window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Mobil Listrik China Under Rp200 Juta, Mana Paling Canggih Antara Wuling Air ev Lite vs Seres E1 Type B?

Yongki Sanjaya · 23 Agu, 2023 20:00

Adu Mobil Listrik China Under Rp200 Juta, Mana Paling Canggih Antara Wuling Air ev Lite vs Seres E1 Type B? 01

Segmen mobil listrik semakin berkembang pesat di Indonesia, dan memunculkan banyak model baru. Untuk kelas yang cukup terjangkau di bawah Rp200 juta, pilihan menarik yang tersedia ada Wuling Air ev Lite dan Seres E1 Type B.

Kedua model ini hadir sebagai mobil listrik berbasis baterai yang harganya ekonomis untuk masyarakat. Sebagai informasi, Seres E1 Type B diniagakan Rp189 juta OTR Jakarta dan untuk Wuling Air ev Lite Rp188 jutaan on the road Jakarta.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bukan Cuma Pamer New Almaz RS, Wuling Juga Bagi-bagi Air ev di GIIAS 2023

Wuling Air ev Kini Ada Versi Lite, Lebih Murah dari Seres E1

Ada Wuling Air ev Pakai Motif Batik Betawi di GIIAS 2023

 

Beda harga keduanya cuma Rp1 juta, tentu akan menarik disimak seberapa jauh perbedaan fitur yang tersedia dari masing-masing model tersebut. Wuling dengan harga yang lebih murah apakah bisa tetap royal fitur sebagaimana tradisi mereka di model-model lain?

Untuk itu, mari kita bandingkan kedua model tersebut secara spesifikasi dan fitur yang ditawarkan.

Wuling Air ev Lite, Versi Ekonomis dari Varian Standard Range

Adu Mobil Listrik China Under Rp200 Juta, Mana Paling Canggih Antara Wuling Air ev Lite vs Seres E1 Type B? 01

Wuling Air ev Lite sejatinya masih menggunakan basis dari varian Standard Range. Hanya saja untuk varian ini beberapa fitur ada yang dipangkas namun tidak untuk spesifikasi motor listrik maupun kekuatan baterainya.

Air ev Lite tetap mengandalkan baterai Lithium Ferro-Phosphate berkapasitas 17,3 kWh, yang mampu untuk dikendarai hingga 200 kilometer saat terisi penuh. Sebagai penggeraknya, tersedia motor listrik tunggal yang diletakan di belakang dengan menghasilkan tenaga sebesar 30 kW (40,7 PS).

Adu Mobil Listrik China Under Rp200 Juta, Mana Paling Canggih Antara Wuling Air ev Lite vs Seres E1 Type B? 02

Secara fisik, varian Lite ini dicirikan dengan aksen warna single tone. Kemudian pada sistem penerangan utama dan lampu belakang pada mobil ini masih menggunakan bohlam halogen. Lebih lanjut, Air ev Lite hanya dilengkapi spion yang dapat diatur secara manual serta velg kaleng yang ditutupi dop.

 

Fitur Entertainment Dipangkas

Adu Mobil Listrik China Under Rp200 Juta, Mana Paling Canggih Antara Wuling Air ev Lite vs Seres E1 Type B? 03

Tak seperti Standard Range, ada pemangkasan fitur pada versi Lite. Bagian yang dihilangkan pada Wuling Air ev Lite adalah fitur-fitur tidak berkaitan dengan keselamatan dan performa. 

Sebut saja jumlah airbag hanya satu untuk pengemudi, bagian dashboard tak ada Head Unit dan cuma ada instrument cluster untuk pengemudi. Wuling Air ev Lite ini juga belum tersedia fitur voice comment (perintah suara) dan juga kamera parkir.

Adu Mobil Listrik China Under Rp200 Juta, Mana Paling Canggih Antara Wuling Air ev Lite vs Seres E1 Type B? 04

Untungnya pernak-pernik eksterior di Air ev Lite masih tetap dipertahankan seperti lampu LED membentang dari kanan ke kiri, termasuk logo Wuling yang bisa menyala.

Varian terbaru Air ev ini tetap dibekali dengan TPMS, ISOFIX dan sound module for pedestrian warning. Mobil ini sudah dilengkapi immobilizer, alarm, dan juga sudah menggunakan rem cakram di depan dan rem tromol di belakang.

Seres E1 Type B, Beda Sejuta Punya Fitur Lebih Menarik?

Adu Mobil Listrik China Under Rp200 Juta, Mana Paling Canggih Antara Wuling Air ev Lite vs Seres E1 Type B? 05

Dengan harga lebih mahal Rp1 juta, Seres E1 Type B mampu bersaing dengan Wuling Air ev Lite dengan kelengkapan yang baik. Pada sisi eksterior telah memakai lampu dengan teknologi projector serta DRL LED. 

Kemudian pada spion dengan pengaturan elektrik serta tambahan lampu sein pada cover. Velgnya berbahan alloy dual-tone berukuran 13 inci, namun pada tipe ini tak mendapatkan roof rail di bagian atapnya.

Interior Tampil Berkelas Walau Tanpa Head Unit Touchscreen

Adu Mobil Listrik China Under Rp200 Juta, Mana Paling Canggih Antara Wuling Air ev Lite vs Seres E1 Type B? 06

Tak ingin terlihat sederhana, interior di Seres E1 Type B mendapatkan aksen wood panel di bagian dashboard dengan akseninterior berwarna biru muda yang membawa nuansa cerah.

Tipe ini juga dibekali kontrol AC dengan panel sentuh, desain e-Shift Selector yang unik, kemudian instrument cluster full digital berukuran 7 inci model floating namun minus layar head unit. Lebih lanjut,  downgrade fitur pada tipe ini terdapat pada mekanisme parking brake, untuk mengaktifkan fitur parking bake masih dilakukan secara manual menggunakan tuas di tengah. 

Sebagai fitur keselamatan standar, Seres E1 Type B memiliki kelengkapan yang cukup beragam. Mobil listrik di bawah holding DFSK ini dibekali Anti-lock braking System (ABS) with Electronic Brake Distribution, airbag system, Event Data Recording System, Automatic Lock & Collision Unlock, Pedestrian Warning Sound, Hill Hold Control, Cruise Control, Eco/Sport Mode, Energy Managing Display, Charging Status Display, Seat Belt Reminder, Isofix, Tire Pressure Monitoring System, Rear Parking Camera, hingga Parking Sensor.

Spesifikasi Motor Listrik yang Bersahaja

Adu Mobil Listrik China Under Rp200 Juta, Mana Paling Canggih Antara Wuling Air ev Lite vs Seres E1 Type B? 07

Meskipun fiturnya lebih beragam, namun soal performa malah kalah bertenaga ketimbang Air ev Lite. Seres E1 Type B menggunakan motor listrik dengan daya lebih rendah, yakni 25 kW (34 PS) dengan torsi 100 Nm. 

Mobil ini didukung  baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 13,8 kWh, jarak tempuh yang dihasilkan mencapai 180 KM, dengan lama waktu pengisan daya 3,5 jam menggunakan pengisian AC untuk 10-90%.

Kesimpulan

Dengan selisih harga cuma Rp1 juta, ternyata Seres E1 mampu memberi variasi fitur yang lebih beragam pada sisi eksterior maupun fitur berkendara. Namun demikian, Air ev Lite masih lebih unggul soal aspek performa maupun jarak tempuh baterai.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Wuling Air EV Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia