window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Suzuki Address Makin Bertenaga, Modal Rp 70 Ribuan Ganti Part Ini!

Fariz · 7 Jul, 2023 16:00

Suzuki Address Makin Bertenaga, Modal Rp 70 Ribuan Ganti Part Ini! 01

Belalai filter udara Suzuki Address
  • Udara yang lebih masuk menjadi lebih banyak.
  • Membuat tenaga mesin lebih padat dan 'nafas' panjang.

Cuma mengganti belalai filter udara bisa bikin motor kalian, termasuk Suzuki Address jadi lebih bertenaga?

Udara, bahan bakar, kompresi, dan percikan api jadi bahan baku dasar untuk sebuah mesin bisa dapat hidup serta menghasilkan tenaga.

Perbandingan dari elemen tersebut dapat menentukan karakter tenaga mesin, maka tak heran pabrikan berlomba-lomba membuat campuran ketiganya agar menghasilkan mesin yang efisien.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Untuk itu jika ingin menaikkan atau mengubah karakter tenaga mesin, bisa mengatur ulang campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar melalui berbagai cara.

Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengganti lubang masuk udara ke filter udara pada Suzuki Address bisa jadi salah satunya.

Baca juga: Ada V-Strom 250 SX, Suzuki Bawa Tema Petualang di Jakarta Fair 2023

Suzuki Address Makin Bertenaga, Modal Rp 70 Ribuan Ganti Part Ini! 01

Belalai filter udara orisinal Suzuki Address punya diameter kecil

“Pakai belalai filter udara dari motor lain yang lubang udaranya lebih luas dibanding bawaan, dengan begitu udara yang masuk ke filter akan lebih banyak."

"Harga barang Rp 75 ribu, kalau sama ongkos pasang jadi Rp 100 ribu,” sebut Ikhsan Jumaris dari Yons Motor.

Alat Sederhana

Untuk mengganti belalai filter udara pada Suzuki Address, hal pertama tentu terlebih dulu melepas 8 buah baut penutup filter udara menggunakan obeng plus atau kembang.

Setelah itu lepas pengait belalai udara standar, kemudian tarik keluar secara perlahan, bisa dilihat kalau dimensi lubang udara ini tidak terlalu besar dengan desain bulat.

Suzuki Address Makin Bertenaga, Modal Rp 70 Ribuan Ganti Part Ini! 02

Celah perlu dilem agar tidak ada kebocoran udara

Kemudian masukan belalai filter udara yang lebih besar, namun karena ada perbedaan desain maka akan ada sedikit celah antara belalai filter udara dengan penutup filter udara Address.

Baca juga: Punya Warna Baru, Harga Suzuki Satria F150 2023 Malah Turun!

“Solusinya perlu dikasih lem di setiap celahnya, tujuannya biar gak ada kebocoran udara dari celah ini."

"Habis itu karena gak ada pengait seperti belalai bawaan, jadi perlu diikat pakai kabel ties biar lebih kuat gak goyang atau lepas,” sambung pria yang bengkelnya ada di bilangan Citayem, Depok.

Setelah terpasang bisa dilihat kalau kini lubang udara yang masuk ke filter udara menjadi lebih besar dibanding sebelumnya, desainnya lebih pipih namun tinggi membentuk oval.

Suzuki Address Makin Bertenaga, Modal Rp 70 Ribuan Ganti Part Ini! 03

Belalai baru diikat menggunakan kabel ties agar lebih kuat

Efek di Suzuki Address

Tentu dengan belalai yang lebih besar, akan membuat udara yang masuk ke boks filter udara dan disedot ke ruang bakar akan lebih banyak dibanding sebelumnya.

Hasilnya membuat saluran tenaga terasa lebih padat jika dibanding sebelumnya, kemudian tentu saja ‘nafas’ mesin terasa lebih panjang, tidak terlalu ‘menjerit’ di putaran tinggi.

Baca juga: Suzuki Nex II Bisa Pasang Rem Parkir, Comot Part Punya Address!

Suzuki Address Makin Bertenaga, Modal Rp 70 Ribuan Ganti Part Ini! 04

Asupan udara ke ruang bakar menjadi lebih banyak

“Tapi karena udara yang masuk lebih besar dari sebelumnya, tentu kotoran yang masuk ke boks filter udara juga jadi lebih banyak."

"Jadi harus rajin-rajin cek, bersih-bersih, dan ganti filter udara kalau kotoran sudah menumpuk,” wantinya. Minat pasang juga?

Yons Motor : 0813-1115-7878

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });