window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Suzuki GSX-R150 Tampil Sporty, Fokus Modifikasi Kaki-Kaki

Fariz · 2 Mei, 2023 11:30

Suzuki GSX-R150 Tampil Sporty, Fokus Modifikasi Kaki-Kaki 01

Suzuki GSX-R150 tampil lebih sporty
  • Modifikasi fokus di area kaki-kaki.
  • Pakai basic pelek untuk Kawasaki Ninja 150.
  • Swing arm khusus kolaborasi 902 Garage dengan RD Racing.

Rata-rata motor Suzuki di Indonesia tidak memiliki komponen aftermarket, karenanya cukup menyulitkan bagi mereka yang senang modifikasi. Beda dengan Yamaha atau Honda yang punya banyak sekali komponen aftermarket.

Mulai dari bodi hingga kaki-kaki banyak sekali pilihan part dengan berbagai merek. Karena itu bagi pemilik Suzuki harus pintar-pintar memutar otak untuk bisa tampil kece dengan keterbatasan komponen yang ada.

Hal ini membuat Yusa Firdaus dari 902 Garage berpikir membuat part untuk Suzuki GSX-R150. Caranya dengan membeli sebuah GSX-R150 lansiran 2017 yang kemudian dimodifikasi dan dicustom sebagai bahan riset 902 Garage.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

“Ini juga jadi salah satu cara membantah juga, karena di bengkel biasanya garap sport Honda terus. Gua ngerasa di sini ada peluang, jadi bikin part yang memang belum ada di pasaran untuk si GSX-R150,” buka Yusa.

Fokus Kaki-Kaki

Suzuki GSX-R150 Tampil Sporty, Fokus Modifikasi Kaki-Kaki 01

Tampil proper untuk sebuah sport fairing 150 cc

Baca juga: Persiapan Arus Balik, Ketahui 10 Titik Bengkel Siaga Suzuki Motor Ini

Bengkel milik Yusa ini memang fokus di area kaki-kaki, jadi modifikasi GSX-R150 ini pun fokus bermain di area tersebut. Dimulai dengan mengganti sepasang peleknya menggunakan VRossi tipe Mamba.

Untuk bisa terpasang di GSX-R150, harus ada penyesuaian pada bushing roda. Dengan begitu pelek ini akan terpasang secara presisi tanpa miring juga mentok. Namun Yusa memiliki alasan tersendiri memasang VRossi tipe Mamba yang aslinya untuk Kawasaki Ninja 150 series ini.

“Sebenarnya ada yang untuk Suzuki, tapi secara model kurang. Makanya ambil tipe ini yang model palangnya kaya OZ Racing tipe Piega. Selain itu lebarnya pas buat motor 150 cc, gak over.”

Suzuki GSX-R150 Tampil Sporty, Fokus Modifikasi Kaki-Kaki 02

Cakram pakai adaptor agar bisa terpasang

“Depan lebar 2.15 inci dan belakang sedikit downgrade, dari aselinya GSX-R150 3,5 inci jadi 3 inci. Set up ban juga gak beda dari standar, pakai 90/80-17 depan dan 130/170-17 belakang bikin komposisinya pas dengan motornya,” rinci pria yang bengkelnya ada di bilangan Rawa bebek, Bekasi ini.

Kemudian salah satu yang mengganjal dari tampilan GSX-R150 adalah desain swing arm, bentuknya yang kotak terlihat kurang cocok untuk motor sport fairing. Karenanya Yusa bekerja sama dengan produsen swing arm untuk menyelesaikan hal ini.

Suzuki GSX-R150 Tampil Sporty, Fokus Modifikasi Kaki-Kaki 03

Swing arm lebih kekar untuk GSX-R150

Baca juga: Akhirnya Rilis, Harga Suzuki V-Strom 250 SX Gak Sampai Rp 60 Juta!

Hasil kolaborasi 902 Garage dan RD Racing sebagai produsen swing arm menghasilkan swing arm keren untuk GSX-R150. Desainnya lebih kekar, seperti milik R15 namun dibuat plug and play untuk GSX-R150.

Suzuki GSX-R150 Tampil Sporty, Fokus Modifikasi Kaki-Kaki 04

Segitiga orisinal repaint silver sehingga desainnya lebih terlihat

“Ukuran swing arm dibuat sama dengan bawaan GSX-R150, yang beda ada di setelan rantai yang lebih mundur. Jadi gak bisa pakai rantai bawaan, mesti ganti ke rantai 128 mata sudah cukup, selebihnya tinggal pasang saja,” tambahnya.

Upgrade Pengereman

Sektor kaki-kaki yang sudah kece dibarengi dengan modifikasi pada pengereman. Modifikasi cukup banyak ada pada pemasangan cakram, karena membutuhkan adaptor agar cakram semi-floating dari Delkevic ukuran 320 mm bisa terpasang.

Suzuki GSX-R150 Tampil Sporty, Fokus Modifikasi Kaki-Kaki 05

Knalpot custom berbahan carbon fiber

Penggunaan adaptor ini dikarenakan ada perbedaan baut yang digunakan. Di pelek menggunakan baut 4 dan cakram yang digunakan pakai baut 5, jadi wajar membutuhkan adaptor untuk menghubungkan dua komponen ini.

Baca juga: Begini Tampang Baru Suzuki Gixxer SF 250 2023, Apa yang Beda?

“Gua ngerasa motor sport pakai cakram baut 4 itu kurang keker aja gitu kan, makanya pakai cakram ini. Habis itu pakai kaliper KTC Kytaco 4 piston dan bracket buatan 902 Garage berbahan besi.”

Suzuki GSX-R150 Tampil Sporty, Fokus Modifikasi Kaki-Kaki 06

Visro bubble smoke dan spion bikin tampilan dengan lebih sporty

“Rasanya sudah cukup pakai bahan besi buat segmen ini, lebih murah tapi lebih kuat dibanding aluminium murah malah tapi dratnya gampang rusak,” tunjuk Yusa. Untuk yang belakang pakai cakram PSM 220 mm diapit kaliper RCB 2 piston.

Bodi Airbrush

Selesai di area kaki-kaki, bodi juga kena sentuh modifikasi dengan full airbrush menggunakan motif Suzuki 100Th Anniversary. Pakai kombinasi warna putih, biru dongker, dan sedikit striping merah.

Kemudian ada penggantian windhsield warna smoke dengan bentuk bubble dan spion MHR yang lebih sporty. “Segitiga atas masih orisinal tapi repaint silver, bentuknya yang cakep jadi lebih kelihatan deh.”

Suzuki GSX-R150 Tampil Sporty, Fokus Modifikasi Kaki-Kaki 07

Tangki kena semprot airbrush

“Knalpot pakai pipa Pro Liner tapi silencer import, bahannya dry carbon dan ada DB Killer di dalamnya. Saat ini sih project udah selesai, rencana mau dijual Rp 25 juta kondisi seperti ini,” tutup Yusa.

Ada yang berminat?

902 Garage: 0856-9213-9629

Data Modifikasi Suzuki GSX-R150
Bodi Full airbrush Suzuki 100 Th Anniversary Livery
Pelek V.Rossi 2.15 x 17 inci & 3.00 x 17 inci
Gir set SSS
Ban depan Pirelli Diablo Rosso Sport 90/80-17
Ban belakang Pirelli Diablo Rosso Sport 130/70-17
Cakram Delkevic semi-floating 320 mm
Cakram belakang PSM 220 mm
Swing arm RD Racing by 902 Garage
Knalpot Custom matte carbon silencer, header Pro Liner
Hanger knalpot SRP
Footstep underbone SRP
Kaliper depan KTC Kytaco 4P
Kaliper belakang RCB 2P
Slang rem TDR carbon
Master rem KTC Kytaco
Master kopling KTC Kytaco
Cover kiprok Carbon SRP
Handgrip Domino
Visor Smoke aftermarket

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });