window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Yamaha XMax Tech Max Pakai Jok Mahal, Nyaman buat Touring?

Ary · 20 Des, 2023 13:30

Yamaha XMax Tech Max Bali

Yamaha XMax Tech Max hadir di Bali
  • Jok menjadi item paling mahal dari Yamaha XMax Tech Max.
  • Bukan sekadar aksesoris, struktur jok dari XMax Eropa ini juga mendukung buat touring.

Beberapa aksesoris ditawarkan Yamaha XMax Tech Max sebagai diferesiasi. Salah satunya jok yang menjadi item paling mahal dalam daftar produk pendukung XMax tertinggi ini. 

Bertepatan pula dengan kehadirannya di Bali, Yamaha Indonesia pun mengundang Autofun.co.id untuk merasakan langsung perbedaan dari Yamaha XMax 250 satu ini. 

Fokus kami lantas mengarah kepada jok XMax Tech Max yang notabene sudah tersedia lebih dulu di pasar Eropa.

Jok Yamaha XMax Tech Max

Desain jok Yamaha XMax Tech Max

Baca juga: Kredit Yamaha XMax Tech Max 2024, Uang Muka Mulai Rp 7,13 Juta

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sekilas pandang, penawaran dari penopang bokong XMax terbaru ini memang berbeda dengan XMax Connected standar. 

Jok Yamaha XMax Tech Max memiliki tarikan garis nan tegas. Hal tersebut diperkuat lagi dengan terapan berupa jahitan berwarna cokelat. 

Sebagai pembeda, disematkan pula semacam cover pada area lumbar support. Sementara untuk yang lainnya, tetap sama dengan jok XMax standar. 

Misalnya saja dari bentuk hingga ketinggian jok, di mana sama-sama disetel 795 mm. 

Meski begitu, perbedaan dari jok tersebut cukup signifikan. Material dan konstruksinya optimal mendukung posisi duduk pengendara.

Yamaha XMax Tech Max

Meski beda desain, tinggi joknya tetap sama dengan versi standar

Baca juga: Terpaut Rp 19 Jutaan, Fitur Yamaha XMax Tech Max Kalahkan Honda Forza?

Dalam artian lebih empuk ketimbang milik XMax standar. Namun, cover jok maupun busanya tidak amblas ketika diduduki. 

Tentu saja hal ini berpengaruh manakala motor dipakai touring. Dengan jarak sekitar 200 km, menurut kami lebih dari cukup untuk merasakan impresi dari jok seharga Rp4 juta ini. 

Eksplorasi Wilayah Timur Bali

Sekadar informasi, touring di Bali ini juga digagas bertepatan dengan 1 tahun kehadiran XMax generasi terbaru (Connected). 

"Itulah sebabnya hari ini juga kami mengajak puluhan member komunitas Maxi untuk melakukan fun touring mengeksplorasi keindahan pulau Bali bagian Timur. Dan spesialnya, pada touring ini kami telah siapkan juga 5 unit XMax Tech Max untuk dijajal performa dan keyamanan berkendaranya," kata Andreas Tjahjadi selaku Chief Yamaha Area DDS Bali, Sabtu (17/12/2023).

Rute touring kami selama di Pulau Dewata terbilang variatif. Meliputi dataran rendah sampai dataran tinggi dan jalan dengan tikungan-tikungan tajam. 

Test Ride Yamaha XMax Tech Max Bali

Meski lebih empuk, jok XMax Tech Max tetap memberikan stabilitas berkendara yang optimal

Baca juga: Yamaha XMax Tech Max lebih Mahal, Ini Alasannya

Mengambil titik keberangkatan dari Yamaha Flagship Shop Denpasar, rombongan langsung mengarahkan perjalanan ke Pura di Kintamani yang memiliki jalur dataran tinggi khas pegunungan Batur.

Giat riding dilanjut ke wilayah Karang Asem dengan mengitari area kaki Gunung Batur. Termasuk juga garis pesisir Pantai di wilayah Amed yang terkenal sebagai salah satu spot sunset terbaik Pulau Dewata. Setelah itu, rombongan pun kembali lagi ke Yamaha DDS Bali.

Impresi Berkendara XMax Tech Max

Menyambung ihwal impresi berkendara khususnya jok, ternyata tidak mengganggu stabilitas. Dalam hal ini, empuknya tidak membuat bokong lantas mudah bergeser utamanya ketika melahap tikungan. 

Di sini sekaligus pula kami mencoba pengaplikasian salah satu aksesoris XMax Tech Max. Pada pijakan kaki depan terdapat plat aluminium yang nyatanya memiliki dampak positif. 

Konsumsi BBM Yamaha XMax

Total jarak tempuh dan konsumsi BBM Yamaha XMax Tech Max setelah touring di Bali

Baca juga: Masuk Bali, Yamaha XMax Tech Max Beda Rp750 Ribu

Item ini tidak membuat kaki selip bahkan bergeser. Pasalnya, terdapat material karet pada bagian tengah tatakan tersebut.

Setibanya lagi di Yamaha DDS Bali, Autofun.co.id sendiri menuntaskan perjalanan sehari ini dengan total jarak tempuh 223,3 km.

Untuk informasi pula, konsumsi bahan bakar dari Yamaha XMax Tech Max bawaan kami adalah 34,4 km/liter. Catatan ini kami dapat juga dengan melewati kondisi jalan stop and go. 

Mengenai perbedaan lain dari XMax Tech Max selain jok dan plat pijakan kaki, ada emblem dan hand grip bertuliskan Tech Max. Kemudian cover lid atau konsol dan warna baru yakni Magma Black.

Total ada 6 perbedaan yang ditawarkan Yamaha XMax Tech Max dari XMax versi standar. Sedangkan untuk harga, versi tertinggi ini dijual Rp71,3 juta (OTR Jakarta) atau Rp72.050 juta untuk wilayah Bali.

Tertarik sama unit atau aksesorisnya nih? 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });