window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Fakta Unik yang Jadi Keunggulan Suzuki S-Presso dan Tidak Ada di Agya-Ayla

Enda · 15 Nov, 2023 10:02

Keunggulan Suzuki S-Presso

Ada beberapa keunggulan Suzuki S-Presso yang patut diapresiasi meski saat ini ia dinobatkan sebagai mobil penumpang termurah yang dimiliki PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia.

Bermain di segmen city car bergaya crossover, versi improvement S-Presso diluncurkan melalui ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang berlangsung pada Februari lalu.

Dibandingkan dengan model sebelumnya yang hadir di GIIAS 2022, versi pembaruan S-Presso mendapat sejumlah fitur serta mesin baru, yang membuatnya semakin nyaman dan lebih hemat dari segi penggunaan bahan bakar.  

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sekedar informasi, menurut situs resminya per November 2023 harga Suzuki S-Presso dibandrol Rp168,3 juta untuk varian MT alias transmisi manual dan Rp178,3 juta tipe yang pakai transmisi AGS.

Harga yang ditawarkan S-Presso untuk pasar Tanah Air bersaing dengan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang menempati segmen LCGC kompak.

Memiliki harga baru yang berasing, simak fakta unik dan menarik yang jadi keunggulan Suzuki S-Presso dan tidak dimiliki Agya dan Ayla.

Baca juga: Suzuki S-Presso di Indonesia Kena Recall, Ini Masalahnya

1. Suzuki S-Presso Gunakan Transmisi AGS

Keunggulan Suzuki S-Presso

Transmisi AGS S-Presso

Jika Toyota Agya dan Daihatsu Ayla gunakan CVT untuk varian maticnya, S-Presso mengandalkan transmisi AGS (Auto Gear Shift) 5-percepatan.

AGS sendiri merupakan transmisi manual tanpa adanya pedal kopling, dengan begitu perpindahan gearnya dilakukan secara otomatis yang dilakukan sistem elektronik (ECU) yang terpasang pada transmisinya.

Penamaan AGS sebenarnya hanya untuk produk Suzuki saja, umumnya transmisi jenis ini dinamai Automated Manual Transmission (AMT).

Cara kerja AGS sendiri menggantikan pedal kopling kaki yang kemudian digantikan oleh kopling hidrolik yang dikendalikan oleh Transmission Control Module (TCM) bekerja sama dengan Electronic Control Unit (ECU).

Ketika mode otomatis diaktifkan, sistem akan bekerja menentukan perpindahan gigi saat dibutuhkan berdasarkan sensor yang ada di putaran mesin.

Karena transmisi AGS pada dasarnya adalah transmisi manual yang sistem pengoperasiannya dilakukan secara otomatis, maka perpindahah gigi bisa dilakukan secara manual.

Jika ingin merasakan gaya berkendara yang agresif, pengemudi cukup menggeser ke mode manual, yang kemudian untuk menambahkan gigi hanya dengan menarik ke belakang, dan mendorong ke depan untuk menurunkan tingkat percepatan.

Karena basicnya merupakan transmisi manual, untuk perawatannya transmisi AGS lebih mudah dan murah, serta memiliki durabilitas tinggi ketimbang transmisi CVT yang ada di Agya maupun Ayla.

Keunggulan Suzuki S-Presso

Mesin K10C

Sebagai informasi, transmisi AGS yang digunakan dipadukan mesin bensin 998 cc dengan kode K10C dengan perolehan tenaga 66 PS di 5.500 rpm dan torsi 89 Nm pada putaran 3.500 rpm.

2. Keunggulan Suzuki S-Presso Ada di Konsumsi BBM yang Irit

Keunggulan Suzuki S-Presso

Fitur engine auto-start stop S-presso

Suzuki S-Presso dilengkapi fitur engine auto-start stop yang tidak bisa kalian jumpai di Toyota Agya maupun Daihatsu Ayla.

Cara kerja dari engine auto-start stop yakni mematikan mesin secara otomatis ke dalam mode standby saat posisi mobil diam atau terjebak dalam kemacetan selama beberapa detik.

Saat ingin melanjutkan perjalanan, kalian cukup melepaskan pedal gas guna menghidupkan mesin secara otomatis.

Adanya fitur ini, konsumsi BBM S-Presso diklaim dapat lebih hemat 5-10% dari model sebelumnya.

Untuk fitur engine auto start-stop sendiri hanya bisa dijumpai pada varian AGS.

Baca juga: Suzuki S-Presso AGS Lebih Diminati Ketimbang yang Manual, Dianggap Lebih Praktis

3. AC dengan Pengaturan Lengkap dan Defogger

Keunggulan Suzuki S-Presso

Tombol pengaturan AC S-Presso

Fakta unik dan menarik Suzuki S-Presso lainnya yakni mobil ini memiliki AC dengan pengaturan lengkap tepat di bawah sistem hiburannya.

Tak hanya itu, mobil ini juga memiliki pengatur suhu dan juga heater yang bisa dimanfaatkan ketika sedang berpergian ke daerah pegunungan.

Oh iya, S-Presso juga mempunyai defogger pada kaca belakang yang tidak bisa kalian temukan di Agya maupun Ayla.

Keunggulan Suzuki S-Presso

Defogger Suzuki S-Presso

Fungsi dari defogger sendiri dapat menghilangkan kabut atau embun di kaca belakang dengan cepat saat musim hujan atau berembun.

Dengan adanya fitur ini, visibilitas berkendara semakin jelas sehingga pengemudi dapat dengan aman melihat kendaraan lain di belakang melalui spion tengah.

4. Head Unit Berfitur Lengkap

Keunggulan Suzuki S-Presso

Head unit Suzuki S-Presso

Mengenai sistem hiburannya, Suzuki S-Presso kini disematkan head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang mendukung konektivitas smart linkage audio.

Head unitnya terasa begitu ergonomis karena terkoneksi dengan audio steering switch serta bluetooth phone connection.

Menariknya sistem hiburan yang digunakan dapat menampilkan informasi kendaraan seperti rata-rata penggunaan bahan bakar serta driving range.

Driving range memiliki fungsi dengan menampilkan perkiraan seberapa jauh mobil dapat menempuh jarak dengan sisa bahan bakar yang tersedia di dalam tangki.

5. Ground Clearance Tinggi

Keunggulan Suzuki S-Presso

Ground clearance Suzuki S-Presso 180 mm

Jika ground clearance Agya dan Ayla berada di angka 160 mm, untuk jarak permukaan kabin dengan tanah Suzuki S-Presso mencapai 180 mm.

Memiliki ground clearance tinggi, pengguna S-Presso akan merasa lebih pede ketika melewati jalan berkontur tanpa khawatir bagian bawah mobil mentok, dan merasa nyaman saat berkendara melintasi genangan air cukup tinggi.

Baca juga: Harga Murah Ternyata Konsumen Suzuki S-Presso Malah dari Kalangan Berduit

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki S-Presso MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil