window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil, Bisa Pakai Bahan Alami

Prasetyo · 11 Jan, 2023 18:04

5 Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil, Bisa Pakai Bahan Alami 01

Cara menghilangkan kecoa di mobil merupakan satu bentuk tindakan perawatan kendaraan. Pasalnya, serangga kecil ini sering kali menyelinap masuk ke kabin mobil. Apalagi kalau kondisi kendaraan kurang perawatan atau terparkir di satu tempat yang cukup lama.

Pada saat kecoa muncul, tentunya akan menimbulkan rasa jijik pada sebagian orang. Selain itu, jika binatang tersebut melompat atau berterbangan ketika Anda tengah berkendara, maka ada risiko konsentrasi jadi buyar. Pada akhirnya ini dapat menimbulkan potensi kecelakaan di jalan.

5 Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil, Bisa Pakai Bahan Alami 02

Kecoa membawa banyak bakteri sumber penyakit

Tidak ada asap kalau tak ada api. Begitu pula dengan kecoa. Binatang pembawa beragam bakteri itu akan datang kalau ada hal yang menarik bagi dirinya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Umumnya sisa-sisa makanan yang dibiarkan berserakan di lantai kabin mobil. Atau kendaraan tersebut tidak pernah dicuci sehingga menimbulkan bau tak sedap dan kondisi lembab yang disukai kecoa.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Aspal di Mobil Putih, Gak Perlu ke Salon Cukup Lakukan 3 Hal Ini

5 Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil, Bisa Pakai Bahan Alami 01

Mobil yang kotor dan bau mengundang kecoa

Nah berikut ini beberapa cara menghilangkan kecoa di mobil yang kami kutip dari laman resmi Daihatsu Indonesia. Anda bisa juga gunakan beberapa bahan alami loh!

1. Menggunakan Kapur Barus

5 Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil, Bisa Pakai Bahan Alami 02

Cukup letakkan kapur barus di kabin mobil

Penggunaan kapur barus atau sering disebut kamper, sangat efektif untuk mengusir kehadiran kecoa baik di rumah ataupun mobil. Namun, sangat sedikit orang yang menggunakan cara tersebut karena kurang suka terhadap bau dari kapur barus. 

Jika Anda tidak masalah dengan baunya yang cukup menyengat dan mau menggunakan untuk mengusir kecoa, caranya cukup mudah. Anda bisa menempatkan kapur barus di area sekitar pintu mobil, atau di ujung sudut-sudut kabin, atau bagasi mobil.

Baca juga : Hindari Cepat Kusam, Begini Cara Merawat Cat Mobil Putih

2. Menggunakan Insektisida

5 Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil, Bisa Pakai Bahan Alami 03

Insektisida untuk tanaman bisa juga dipakai ke mobil

Menggunakan bahan-bahan kimia pengusir serangga seperti cairan insektisida kimiawi juga ampuh untuk mengusir dan membasmi kecoa. Anda cukup menyemprotkan cairan tersebut di kabin atau area mobil lainnya. 

Namun ingat, ketika Anda menyemprotkan cairan tersebut, Anda wajib menghindarkan cairan tersebut dari anak-anak. Dan sebaiknya jangan langsung gunakan kendaraan sesaat setelah cairan disemportkan. Tunggu minimal 10-12 jam supaya bahan-bahan berbahaya ini terlepas ke udara dan ruang kabin mobil Anda kembali segar serta bebas kecoa.

3. Menggunakan Lem Khusus Kecoa

5 Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil, Bisa Pakai Bahan Alami 04

Contoh produk lem kecoa

Saat ini, banyak sekali dijual lem khusus untuk membasmi kecoa beserta alat perangkapnya secara online di toko online. Anda bisa memesannya untuk membasmi kecoa yang berada di dalam mobil.

Baca juga : Sambil Ngisi Waktu Libur, Begini Cara Pasang Cutting Sticker Mobil Sendiri di Rumah

4. Menggunakan Bahan-bahan Alami

5 Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil, Bisa Pakai Bahan Alami 05

Daun serai juga bisa mengusir kecoa

Selain menggunakan bahan-bahan kimia, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengusir kecoa di dalam mobil. Anda bisa gunakan daun pandan, daun mint, daun salam, bunga melati, daun sirsak, atau serai.

Caranya, potong bahan-bahan tersebut lalu Anda campurkan dengan air. Anda bisa menggunakan air tersebut sebagai cairan pembasmi kecoa dengan cara menyemprotkannya di sekitar kabin atau bagasi mobil. Selain bahan-bahan tadi, bisa juga menggunakan bubuk kopi, ataupun baking soda.

5. Hindari Menyimpan Makanan atau Minuman di Kabin

5 Cara Menghilangkan Kecoa di Mobil, Bisa Pakai Bahan Alami 06

Sebaiknya rutin bersihkan kabin mobil

Cara menghilangkan kecoa di mobil yang paling jitu sebenarnya dengan menghindari menyimpan makanan atau minuman di sekitar kabin mobil. Karena tindakan tersebut juga memiliki dampak buruk bagi mobil Anda. 

Seperti timbul bau mobil tidak sedap, AC mobil mudah kotor, hingga mengundang kecoa masuk ke dalam mobil. Hal tersebut terjadi akibat bau atau aroma makanan dan minuman yang menarik kecoa untuk masuk ke kabin kendaraan Anda.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil