window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Produsen Motor Listrik Alva Dapat Suntikan Dana Hingga Rp 766 Miliar!

Ilham · 22 Agu, 2023 12:30

Motor listrik Alva

Motor listrik Alva.
  • Pendanaan Seri B dipimpin Horizons Ventures.
  • Suntikan dana digunakan untuk pengembangan jaringan.

Pekan ini PT Ilectra Motor Group sebagai produsen motor listrik Alva mengumumkan telah menyelesaikan penggalangan dana Seri B. Total dana yang didapat hingga USD 50 juta atau setara Rp 766 milar. 

Putaran pendanaan ini mencakup semua investor terdahulu di bawah pimpinan Horizons Ventures. Sedangkan investor yang baru mencakup HH-CTBC Partnership L.P. (Foxconn Co-GP Fund).

Investor baru selain Foxconn Co-GP fund yaitu Brama One Ventures. Seluruh investor akan bekerja sama dengan induk dari Alva yakni Indika Energy untuk mengembangkan motor listrik tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Hasil dari pendanaan Seri B akan digunakan untuk terus mengakselerasi pengembangan produk Alva. Serta memperluas jaringan untuk melayani lebih banyak konsumen di seluruh Indonesia.

“Indika Energy menyambut baik kerja sama dengan mitra-mitra luar biasa untuk mendukung tujuan kami menyediakan ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif di Indonesia,” tutur Azis Armand, Vice President Director dan Group CEO Indika Energy. 

Baca Juga: Tergoda Alva Cervo? Tenang, Cicilannya Mulai Rp 700 Ribuan Doang!

Potensi Besar Pasar Motor Listrik Indonesia

Menurut Azis, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan kendaraan listrik. 

Sehingga pihaknya perlu terus berinovasi dan mengembangkan Alva, serta memperluas pasarnya di seluruh Indonesia.

Produsen Motor Listrik Alva Dapat Suntikan Dana Hingga Rp 766 Miliar! 01

Booth Alva di GIIAS 2023

Pasar kendaraan listrik roda dua diproyeksikan tumbuh pesat karena harganya sebanding dengan motor berbahan bakar bensin. Namun, biaya operasional motor listrik jauh lebih rendah.

Selain itu, eksistensi motor listrik juga didukung oleh peran aktif pemerintah dalam mendorong elektrifikasi, menyediakan infrastruktur dan mempromosikan konversi kendaraan listrik.

Baca Juga: Beli Motor Listrik Alva Diskon Rp 7 Juta, Pengiriman Unit cuma 3 Hari

Di sisi lain, Indonesia saat ini memiliki penetrasi kepemilikan kendaraan roda dua tertinggi di dunia. Detailnya, sekitar 42 persen, berdasarkan jumlah kendaraan yang dimiliki per 100 penduduk.

Dengan potensi yang besar tersebut, IMG memasang target besar untuk menjadi pemain kendaraan listrik roda dua terkemuka di Indonesia.

Produsen Motor Listrik Alva Dapat Suntikan Dana Hingga Rp 766 Miliar! 02

“Alva berusaha menyediakan produk berkualitas tinggi yang disesuaikan untuk konsumen Indonesia di semua aspek transportasi perkotaan termasuk performa, jangkauan baterai dan keselamatan," kata Purbaja Pantja, Direktur Utama dan CEO PT Ilectra Motor Group. 

Fasilitas Alva di Indonesia

Memanfaatkan kemampuan R&D yang dibangun sejak awal, IMG meluncurkan model kedua produk sepeda motor listriknya yaitu Alva Cervo pada Mei 2023. Produk ini dijual bersama Alva One untuk memperkuat penetrasi pasar.

Produsen Motor Listrik Alva Dapat Suntikan Dana Hingga Rp 766 Miliar! 03

Alva Cervo

Motor Listrik Alva juga dibangun secara lokal di fasilitas manufaktur IMG di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik ini telah beroperasi sejak kuartal keempat tahun 2022 dengan total kapasitas 100.000 unit per tahun. 

Tak ketinggalan, ada Alva Experience Center di SCBD, Jakarta, serta Alva Studio di Mall Bali Galeria, Bali. Kedua showroom telah beroperasi penuh untuk mendukung brand experience konsumen, penjualan meliputi layanan purna jual.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });