Review All New Honda Brio 2019

Kurnia Soemarno · 24 Des, 2019 15:13

Honda Brio 2019 merupakan sebuah metamorfosis sempurna layaknya kupu-kupu dari mobil terkecil buatan Honda, hanya dengan satu facelift.

Apakah all new Honda Brio 2019 terbaru hanyalah sebuah mobil dengan tampilan yang menarik? Hanya ada satu cara untuk mengetahuinya. Bacalah ulasannya di Wapcar.id!

Review All New Honda Brio 2019 01

Alam memiliki banyak cara luar biasa untuk membuat kita manusia biasa ini tercengang, demikianlah lahirnya cabang-cabang sains yang berbeda. Saya tidak akan menulis makalah ilmiah di sini, tetapi mengapa saya katakan metamorfosis? Karena Honda Brio terbaru ini telah melalui fase tersebut.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Dari hanya sebagai pengisi di barisan mobil Honda Indonesia hingga sekarang menjadi mobil hatchback cakep yang berkembang sempurna. Saya tidak mungkin tak terpesona dengan bagaimana hanya satu kali facelift bisa sangat mengubah mobil ini.

Eksterior All New Honda Brio 2019

Review All New Honda Brio 2019 01

Saya mungkin salah memilih serangga yang menjadi analogi saya di awal. All new Honda Brio 2019 bukanlah sebuah kupu-kupu, dia lebih menyerupai seekor lebah-bersemangat, tajam, dan bukan sesuatu yang memusingkan. Garis yang tajam dan lampu depan LED DRL (Daytime Running Lights) selaras dengan barisan mobil Honda lainnya, bahkan lebih karena adanya wing grille hitam solid yang mengkilat pada varian RSnya. Terlepas dari pengaturan cahaya halogen, Honda Brio terbaru berubah dari bukan apa-apa menjadi sesuatu (zero to hero), dan saya cukup yakin banyak yang setuju mengenai ini.

Akan tetapi, saya sedikit ragu mengenai bagian belakang Honda Brio 2019. Secara personal, saya lebih suka tampilan pendahulunya yang besar dan hitam. Jangan salah paham, fasia belakangnya memang tampak bagus, tapi untuk saya versi sebelumnya lebih punya karakter dan membedakannya dengan hatchback kecil lainnya yang ada di Indonesia saat ini.

Interior All New Honda Brio 2019

Interior dari Honda Brio terbarutelah sangat diperbarui. Hilanglah sudah bentuk bundar dan lengkungan yang ada pada pendahulunya-keseluruhan tampilan dasbor yang sekarang meniru desain eksteriornya yang bersudut dan tajam.

Lebih spesifiknya, pengendara bisa menyesuaikan ketinggian jok. Tetapi jika Anda seperti saya dengan tinggi sekitar 168 cm, ketinggian jok yang sekarang tidak akan jadi masalah karena visibilitas area kemudi yang luas sesuai dengan ketinggiannya saat ini.

Pengaturan naik turun (tilt steering) pun bisa disesuaikan, dan bahkan tanpa pengaturan maju mundur (telescopic), akan mudah menemukan posisi menyetir yang nyaman.

Untuk ukurannya, kabin dalam luas bahkan untuk penumpang bagiang belakang. Tetapi ruang horizontal tetap ideal untuk 2 orang saja. Tiga orang masih bisa tapi jelas akan sempit. Jok bagian belakang juga lembut, jadi saat perjalanan panjang akan terasa nyaman. Secara mengejutkan, Isolasi NVH baik jika dilihat dari harganya. 

Review All New Honda Brio 2019 02

Kabin belakang bisa memuat hingga 258 Liter. Sangat cukup untuk meletakkan 2 kereta bayi lipat dan persediaan bahan makanan untuk seminggu. Jika Anda memerlukan ruang lebih, dengan melipat kursi belakang bisa memuat hingga 710 Liter-lebih luas daripada saudara tuanya, Honda Jazz. 

Dengan harga yang tergolong murah, Honda Brio 2019 memiliki 'mainan' yang cukup yang membuatnya pantas berada di harga tersebut. Yang membuatnya bagus adalah Honda Cars Indonesia memilih fitur-fitur penting yang tepat, seperti misalnya pengunci pintu otomatis mengunakan sensor kecepatan (speed-sensing door locks), auto up/down pada jendela pengemudi, meteran penghitung jarak perjalanan dan konsumsi bahan bakar, kontrol audio pada setir kemudi, spion yang bisa ditutup secara otomatis (power-folding mirrors), serta layar sentuh 7 inci dengan konektivitas Bluetooth dan kabel USB (untuk iPod). Suara yang dihasilkan melalui pengaturan 6-speaker bagus secara keseluruhan.

Tidak tersedia Apple Carplay atau Android Auto di hatchback mungil ini, tapi itu tidak masalah jika mempertimbangkan harganya. Satu-satunya yang bisa dikeluhkan adalah sistem hiburan tidak memiliki tombol kontrol volume suara.

Fitur Keselamatan Honda Brio 2019

Honda Brio terbaru ini memiliki satu set fitur keselamatan dan keamanan pada semua variannya-dual SRS airbags, pengingat sabuk pengaman untuk penumpang bagian depan, kunci immobilizer (sistem keamanan dengan kunci unik), alarm keamanan, dan four five-point seatbelts (sabuk pengaman dengan 4/5 poin). Penumpang tengah bagian belakang harus puas dengan sabuk pinggul (lap belt).

Saya berharap kursi untuk anak-anak dengan standar ISOFIX bisa ditambahkan sehingga keinginan pembeli untuk tersedianya tempat duduk anak-anak bisa terakomodasi.

Gerak & Kendali Honda Brio 2019

Honda Brio terbaru dengan varian mesin terkecilnya 1.2 liter SOHC i-VTEC berbahan bakar bensin menghasilkan tenaga 89 hp dan torsi 110 Nm. Tenaga ini menggerakkan roda-roda depan melalui transmisi variabel yang terus-menerus. Sebagai perbandingan, pendahulunya memiliki tenaga 11 hp dan 17 Nm lebih rendah. 

Penurunan jumlah output dari pendahulunya mempengaruhi kondisi berkendara. Brio 2019 cukuplah bertenaga tapi tidak terlalu agresif. CVT cukup kuat memberikan tenaga ke roda-roda depan, bahkan jika mulai bergerak dari posisi diam, tetapi jika Anda ingin tenaga lebih saat menyalip, tingkatkanlah akselerator, seperti CVT lainnya.

Jika sebelumnya mesin 1.3L akan membuat Anda tersentak saat akselerasi mendadak, yang ini pun akan memberikan Anda pengalaman yang sama-apakah untuk Anda ini oke atau tidak, semuanya tergantung cara Anda berkendara.

Jarak roda yang pendek dan pengaturan penggerak roda depan menjadi kombinasi yang bagus bagi Brio. Kemampuan berbelok pun ditangani dengan baik, juga karena beratnya yang sekitar 950 kilogram saja, saat menikung dia tak akan melontarkan benda-benda yang ada di dalam mobil.

Berkendara di jalan raya tenang dan stabil, sementara manuver yang sempit tidak menjadi masalah sama sekali. Secara keseluruhan, Brio terbaru terasa lebih seimbang daripada Brio sebelumnya dan bekerja baik saat perjalanan pendek maupun panjang.

Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio 2019

Review All New Honda Brio 2019 03

Memiliki mesin yang lebih kecil jelaslah memberi keuntungan dalam hal efisiensi bahan bakar. Berkendara selama satu jam dalam lalu lintas padat menghabiskan 8.7 km/L, sementara berkendara santai dengan kecepatan 60 km/jam menghabiskan 14.1 km/L. Saat berkendara di jalan raya, saya menghabiskan 20.3 km/L dengan kecepatan rata-rata sekitar 90 km/jam.

Sebagai catatan, tes efisiensi bahan bakar Honda Brio dilakukan hanya dengan satu penumpang di dalam mobil.

Kesimpulan

Sulit untuk mengingkari bahwa perubahan pada all new Honda Brio 2019 membuat mobil ini jauh lebih baik daripada pendahulunya, membuatnya lebih menarik bagi pembeli yang menginginkan mobil yang cakep. Tetapi Honda Brio terbaru ini tak hanya sekedar tampilan-keseluruhannya membuat dia menjadi kendaraan yang sangat baik, bahkan dengan semua keunikan yang dimilikinya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Brio Satya S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru