window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sengaja Dibuat Beda, Plang Rambu Warna Biru dan Hijau di Jalan Tol Ternyata Punya Arti Khusus

Adit · 30 Apr, 2022 13:02

Sengaja Dibuat Beda, Plang Rambu Warna Biru dan Hijau di Jalan Tol Ternyata Punya Arti Khusus 01

  • Makna plang rambu jalan berwarna biru dan hijau, ternyata beda artinya.
  • Warna biru mengartikan rambu perintah dan menunjukkan rute daerah yang harus dituju.
  • Adapun warna hijau memandu pengguna jalan sebagai penunjuk jurusan maupun daerah.

Plang penunjuk rute atau rambu jalan di jalan tol umumnya berwarna biru dan hijau. Namun tahukah Anda, ternyata kedua rambu tersebut rupanya memiliki arti yang berbeda lho. Masing-masing warna punya makna yang tidak sama. 

Umumnya plang jalan penunjuk jalan tersebut didesain dengan tulisan berlatar putih. Meskipun keduanya berisikan informasi berupa daerah yang dituju, namun penafsirannya berbeda. Sebab, salah satu warna bukan cuma sebagai penunjuk jalan. 

Sengaja Dibuat Beda, Plang Rambu Warna Biru dan Hijau di Jalan Tol Ternyata Punya Arti Khusus 02

Jalan tol Solo-Ngawi (Foto: Antara)

Baca Juga: 5 Pelanggaran Lalu Lintas Ini Denda Tilangnya Rp500 Ribu

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jadi mengacu Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 13 Tahun 2014 mengenai Rambu Lalu Lintas. Intinya rambu jalan warna biru mengandung arti sebagai rambu perintah, sedangkan hijau sebagai penunjuk informasi. 

Rambu Biru

Kita kupas dulu warna biru. Pada Pasal 17 disebutkan, rambu perintah memiliki warna dasar biru, garis tepi putih, lambang putih, kemudian huruf dan angka termasuk kata-kata yang ditampilkan ikut berwarna putih. 

Dilanjut lagi penjelasannya pada Pasal 20, rambu berwarna biru dengan ciri serupa turut difungsikan sebagai petunjuk batas wilayah, batas jalan tol, lokasi utilitas umum, rambu pengaturan lalu lintas, dan penunjuk dengan kata-kata. 

Sengaja Dibuat Beda, Plang Rambu Warna Biru dan Hijau di Jalan Tol Ternyata Punya Arti Khusus 01

Ruas jalan tol di Surabaya (Foto: Jasamarga)

Misalnya perintah 'Masuk Tol Transaksi Non Tunai 200 M', 'Bus dan Truk Gunakan Lajur Kiri', 'Batas Kecepatan Maksimum 100 Km/jam Minimum 80 Km/jam', dan sebagainya yang isinya kata-kata yang berarti perintah yang harus dipatuhi. 

Manakala rambu biru menunjukkan lokasi misalnya Tegal, Semarang, Purwokerto, Surabaya, Malang, dan lainnya, maka rambu tersebut sebagai perintah bahwa Anda harus tetap berada di lajur yang ditunjuk. Dalam arti untuk sampai daerah yang dituju, jangan keluar dari lajur. 

Baca Juga: Kelihatannya Sepele Tapi Pelanggaran Lalu Lintas Ini Dendanya Rp1 Juta

Rambu Hijau

Sekarang rambu berwarna biru. Berdasarkan Pasal 18, rambu ini digunakan sebagai petunjuk yang digunakan untuk memandu pengguna jalan, juga sebagai penunjuk jurusan wilayah maupun lokasi tertentu, hingga papan nama jalan. 

Sengaja Dibuat Beda, Plang Rambu Warna Biru dan Hijau di Jalan Tol Ternyata Punya Arti Khusus 02

Akses jalan tol layang MBZ (Foto: Jasamarga)

Rambu ini dibuat dengan warna dasar hijau, garus tepi putih, lambang, huruf, beserta angka berwarna putih. Plang berwarna daun ini sering kali kita melihatnya di jalan tol sebagai penunjuk daerah, misalnya Ngawi, Sragen, Solo dengan panah penunjuk. 

Rambu Coklat

Sebenarnya ada satu warna rambu jalan lagi, yakni berkelir coklat. Untuk yang satu ini agaknya jarang ditemukan. Untuk desainnya serupa sebelumnya, memiliki huruf maupun angka berwarna putih. Untuk arti plang rambu coklat ini menginformasikan lokasi wisata atau ruang publik tertentu. 

Sengaja Dibuat Beda, Plang Rambu Warna Biru dan Hijau di Jalan Tol Ternyata Punya Arti Khusus 03

Plang rambu jalan berwarna hijau menunjukkan lokasi wisata dan tempat tertentu

Baca Juga: Kisah Mobil China Tiruan: Tak Kapok Dituntut, Hingga Cuek Patenkan Desain ala VW Beetle di Eropa

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil