window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ban Mobil Baru Kerap Muncul Bercak Biru, Pertanda Apa Ya?

Adit · 12 Mei, 2022 08:00

Ban Mobil Baru Kerap Muncul Bercak Biru, Pertanda Apa Ya? 01

  • Ban mobil yang baru setelah dibawa berkendara biasanya akan muncul bercak biru.
  • Tanda bercak biru pada ban adalah proses yang wajar.
  • ban mobil muncul warna biru bisa hilang dengan sendirinya seiring pemakaian normal.

Ban mobil umumnya berwarna hitam. Termasuk juga motor karena senyawa kimi karbon yang dicampur saat proses produksi agar ban lebih awet dan berumur panjang. Tapi apa jadinya jika tiba-tiba ban muncul bercak biru pada dinding hingga tepian ban?

Kondisi ban mobil muncul warna biru biasa ditemukan setelah memacu kendaraan di kecepatan tinggi. Setelah berhenti di rest area, ban mobil tidak sepenuhnya hitam. Melainkan ada bercak biru. Kadang biru muda, bisa juga biru pekat. Anehnya setelah digunakan lagi, warna tadi bisa hilang dengan sendirinya. 

Bukan Hal yang Perlu Dikhawatirkan

Ban Mobil Baru Kerap Muncul Bercak Biru, Pertanda Apa Ya? 02

Ban yang umumnya hitam timbul bercak biru pada bagian dinding ban (foto: Thenewx)

Baca Juga: Begini Cara Mudah Spooring Ban Mobil di Rumah, Jaga Arah Setir Mobil Tidak Belok Sendiri

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lalu, pertanda apakah bercak biru pada ban mobil? Apa itu tanda ban memiliki kelainan dan harus diganti? 

Menjawab hal tersebut, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Zulpata Zainal memastikan tidak perlu dikhawatirkan dan merupakan suatu kewajaran. Sebab warna biru yang muncul berasal dari senyawa ban, yang terjadi saat proses pendinginan dari temperatur tinggi usai ban berotasi cepat. 

"Tidak usah khawatir, itu dari lapisan sealant ban saat pembuatan. Biasa kami kasih lapisan sealant atau lapisan proteksi agar ban tidak kotor saat pengiriman dari gudang ke toko," katanya. 

Ban Mobil Baru Kerap Muncul Bercak Biru, Pertanda Apa Ya? 01

Bercak biru pada ban mobil (foto: Tacomaworld)

Sementara itu mengutip TheNewx, pada kondisi tertentu dinding maupun sisi tepian muncul warna biru. Hal tersebut akibat proses kimiawi senyawa lapisan kompon yang mengandung rantai molekul kompleks. 

Ditambah seiring perubahan temperatur maupun kelembaban, menyebabkan senyawa terurai dan menciptakan warna biru. Lapisan biru tersebut semacam lapisan karet mati pada ban dan akan terhapus saat dikendarai lagi. 

Ban Mobil Baru Kerap Muncul Bercak Biru, Pertanda Apa Ya? 02

Bercak biru pada ban mobil akan hilang dengan sendirinya

Jadi seiring dengan terjadinya perubahan temperatur ban, senyawa tadi bereaksi yang kemudian menghasilkan warna biru yang keluar dari pori-pori ban. Tanda ini justru disebut-sebut ban dalam kondisi baik, karena menandakan 'kehidupan' berdasarkan proses tadi. 

Baca Juga: Ketahui Sebab Telapak Ban Mobil Cepat Aus Serta Cara Pencegahannya

Bisa Dicuci, Bisa Juga Tidak

Untuk ban mobil muncul warna biru yang masih timbul tipis-tipis kemungkinan tidak akan memengaruhi penampilan mobil. Tapi beda cerita umpama birunya sudah pekat, bisa-bisa tampilan mobil jadi berubah tidak tampak elegan lagi. 

Ban Mobil Baru Kerap Muncul Bercak Biru, Pertanda Apa Ya? 03

Bercak biru pada ban mobil bisa hilang dicuci atau pemakaian biasa

Kalau sudah begini Zulpata sebenarnya memastikan bahwa bercak tadi bisa hilang dengan sendirinya. Namun apabila terganggu, bercak biru di ban bisa dicuci layaknya mencuci ban, kemudian ditambahkan semir khusus ban. 

Kendati belum dapat dibuktikan bisa mencegah timbulnya bercak biru, cara ini dapat ditempuh supaya noda biru bisa hilang. "Bisa dicuci kemudian pakai semur khusus ban mobil untuk membuat ban hitam kembali," tuntasnya. 

Baca Juga: Setelah Ban Serep, Beli Mobil Tesla Tidak Akan Mendapatkan Charger

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil