai 13.000 rpm.

Di atas kertas, motor ini mampu menorehkan tenaga mencapai 18 Hp pada putaran 10.500 rpm, dengan kawalan torsi 14 Nm pada 9.000 rpm untuk angkatan awal kala berakselerasi. Daya tersebut disalurkan menuju roda belakang lewat transmisi manual enam percepatan.

Dari segi kelengkapan standar, Suzuki GSX-R150 2021 sangat mumpuni. Pabrikan menyediakan beberapa varian, seperti varian keyless yang tak lagi menggunakan kunci kontak manual, juga penggunaan rem dengan teknologi ABS (anti-lock braking system) untuk keselamatan.

Pihak pabrikan pun memberikan tiga opsi varian untuk produk motor sport 150 cc andalannya itu, yakni Suzuki GSX-R150 Shuttered Key yang dilepas Rp 30,6 juta. Lalu Suzuki GSX-R150 Keyless Ignition Rp 31,6 juta. Termahal ada Suzuki GSX-R150 ABS senilai Rp 34,6 juta.

Dimensi Suzuki GSX-R150 2021
 Dimensi (PxLxT)  2.020 x 700 x 1.075 mm
Sumbu Roda  1.300 mm
Tinggi Tempat Duduk  785 mm
Jarak Terendah 160 mm
Bobot Kosong 131 kg
Mesin Suzuki GSX-R150 2021
Tipe  4-tak, DOHC 4 katup, injeksi
Kapasitas Mesin  150 cc
Diameter x Langkah  62 x 48,8 mm
Rasio Kompresi  11,5 : 1
Tenaga Maksimal  18 Hp @ 10.500 rpm
Torsi Maksimal  14 Nm @ 9.000 rpm
Transmisi  Manual 6 speed
Sasis Suzuki GSX-R150 2021
Suspensi Depan  Teleskopik
Suspensi Belakang  Monosok
Rem Depan  Cakram, kaliper 2 piston
Rem Belakang  Cakram, kaliper 1 piston
Ban Depan  90/80-17
Ban Belakang  130/70-17

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki GSX-R150 2021

Sebagai produk yang sudah eksis di Indonesia cukup lama, sudah banyak yang puas menggunakan produk motor sport Suzuki ini. Terutama mereka yang puas akan performa mesin yang ditawarkan, nafas mesinnya terasa panjang dan tak putus-putus.

Tapi tentunya ada beberapa kelemahan yang juga dikeluhkan para penggunanya, yang terkadang membuat mereka jadi tak nyaman mengendarai motor ini. Siapa tahu semuanya bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menebus Suzuki GSX-R150 atau tidak.

Berikut adalah daya tarik Suzuki GSX-R150 2021:

1. Seperti yang telah disebutkan di atas, performa mesinnya memang jempolan. Mesin yang dibawanya berkarakter over bore, sehingga putaran atas mesin terasa panjang dan kecepatan puncak yang bisa diraih juga cukup tinggi, lebih dari 140 km/jam.

2. Fiturnya terbilang lengkap. Ingat, hanya Suzuki GSX-R150 2021 yang memiliki opsi kunci kontak berteknologi tinggi berkat keyless ignition. Selain lebih mudah digunakan, motor juga akan lebih aman dari tangan-tangan panjang.

Suzuki GSX-R150 2021 Andalkan Mesin Bertenaga dengan Harga Terjangkau, Simak Kekurangan dan Kelebihannya 02

Mesin Suzuki GSX-R150 2021 berkarakter over bore.

3. Terkait pengendalian, Suzuki GSX-R150 2021 punya karakter suspensi yang empuk namun stabil. Untuk berkendara sehari-hari redamannya akan nyaman, dan kala dipakai untuk bermanuver di sirkuit motor lebih mudah dikendalikan.

4. Harga jual paling terjangkau loh, jika dibandingkan produk sekelas Suzuki GSX-R150 ini memang lebih terjangkau untuk dimiliki. Ini kesempatan menarik untuk memiliki motor bagus dengan harga bersahabat.

Lantas apa saja kekurangan dari Suzuki GSX-R150 2021 ini?

1. Posisi berkendara akan membuat pengendara cepat lelah. Posisi setang di bawah segitiga atas, membuat posisi badan akan membungkuk. Untuk penggunaan sehari-hari hal ini pastinya jauh dari kata nyaman.

2. Meski motor ini punya performa superior pada putaran atas, nyatanya kinerja pada putaran bawah harus dikorbankan. Untuk lalu lintas padat yang cenderung stop and go, terasa smooth dan efeknya konsumsi bahan bakar lebih boros.

Suzuki GSX-R150 2021 Andalkan Mesin Bertenaga dengan Harga Terjangkau, Simak Kekurangan dan Kelebihannya 03

Suzuki GSX-R150 2021 dengan fitur canggih.

3. Harga jual kembali relatif rendah. Harga bekas Suzuki GSX-R150 emang tak sebaik lawan sekelasnya. Maka jika sudah membeli motor ini sebaiknya digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Kesimpulannya, Suzuki GSX-R150 dari sisi performa dan kelengkapan fitur memang sangat menjanjikan. Apalagi harga jualnya juga terjangkau. Tapi jangan lupakan konsumsi bahan bakar dan harga jual kembali yang kurang menyenangkan.

Suzuki GSX-R150 2021 VS Honda CBR150R VS Yamaha YZF-R15

Segmen sport fairing bermesin 150 cc merupakan segmen yang sempit, namun persaingannya sengit. Suzuki GSX-R150 unggul dengan fitur keyless ignition, rem ABS serta easy start system untuk proses menghidupkan mesin lebih mudah.

Honda CBR150R unggul dengan suspensi depan yang bisa disetel kekerasannya dan juga fitur rem ABS yang dipadukan ESS (emergency stop signal). Ini adalah fitur keselamatan yang baru pertama kali diterapkan pada motor rakitan Indonesia.

Suzuki GSX-R150 2021 Andalkan Mesin Bertenaga dengan Harga Terjangkau, Simak Kekurangan dan Kelebihannya 04

Suzuki GSX-R150 2021 dan kompetitornya.

Maka Yamaha YZF-R15 unggul dari tampilan ala sebuah motor besar. Desain turunan keluarga YZF-R Series, suspensi depan tipe upside down dan lengan ayun tebal dan kokoh menguatkan hal tersebut. Jangan lupakan fitur assist & slipper clutch pada mesinnya.

Berbicara mesin, Suzuki GSX-R150 2021 andalkan penggerak 150 cc, DOHC 4 katup, pendingin cairan, injeksi bahan bakar serta batasan putaran mesin mencapai 13.000 rpm. Mesin tersebut mampu hasilkan tenaga mencapai 18 Hp pada putaran 10.500 rpm, dengan kawalan torsi 14 Nm pada 9.000 rpm.

Sementara Honda CBR150R punya spesifikasi yang sama, 150 cc, DOHC 4 katup, pendingin cairan, injeksi bahan bakar namun dengan karakter mesin square. Capaian tenaga diangka 16,8 Hp pada 9.000 rpm dan torsi 14,4 Nm di 7.000 rpm.

Lantas Yamaha berbeda dengan mesin 155 cc, SOHC 4 katup VVA, pendingin cairan dan injeksi bahan bakar. Tenaganya hingga 19 Hp di 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm di 8.500 rpm. Katup VVA (variable valve actuation) membuat aliran tenaga merata dari putaran bawah sampai atas.

Bagaimana dari sisi harga? Selengkapnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Harga Suzuki GSX-R150, Honda CBR150R, Yamaha YZF-R15
Suzuki GSX-R150

 Rp 30,6 juta (Shuttered Key)

 Rp 31,6 juta (Keyless Ignition)

 Rp 34,6 juta (ABS)

Honda CBR150R

 Rp 35,3 juta (STD)

Rp 36 juta (Racing Red & STD Dominator)

Rp 39,3 juta (ABS)

Rp 40 juta (ABS, Dominator Red & Racing Red)

Rp 40,2 juta (ABS, MotoGP Edition)

Yamaha YZF-R15

 Rp 36,08 juta

Rp 37,685 juta (MotoGP Edition)

Suzuki GSX-R150 2021 Andalkan Mesin Bertenaga dengan Harga Terjangkau, Simak Kekurangan dan Kelebihannya 05

Pilihan warna terbaru Suzuki GSX-R150 2021.

Kesimpulan Akhir Suzuki GSX-R150 2021

Sebagai produk global, jelas gengsi dari Suzuki GSX-R150 2021 cukup tinggi. Performa mesin yang ditawarkan, fitur mumpuni, bobot yang ringan mudah dikendalikan serta harga jual terjangkau pasti menjadi daya tarik untuk menggoda konsumen.

Hanya saja ada beberapa kelemahan yang cukup berpengaruh sebagai pertimbangan, seperti posisi berkendara, konsumsi bahan bakar lebih boros, harga jual yang jatuh dan jaringan bengkel resmi yang banyak tutup menjadi kendala terkait urusan purna jual.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });