window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Mengenang Perjalanan 15 Tahun Yamaha Soul GT, Lahir 2007 Pensiun 2022

Adit · 3 Jul, 2022 13:00

Mengenang Perjalanan 15 Tahun Yamaha Soul GT, Lahir 2007 Pensiun 2022 01

  • Motor matic Yamaha Soul GT sudah disuntik mati per Juni 2022 ini
  • Secara silsilah, Yamaha Soul GT memiliki tiga generasi
  • Yamaha Soul GT termasuk ke dalam keluarga Yamaha Soul dari sejak kemunculannya pada 2007/2008 lalu

Motor matic Yamaha Soul GT dihentikan produksi dan penjualannya per Juni 2022. Saat ini pabrikan tengah berfokus pada line-up matic 125 cc yang ada mencakup Yamaha Lexi, Freego, dan Fazzio sebagai pendatang baru yang sukses di pasaran. 

Penyebab motor ini disuntik mati lantaran pergeseran selera dan preferensi konsumen. Sebelumnya pada Mei 2022, website resmi Yamaha masih menampilkan model ini. Namun di penghujung Juni 2022 lalu, sudah tidak ada lagi motor matic yang memiliki 3 generasi itu.

Mengenang Perjalanan 15 Tahun Yamaha Soul GT, Lahir 2007 Pensiun 2022 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca Juga: Cuma Beda Gocap, Mending Beli Yamaha Gear 125 2022 atau Soul GT AKS SSS 2022 Nih?

Kiprah Yamaha Soul GT

Sedikit mengulas motor ini, awal kemunculan produk ini tak lepas dari model induknya yakni Yamaha Mio. Yamaha Soul GT generasi pertama, merupakan Yamaha Mio generasi kedua dengan sebutan Mio Soul pada 2007/2008. Ciri khasnya menggunakan housing lampu yang besar. 

Secara desain, bentuk keseluruhannya dibuat lebih berkarakter maskulin dan sporty. Revisi desain ini dilakukan setelah Mio pertama yang diproduksi sejak 2003 hingga 2008 dianggap terlalu mewakili preferensi wanita, dengan desain yang imut dan representasi iklannya ditunggangi pengendara perempuan.   

@motofun.indonesia Ada lagi gak sih matic lawas yang punya bagasi gede? #reviewmotor #nmax155 #kymco ♬ suara asli - tongkoltengil

Mesin Yamaha Mio Soul berkapasitas 113,7 cc, SOHC, dan berpengabut karburator besutan Keihin dan pengapian CDI. Tenaga yang diproduksi mencapai 8,9 PS di 8.000 rpm dan torsi 7,8 Nm pada 7.000 rpm.

Baca Juga: Sayonara, Yamaha Stop Produksi Yamaha Nmax 155 Lawas 

Lanjut ke generasi keduanya, sudah menggunakan embel-embel GT, lebih lengkapnya Yamaha Mio Soul GT, yang secara silsilah merupakan generasi Mio keempat dan lahir pada 2012. Buat yang ingat, bagian depannya menggunakan desain lampu angel eye sebagai position lamp. 

Mengenang Perjalanan 15 Tahun Yamaha Soul GT, Lahir 2007 Pensiun 2022 01

Pada model ini juga keseluruhan bodi motor dibuat agresif tapi tetap kompak sesuai rohnya Mio. Adapun untuk basis mesinnya masih berkubikasi 113 cc. Tapi sudah mengusung teknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection atau YMJET-FI sebagai generasi awal mesin injeksi Yamaha. 

Oke lanjut ke generasi terakhirnya yang sudah menyandang nama Yamaha Soul GT dan lahir pada 2015. Pada model ini Yamaha Soul GT merupakan entitas yang berbeda dengan Mio lainnya yang masih eksis sampai sekarang seperti Yamaha Mio S, Mio Z, maupun Mio M3. 

Mengenang Perjalanan 15 Tahun Yamaha Soul GT, Lahir 2007 Pensiun 2022 02

Desain sebelumnya yang sudah agresif, dibuat lebih gahar lagi lewat fascia serupa robot dan lekukan garis tegas nan tajam serba menyiku. Setahun berikutnya pabrikan menyematkan fitur baru Advance Key System (AKS) dan Start Stop System (SSS) untuk menambah nilainya lebih kompetitif. 

Bicara mesinnya dibuat lebih modern lagi dan sudah mengaplikasikan teknologi Blue Core 125 cc, berpendingin udara, 4-tak, SOHC, dan berkonfigurasi satu silinder. Outputnya 9,5 PS di 8.000 rpm dan torsi maksimal 9,6 Nm pada putaran 5.500 rpm. Secara total, umur motor ini 15 tahun. 

Baca Juga: Tampang Gado-Gado, Depan Mio Belakang Soul GT, Begini Matic Baru di Filipina

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });