window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

8 Alasan Daihatsu Jadi Merek Mobil yang Banyak Dibeli Konsumen di Indonesia

Herdi · 15 Nov, 2023 14:01

8 Alasan Daihatsu Jadi Merek Mobil yang Banyak Dibeli Konsumen di Indonesia 01

Daihatsu jadi merek mobil yang tak bisa dipandang sebelah mata. Soal penjualan, Daihatsu juga tergolong laris manis di pasar otomotif nasional tak kalah dengan kakak kandungnya Toyota. 

Bahkan berdasarkan data penjual Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), merek mobil asal Jepang ini selalu ada di urutan kedua, selama 14 tahun berturut-turut dan posisinya di bawah Toyota 

Selama Januari-Oktober 2023, wholesales (penjualan pabrik ke dealer) mencapai 161.650 unit, sedangkan retail sales (dealer ke konsumen) 14.646 unit. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Lagi, Daihatsu Terios Berhasil Tumbangkan Toyota Rush Sebagai Mobil SUV Terlaris di Indonesia

Nah, Anda mau tahu kenapa Daihatsu ini selalu jadi merek mobil yang cukup banyak dibeli, berikut ulasannya.

1. First Buyer Sebagai Target Utama

Seorang pengunjung pameran datang ke booth Daihatsu untuk melihat langsung Xenia

Pengunjung pameran GIIAS 2023 datang ke booth Daihatsu untuk melihat langsung Xenia

Daihatsu di Indonesia ada di tangani PT Astra Daihatsu Motor dan untuk penjualannya oleh PT Astra International Daihatsu Sales Operation.

Daihatsu sendiri sengaja mengincar pasar otomotif Indonesia, dengan target mereka adalah first buyer, atau konsumen pertama yang ingin memiliki mobil. 

Bahkan beberapa pejabat Daihatsu kerap menyebut, konsumen yang membeli mobil Daihatsu adalah mereka yang beralih dari sepeda motor atau ada juga ingin punya mobil baru pertama kali.  

2. Harga yang Lebih Terjangkau

Daihattsu Ayla

Daihattsu Ayla merupakan produk yang masuk segmen Low Cost Green Car (LCGC)

Daihatsu juga disebut menawarkan sederet mobil dengan harga terjangkau. 

Lihat saja, harga mobil passenger atau penumpang Daihatsu dibanderol kurang dari Rp300 juta an. Jika pun Ada, itu hanya Terios tipe tertinggi yaitu R AT Custom MC yang ditawarkan sekitar Rp303.250.000.

Selain itu, untuk mobil penumpang paling murah, Daihatsu punya Ayla  1.0 M yang dijual sekitar Rp134.000.000. 

Disebutkan, jika harga yang tertera ini merupakan on the road Jakarta. Namun begitu, harga mobil di bawah Rp300 juta juga bagian dari market terbesar konsumen di Tanah Air saat ingin membeli mobil. 

Baca juga: Segini Daya Tampung dan Konsumsi BBM Daihatsu Luxio, Masih Cocok Buat Bisnis Travel?

3. Punya Mobil Kembar

daihatsu rocky

Ada Rocky-Raize, Terios-Rush, Xenia-Avanza, Sigra-Calya, dan Ayla-Agya

Daihatsu punya banyak mobil kembar dengan saudaranya Toyota, seperti Ayla-Agya, Sigra-Calya, Xenia-Avanza, hingga Terios-Rush. 

Lantas apa hubungannya? Ya, pada dasarnya mobil kembar ini dibuat oleh pabrik milik Daihatsu, di Sunter, Jakarta dan Karawang, Jawa Barat. Namun beberapa settingan mesin, tambahan fitur dan logonya diganti menjadi Toyota.

Maka dari itu, jika Anda merasa ingin membeli salah satu mobil Daihatsu yang juga kembaran  Toyota, maka tidak perlu malu atau khawatir, karena yang memproduksi itu adalah Daihatsu sendiri. 

4. Dealer dan Suku Cadang Banyak Bertebaran

Dealer dan bengkel Daihatsu sudah tersebar di berbagai kota dan kabupaten di Indoensia

Dealer dan bengkel Daihatsu sudah tersebar di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia

Tidak dipungkiri, Daihatsu yang adalah brand yang sudah lama ada di Indonesia. Maka dari itu, disebutkan lebih dari 250 dealer ada di Nusantara yang tersebar di sejumlah provinsi.

Dealer daihatsu juga tidak hanya menawarkan penjualan, tapi juga sudah dilengkapi fasilitas Sales, Service dan Spare Part (3S).

Dengan banyaknya dealer Daihatsu, konsumen akan lebih mudah mendapatkan berbagai mobil Daihatsu dan juga jika mobil bermasalah, maka bisa mendatangi bengkelnya yang tersebar di berbagai wilayah.

5. Dibuat di Indonesia

Daihatsu memproduksi mobilnya di Indonesia

Pabrik Daihatsu terletak di Sunter, Jakarta dan juga Karawang, Jawa Barat

Daihatsu merupakan merek mobil yang banyak memproduksi mobilnya di Indonesia, dimana perusahaan ini sudah memproduksi secara lokal sejak tahun 1978.

Nah, dari tahun tersebut, Daihatsu sudah memproduksi delapan juta unit mobil, dan mereka menggaet supplier lokal untuk proses perakitan.

Karena dibuat di Indonesia inilah yang membuat konsumen yang ingin punya mobil Daihatsu akan lebih mudah dan cepat untuk mendapatkannya, sehingga tidak perlu menunggu berbulan-bulan.

Selain itu, karena dibuat di Indonesia, spare part yang diperlukan bagi sejumlah mobil Daihatsu akan lebih mudah didapatkan. 

Baca juga: Daihatsu Punya Promo Akhir Tahun 2023, Beli Mobil Gratis Xenia

6. Irit Bahan Bakar

Mesin Daihatsu Terios

Mesin Daihatsu Terios

Mobil-mobil Daihatsu juga dianggap tergolong irit dalam urusan bahan bakar. 

Disebutkan, iritnya mobil Daihatsu karena mereka membenamkan teknologi Dual VVT-i, yang bagian jeroan mesin nya kerap disempurnakan.

Konsumsi bahan bakar yang efisien pada mobil Daihatsu juga karena mereka menggunakan mesin kecil, yaitu 1.0 liter, 1.2 liter dan juga 1.5 liter.

Daihatsu sangat jarang membenamkan mesin besar, yang mempengaruhi seberapa banyak bahan bakar dihabiskan.  

7. Banyak Varian dan Harganya Disesuaikan

Deretan tipe Daihatsu Terios

Deretan tipe Daihatsu Terios

Jika Anda melihat line up mobil Daihatsu di situs resmi, maka perusahaan ini memang menawarkan banyak produk dengan tipe atau varian yang disesuaikan kebutuhan. 

Lihat saja, Daihatsu Ayla, ada sembilan varian dengan harga mulai dari Rp134 juta sampai Rp189 juta. 

Ada juga Daihatsu Sigra menawarkan 10 varian, dengan range harga antara Rp136 juta sampai Rp180,6 juta.

Demikian juga Terios yang ada 10 varian, untuk harganya mulai dari Rp236 juta sampai Rp303 juta. 

Kemudian ada Daihatsu Xenia yang harga termurahnya mulai dari Rp220,1 juta sampai Rp277,3 juta. 

Daihatsu Rocky juga ditawarkan sebanyak 30 varian dengan harga mulai Rp207 juta sampai Rp275,8 jutaan.

8. Incar Kebutuhan Mobil Keluarga Indonesia

Diahatsu Sigra mobil tujuh penumpang cocok untuk keluarga

Diahatsu Sigra mobil tujuh penumpang cocok untuk keluarga

Indonesia memang jadi salah satu negara yang jadi target terbesar Daihatsu, selain di Jepang. 

Maka dari itu, mobil-mobil Daihatsu didesain khusus untuk selera konsumen di Indonesia, yang menyukai sebuah mobil keluarga.

Jadi nggak heran, kalau mobil Daihatsu memang disetting keluarga banget, mulai dari dimensi, performa mesin, sampai fitur-fitur yang dibenamkan sengaja untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang.

Nah, kalau Anda sendiri mau beli mobil Daihatsu model apa?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil