window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

3 Hal Menarik Chery Omoda 5, Modal Kuat Lawan Honda HR-V

Yongki Sanjaya · 22 Feb, 2023 13:30

3 Hal Menarik Chery Omoda 5, Modal Kuat Lawan Honda HR-V 01

Chery Sales Indonesia selaku pemegang merek brand Chery terus memperkuat lini produknya di Indonesia. Bertepatan pada ajang otomotif IIMS 2023, Chery memperkenalkan sosok Chery Omoda 5 pada publik. Melihat segmentasinya, mobil ini akan menjadi lawan baru Honda HR-V di kelas crossover.

Chery OMODA 5 type RZ dijual dengan harga IDR 398,000,000, sementara tipe Z dijual pada harga IDR 328,000,000. Harga tersebut hanya akan berlaku untuk pre-booking selama IIMS 2023.

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sekilas soal mobil ini, Omoda 5 hadir dengan konsep desain futuristik berdasarkan filosofi “Art in Motion”. Kesan futuristik OMODA 5 diperlihatkan melalui motif gril depan tanpa frame. Kemudian untuk pencahayaan memakai lampu jensi LED.

"Omoda 5 menjadi sebuah bukti bahwa desain yang indah juga bisa menjadi sangat fungsional. Sehingga, sangat pantas untuk menjadi penantang tangguh pada segmen SUV Crossover Premium,” ujar Shawn Xu, President PT Chery Sales Indonesia.

Lantas apa saja hal menarik dari mobil China ini untuk mengganggu dominasi Honda HR-V yang jadi model terlaris di segmennya? Simak uraiannya berikut ini. 

Konsep Desain Chery Omoda 5 Futuristik dan Eksentrik

3 Hal Menarik Chery Omoda 5, Modal Kuat Lawan Honda HR-V 01

Hal pertama yang langsung kita lihat dari sosok mobil ini ialah konsep desainnya yang berbeda. Chery Omoda 5 penampilannya futuristik dan eksentrik terutama di sisi depan pada bagian grill yang unik. Interior mobil berjenis crossover ini juga tak kalah menarik, karena panel indikator yang seluruhnya memakai layar LCD. 

Kesan futuristik Omoda 5 diperlihatkan melalui motif gril depan tanpa frame dengan aksen potongan diamond. Mobil ini memiliki lekukan garis yang fleksibel namun tegas, dengan desain belakang yang agresif. Konsep ini dipadukan velg berukuran 18 Inci untuk memberikan kesan sporty yang kuat. 

3 Hal Menarik Chery Omoda 5, Modal Kuat Lawan Honda HR-V 02

Keseluruhan desain futuristiknya semakin dipertegas dengan pencahayaan dari Lampu LED Split trapesium, lampu LED Daytime running berbentuk T, dan Lampu belakang LED Dinamis X–Trough. 

Sisi interiornya tak kalah menarik, karena memakai layar selebar 20 inci yang menyatu dari sisi tengah hingga ke bagian pengemudi. Terdapat lampu ambient LED multi-warna yang dapat terhubung dengan mode mengemudi dan irama musik, menghadirkan suasana berkendara yang seru dan berbeda. 

3 Hal Menarik Chery Omoda 5, Modal Kuat Lawan Honda HR-V 03

Lebih lanjut, OMODA 5 dilengkapi dengan kemudi berbahan kulit multifungsi berbentuk D flat bottom dan dilengkapi tombol yang memudahkan pengaturan multimedia. Tak cuma itu, mobil ini juga mendukung fitur voice command untuk mengoperasikan ac, membuka jendela dan sunroof, dan menyalakan musik player hanya dengan perintah suara. 

Fitur Canggih Khas Mobil Premium dan Memiliki ADAS

3 Hal Menarik Chery Omoda 5, Modal Kuat Lawan Honda HR-V 04

Walau kelas harganya belum mendekati level mobil premium, namun di Chery Omoda 5 ini fiturnya sudah mendekati kelas mobil tersebut. Dilengkapi dengan fitur canggih seperti Automatic Driving, 8 speaker Sony, door mirror heating, acoustic glass, inteligent voice assistant. sequential LED turning light, dan beberapa fitur lainnya.

Jangan lupa, mobil China di rentang harga segini umumnya sudah memakai sunroof, begitu juga di Chery Omoda 5 ini.  Hanya saja ukurannya minimalis, tak sebesar Wuling Almaz yang juga mencakup panoramic roof. 

Fitur keselamatan di Chery Omoda 5 juga tak bisa dianggap enteng karena dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS)dan electronic parking brake (EPB) + AUTOHOLD. ADAS yang terdapat di mobil ini mencakup:

  • lane keeping system (LDP), 
  • traffic signal recognition system (TSR), 
  • adaptive cruise system (ACC),
  • Integrated Cruise Assist (ICA), 
  • Autonomous emergency brake, 
  • Front collision warning, 
  • Rear cross traffic alert, 
  • Blind spot warning, 
  • Emergency lane keeping, 

Performa Mesin Chery Omoda 5 Cukup Oke Dengan Turbo 

3 Hal Menarik Chery Omoda 5, Modal Kuat Lawan Honda HR-V 05

Dari sisi teknologi mesin, Omoda 5 dipersiapkan dengan 1500cc Turbo yang dapat menghasilkan tenaga maksimum 145 Hp, dan torsi maksimum 230Nm. Mobil ini juga merupakan produk global pertama Chery yang dibangun berdasarkan standar internasional supaya dapat memenuhi kebutuhan pasar di banyak negara.

Namun demikian, tenaganya masih kalah perkasa dibandingkan Honda HR-V RS yang mampu menghasilkan tenaga 177 dk/6.000 rpm dan torsi 240 Nm di rentang putaran mesin 1.700-4.500 rpm.

Kesimpulan

Melihat spesifikasi yang tersedia di tipe tertingginya yaitu RZ, Omoda 5 ini cukup menjanjikan sebagai pendatang baru. Harga lebih murah, mesin dengan turbo dan fitur keselamatan mendapat teknologi ADAS dirasa bisa membuat Omoda 5 cukup spesial. 

Namun kita tentu harus bisa rasional bila ditemukan beberapa kelemahan seperti output dan sebagainya, mengingat harga yang ditawarkan lebih terjangkau ketimbang Honda HR-V. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Chery Omoda 5 Z 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil