window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Selisih Rp 1 Jutaan, Ini Perbedaan Alva One dan Alva Cervo

Fariz · 25 Agu, 2023 12:30

Selisih Rp 1 Jutaan,  Ini Perbedaan Alva One dan Alva Cervo 01

Alva Cervo (kiri) dan Alva One (kanan)
  • Alva One punya desain khas yang elegan dan premium.
  • Alva Cervo tampil dengan aura sporty dan aktif yang kental.
  • Keduanya bisa dipantau melalui aplikasi ALVA Mobile App.

PT Ilectra Motor Group (IMG) yang merupakan bagian dari Indika Energy makin serius untuk mengembangkan sepeda motor listrik di Indonesia melalui brand Alva.

Tercatat sejak pertama kali diperkenalkan pada Gaikindo Indonesia International Auto  Show  (GIIAS) 2022 hingga saat ini, sudah ada 2 tipe motor listrik yang dihadirkan Alva. Tipe pertama ada Alva One dan kedua adalah Alva Cervo.

Keduanya memiliki desain serta fitur berbeda guna menyesuaikan konsep yang diusung. Dengan begitu, calon pembeli motor listrik Alva mendapatkan pilihan lebih beragam.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Alva One hadir dalam 5 pilihan warna mulai dari Halo White, Supernova Black, Indie Red, Casual Blue dan Edgy Turquoise. Harganya Rp 36,490 juta untuk on the road Jabodetabek.

Selisih Rp 1 Jutaan,  Ini Perbedaan Alva One dan Alva Cervo 01

Alva One dengan dimensi besar yang elegan seperti PCX

Baca juga: Tergoda Alva Cervo? Tenang, Cicilannya Mulai Rp 700 Ribuan Doang!

Selisih Rp 1 Jutaan,  Ini Perbedaan Alva One dan Alva Cervo 02

Alva Cervo terkesan lebih gambot dan sporty

Lalu untuk Alva Cervo juga memiliki 5 opsi kelir seperti Edgy Turquoise, Halo White, Supernova Black, Mars Cooper dan Nebula Green.

Model ini dijual Rp 37,750 juta untuk 1 baterai. Sementara varian dua baterai dipasarkan harga Rp 42,750 juta (on the road Jabodetabek).

Bilamana membandingkan antara Alva One dan Alva Cervo tipe satu baterai, harganya cuma selisih Rp 1 jutaan tepatnya Rp 1,260 juta saja. 

Lantas, apa saja yang didapat calon pembeli dari  perbedaan harga tersebut? Berikut ini ulasannya?

Desain Bertolak Belakang

Hal utama yang paling terlihat tentu saja dari desain. Kedua motor ini punya tampilan yang cukup bertolak belakang. 

Alva One memberikan kesan eksklusif yang elegan serta mewah. Dimensinya pun bisa dikatakan hampir mirip dengan Honda PCX 160 yang mana punya ruang kaki pengendara luas untuk meluruskan kaki.

Sementara tampilan belakangnya jadi salah satu sorotan karena menggunakan dinamo hub drive, namun dengan pelek terpisah.

Selisih Rp 1 Jutaan,  Ini Perbedaan Alva One dan Alva Cervo 03

Desain reflektor One lebar dengan DRL

Baca juga: Opsi Motor Listrik Rp 40 Jutaan, Ada Honda EM1 e: dan Alva Cervo!

Selisih Rp 1 Jutaan,  Ini Perbedaan Alva One dan Alva Cervo 04

Cervo pakai model lampu utama terpisah

Ini karena antara pelek dan mesin listriknya digabungkan menggunakan 4 buah baut pengunci. Ini tentu menguntungkan karena momen penggantian ban jadi lebih mudah.  Suguhan demikian juga membuat Alva One selayaknya motor sport dengan single side swing arm-nya.

Sementara tampangAlva Cervo jauh lebih sporty dengan dominasi lekuk tajam pada sekujur bodi. Aura racy dari produk terbaru Alva ini pun begitu kental lantaran mengedepankan sisi aerodinamika.

Untuk bodi belakang terkesan pendek karena roda belakangnya keluar hampir setengah ban dari ujung bodi belakang. Kesan padat pun diberikan dengan penggunaan ban gambot, baik di depan maupun belakang.

Fitur & Teknologi

Urusan fitur, paling terlihat dari kedua motor ini adalah penggunaan LED di seluruh sektor penerangan. Bahkan lampu utamanya menggunakan beberapa lensa untuk memberikan output cahaya lebih luas dan fokus.

Selisih Rp 1 Jutaan,  Ini Perbedaan Alva One dan Alva Cervo 05

Spidometer Cervo lebih atraktif

Baca juga: Alva Tawarkan Program Trade In dan Diskon Untuk Motor Listrik Selama GIIAS 2023

Selisih Rp 1 Jutaan,  Ini Perbedaan Alva One dan Alva Cervo 06

Spidometer One juga sudah full digital

Sistem kunci kontak pada Alva One masih menggunakan kunci konvensional dengan penutup magnet. Namun, terdapat remote tambahan sebagai fitur alarm sebagai perangkat safety tambahan. Berbeda dengan Alva Cervo yang sudah menggunakan smart key system.  

Kedua motor listrik ini dibekali panel meter full digital cukup lebar. Isi informasinya pun bisa dipantau dengan jelas karena punya ukuran angka yang juga besar.

Keduanya pun sudah dibekali rem cakram untuk depan maupun belakang. Bahkan, terdapat fitur CBS yang membuat porsi pengereman lebih merata terutama saat melakukan pengereman keras.

Selisih Rp 1 Jutaan,  Ini Perbedaan Alva One dan Alva Cervo 07

Fitur keyless pada Cervo

Baca juga: Setahun Alva di Indonesia, Sukses Capai Penjualan Ribuan Unit

Selisih Rp 1 Jutaan,  Ini Perbedaan Alva One dan Alva Cervo 08

One pakai dinamo hub drive yang terpisah dengan pelek

Salah satu fitur andalan dari Alva yang disematkan pada kedua produknya adalah motor listrik yang terintegrasi dengan aplikasi pada smartphone. Dengan begitu seluruh aktivitas dan kondisi motor bisa terpantau dengan mudah.

Pengendaranya atau pemiliknya cukup mengunduh aplikasi ALVA Mobile App. Pemilik cukup  melengkapi beberapa data untuk dapat menghubungkan sepeda motor dengan aplikasi tersebut.

Baterai

Pembeda lain antara keduanya terletak pada baterai. Alva One dibekali satu buah baterai Lithium-ion berspesifikasi 60 V 45 Ah. Jarak tempuhnya diklaim mencapai 70 km, sementara durasi pengisian ulang baterainya berlangsung sekitar 4 jam.

Berbeda dengan Alva Cervo yang menggunakan baterai Lithium-ion 73,8 V24 Ah. Khusus model ini mendapatkan pilihan satu baterai dan dua baterai. Untuk varian pengguna baterai double diklaim sanggup menempuh jarak 125 km. Menariknya, untuk kedua baterainya bisa diisi ulang selama 4 jam saja. 

Mid Drive & Hub Drive

Pembeda lain pada kedua motor ini ada pada sistem penggerak.  Alva One menggunakan mesin listrik hub drive yang langsung terpasang atau menempel pada roda belakang.

Selisih Rp 1 Jutaan,  Ini Perbedaan Alva One dan Alva Cervo 09

Ada opsi 2 baterai untuk Cervo

Baca juga: Alva Cervo Jadi Motor Listrik Kraton Mangkunegaran Surakarta

Selisih Rp 1 Jutaan,  Ini Perbedaan Alva One dan Alva Cervo 10

Keduanya bisa dipantau melalui aplikasi

Sedangkan Alva Cervo menggunakan mesin listrik model mid drive. Posisinya yang berada di tengah membuat Cervo membutuhkan belt dan pulley untuk meneruskan tenaga ke roda belakang.

Perbedaan kapasitas baterai dan spesifikasi mesin listrik membuat keduanya punya ‘muntahan’ tenaga berbeda, Alva One klaimnya memiliki torsi maksimal 46,5 Nm dengan rate power 4 kW serta klaim kecepatan tertingi 90 km/jam.

Untuk Alva Cervo klaimnya punya torsi maksimal 53,5 Nm dengan max power 9,88 kW. Klaimnya punya kecepatan tertinggi mencapai 103 km/jam dengan 3 pilihan riding modes(Eco, Urban, Sport) dan Boost Button untuk tambahan tenaga instan.

Dengan begitu, rasanya Alva One cocok untuk mereka yang ingin tampil elegan dan premium, sedangkan Alva Cervo bagi mereka yang punya jiwa sporty dan aktif.

Diskon Rp 7 Juta Hingga Trade In

Tidak ingin ketinggalan momen kemeriahan pameran GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show) 2023, pabrikan motor listrik ini turut andil dan memberikan beragam promo menarik selama pameran dan pasca pameran.

Selisih Rp 1 Jutaan,  Ini Perbedaan Alva One dan Alva Cervo 11

Booth Alva di GIIAS 2023 dengan dua produk andalannya

Baca juga: Produsen Motor Listrik Alva Dapat Suntikan Dana Hingga Rp 766 Miliar!

Selisih Rp 1 Jutaan,  Ini Perbedaan Alva One dan Alva Cervo 12

Beragam promo menarik Alva

Promo utama yang cukup menarik adalah diskon atau potongan harga hingga Rp 7 juta yang hanya berlaku untuk satu nomor KTP.

Untuk calon konsumen yang ingin beli secara kredit ada bunga 0% untuk cicilan hingga 36 bulan dan diskon mencapai Rp 2 juta untuk sejumlah lembaga pembiayaan.

Calon konsumen yang minat dengan produk Alva juga bisa melakukan trade in atau tukar tambah dengan mudah, nantinya motor bekas konsumen akan dibeli dengan harga yang disepakati.

Promo lain adanya program bersama Adira Finance untuk potongan uang muka sampai Rp 4 juta dan hadiah langsung jaket tiap pembeli Alva One dan box untuk pembeli Alva Cervo.

"Karena banyaknya permintaan, maka kami memutuskan untuk memperpanjang promo diskon Rp 7 juta, bahkan berlaku di semua lokasi penjualan resmi Alva di luar GIIAS. Sehingga bisa lebih banyak konsumen yang bisa mendapatkan manfaat serupa meskipun tidak hadir di GIIAS," ujar Putu Yudha, Chief Marketing Officer Alva.

Sudah gak bingung lagi kan?

Spesifikasi
Alva One   Alva Cervo
1.960 mm x 755 mm x 1.200 mm P x L x T: 1.933 mm x 713 mm x 1.115 mm
1.370 mm Panjang sumbu roda 1.343 mm
135 mm Jarak terendah ke tanah 140 mm
Hub drive Tipe mesin Mid drive
4 kW / 5,4 ps Rated power -
- Max power 9,8 kW
46,5 Nm Torsi maksimal 53,5 Nm
90 km/jam Top speed 103 km/jam
70 km (1 baterai) Jarak tempuh 125 km (2 baterai)
Lithium Ion Tipe baterai Lithium Ion
60 V - 45 Ah (2,7 kWh) Kapasitas baterai 73,8 V - 24 Ah (1,8 kWh)
4 jam (1 baterai) Lama pengisian baterai 4 jam (2 baterai)
90/90-14 Ban depan 110/80-14
110/80-14 Ban belakang 140/70-14
Cakram dengan CBS Pengereman Cakram dengan CBS
Teleskopik Suspensi depan Teleskopik
Monoshock Suspensi belakang Monoshock

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });