window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Mesin Yamaha Lexi LX 155 2024 lebih Gres, Aerox dan NMax kudu Sungkem!

Ary · 18 Jan, 2024 20:00

Yamaha Lexi LX 155 2024

Yamaha Lexi naik kelas dengan mesin 155 cc
  • Yamaha Lexi terbaru menggunakan kapasitas mesin serupa Yamaha Aerox dan Yamaha NMax
  • Perancangannya identik dengan mesin NMax
  • Yamaha Lexi LX 155 memiliki power to weight ratio lebih baik

Sempat dianak tirikan, motor ini sekarang bertransformasi dengan sederet perubahan. Satu diantaranya adalah mesin baru yang kini digendong oleh Yamaha Lexi LX 155.

Bukan lagi 125 cc, mesin yang digunakan Lexi LX sekarang berkapasitas 155 cc. Tentunya pula sudah berteknologi Bluecore dan Variable Valve Actuation (VVA). 

Mesin Identik dengan Yamaha NMax

Namun, wajar pula jika muncul anggapan ia mengaplikasi mesin serupa Yamaha Aerox atau Yamaha NMax. Walaupun di atas kertas, lebih identik dengan kepunyaan NMax.

Menukil data spesifikasi pada situs resmi Yamaha Indonesia, baik Lexi LX dan NMax sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 155,09 cc. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Pun dengan bore x stroke di mana perancangannya sama-sama square yaitu 58 x 58,7 mm. Tapi kenyataannya, terdapat perbedaan antar kedua mesin.

Perbedaan Mesin Yamaha Lexi LX 155 

Seperti diterangkan pihak Yamaha Indonesia saat peluncurannya beberapa waktu lalu, mesin Yamaha Lexi LX 155 2024 mendapatkan pengembangan. 

Mesin Yamaha Lexi LX 155 2024

Yamaha Lexi LX menggendong mesin 155 cc terbaru

Baca juga: Yamaha Klaim Tak Ada Lagi Inden dan Tambah Uang Untuk Beli Produknya

Secara garis besar disebutkan pembedanya terletak pada desain camshaft, piston dan head serta jalur oli. Tapi kenyataannya masih ada lagi diferensiasi disuguhkan mesin tersebut.

Misalnya saja terkait jalur oli baru pada crankcase dan blok slinder, dibuat lantaran Lexi LX memakai tensioner adjuster model hidrolik. Selain itu, rasio gearbox Lexi LX 155 juga berbeda dari Yamaha Aerox maupun NMax. 

Pengembangan ini diklaim bertujuan untuk meminimalkan getaran, sekaligus mengoptimalkan torsi pada Yamaha Lexi LX 155.

Giat itu pun terlihat jelas pada sisi performa, di mana torsi Yamaha Lexi LX lebih besar ketimbang dua line up Maxi Yamaha itu. 

Perbandingan Spesifikasi Mesin

 

Yamaha Lexi LX 155 Yamaha NMax 155 Yamaha Aerox 155
Tipe Mesin
Jumlah/Posisi Silinder
Volume Silinder
Diameter x Langkah
Perbandingan Kompresi
Daya Maksimum
Torsi Maksimum
Sistem Starter
Sistem Pelumasan
Kapasitas Oli Mesin
Sistem Bahan Bakar
Tipe Kopling
Tipe Transmisi
Liquid cooled 4-stroke, SOHC , VVA
Single Cylinder
155.09 cc
58 mm x 58.7 mm
11.6 : 1
15,3 Ps / 8000 rpm
14,2 Nm / 6500 rpm
Electric Starter
Wet Sump
0,9 L (Periodical Change)
Fuel Injection
Single Dry Clucth
Tipe Transmisi Automatic
Liquid cooled 4-stroke, SOHC , VVA
Single Cylinder
155.09 cc
58 mm x 58.7 mm
11.6 : 1
15,3 Ps / 8000 rpm
13.9 Nm / 6500 rpm
Electric Starter
Wet Sump
0,9 L (Periodical Change)
Fuel Injection
Single Dry Clucth
Tipe Transmisi Automatic
Liquid cooled 4-stroke, SOHC , VVA
Single Cylinder
155 cc
58 mm x 58.7 mm
11.6 : 1
15,3 Ps / 8000 rpm
13.9 Nm / 6500 rpm
Electric Starter
Wet Sump
0,9 L (Periodical Change)
Fuel Injection
Single Dry Clucth
Tipe Transmisi Automatic

Berdasarkan keterangan di atas, baik Lexi LX 155, Aerox maupun NMax memiliki pencapaian tenaga maksimal setara yaitu 15,3 Ps di 8.000 rpm. 

Namun dari sisi torsi, Yamaha Lexi LX membuat catatan lebih besar yakni 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Sebaliknya untuk Aerox dan NMax menorehkan 13,9 Nm di 6.500 rpm saja. 

Keuntungan Lexi LX dengan torsi besar tadi pun berpengaruh terhadap akselerasi. Terlebih motor ini dirancang dengan bobot lebih ringan ketimbang NMax dan Aerox. 

Bobot Yamaha Lexi LX 155 paling ringan adalah 116 kg, sementara paling berat (varian Connected/ABS) masih 118 kg. 

Timbangan itu masih lebih enteng daripada Yamaha Aerox serta Yamaha NMax. 

Yamaha Lexi LX 155 Power to Weight Ratio

Yamaha Lexi LX 155 memiliki power to weight ratio lebih baik daripada Aerox dan NMax

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Yamaha Lexi LX 155 dan Honda Vario 160, Siapa Unggul?

Bisa dipastikan bahwa Yamaha Lexi memiliki power to weight ratio terbaik. Sebagai contoh pembanding, mari kita hitung dari unit dengan bobot paling berat (Connected/ABS) pada masing-masing model. Rumus menghitung PWR adalah Tenaga (Ps):Bobot (Kg)=...Ps/Kg.

Power to Weight Ratio (PWR)
Yamaha Lexi LX 155  Yamaha Aerox 155 Yamaha NMax 155
0,13 Ps/Kg 0,12 Ps/kg  0,11 Ps/Kg

Dalam penghitungan ini, semakin besar angkanya maka semakin baik PWR dari sebuah motor. Terlihat pula jika Lexi LX punya hasil lebih besar.

Sebenarnya, ada pula cara hitung lebih mudah yaitu Bobot (Kg) : Tenaga (Ps). Di sini justru angka terkecil lah yang lebih baik secara PWR-nya. Mari kita hitung:

  1. Yamaha NMax Connected/ABS: 132 Kg : 15,3 Ps= 8,62 Kg/Ps.
  2. Yamaha Aerox Connected/ABS: 125 Kg : 15,3 Ps= 8,16 Kg/Ps.
  3. Yamaha Lexi LX 155 Connected/ABS: 118 Kg : 15,3 Ps= 7,71 Kg/Ps.

Kami ambil contoh dari penghitungan PWR Yamaha Lexi LX 155, di mana ia butuh menarik beban sebesar 7,71 kg setiap keluaran tenaga 1 Ps. 

Dalam pemahaman ini, bobot paling enteng lah yang lebih baik. Lantaran memiliki catatan paling ringan, maka PWR dari Lexi LX paling unggul dibanding dibanding NMax dan Aerox.

Selain unggul dari sisi performa, jangan lupa bahwa Yamaha Lexi LX 155 tetap menjadi line up Maxi Yamaha termurah. 

Matic Yamaha ini ditawarkan mulai dari Rp25.530.000 untuk tipe Standard, Rp26.850 tipe S Version dan Rp29.900.000 pada versi Connected/ABS. 


 

 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });