Biaya Perawatan Wuling Confero Terjangkau, Substitusi Part Bisa Pakai Toyota Yaris

Yongki Sanjaya · 24 Mar, 2021 17:00

Biaya Perawatan Wuling Confero Terjangkau, Substitusi Part Bisa Pakai Toyota Yaris 01

Siapa bilang merawat mobil China ini rumit dan susah cari sparepart. Di tangan komunitas dan orang-orang yang doyan oprek, kita pun tahu kalau ternyata untuk Wuling Confero bisa diperbaiki dengan melakukan substitusi komponen dengan mobil lain asal Jepang. Dengan begini, Wuling Confero bisa jadi mobil yang murah meriah soal biaya perawatan.

Jadi buat kamu yang tinggal di kota kecil tidak perlu khawatir soal perawatan rutin Wuling Confero. Selain jaringan dealernya kini telah banyak tersebar di berbagai penjuru kota, durabilitas mobil ini patut kita apresiasi 

"Untuk di Confero DB punya saya sepertinya belum ada masalah. Untuk Confero S lain, di odometernya 170 ribuan km kena di racksteer dan settingan chamber lari. Untuk mesinnya aman, pakai aki basah merk Amaron," jelas Toni Kliwon, selaku pengguna Wuling Confero DB.

Berdasarkan hasil diskusi kami dengan pengguna Wuling Confero ini, ternyata soal perawatan dan biaya untuk membeli part mobil China ini tak sesulit yang kita kira. Kita bisa memanfaatkan banyak part dari mobil Jepang. 

Substitusi Komponen Part Wuling Confero, Cara Mudah Tekan Biaya Perawatan

Biaya Perawatan Wuling Confero Terjangkau, Substitusi Part Bisa Pakai Toyota Yaris 02

Untuk itu, butuh pengalaman mekanik yang cerdik mensiasati untuk 'kanibal' part mobil lain. Untuk itu, kalian juga perlu paham soal common part alias persamaan part dengan mobil lain. 

Terlebih, di zaman informasi yang semakin canggih seperti sekarang, kita juga bisa membeli part secara online melalui marketplace bila kebetulan sulit dicari di kota asal. Dengan kesamaan komponen ini, kita bisa PnP (plug and play) dari mobil lain tanpa perlu penyesuaian apapun. 

"Wuling ini bearing rodanya plug and play dengan Suzuki APV, jadi kemungkinan tahan angkut berat. Businya sama dengan Daihatsu Zebra, harga Rp15 ribu. Velgnya aja PnP dengan (Nissan) Livina," jelas Kliwon.

Sementara untuk per dan shockbreaker belakangnya, Kliwon mengakui kalau di Wuling Confero memakai jenis universal. Dengan demikian kalian bisa substitusi komponen dengan shockbreaker mobil lain yang memakai baut gantung.

"Shock depan Confero PnP sama punya Volvo, tapi nggak ingat tipe Volvonya. Chamber Confero PnP dengan BMW lho. Kalau kampas rem bisa pakai punya Vios atau Yaris," sambung pria yang doyan oprek mobil ini.

Karena Wuling adalah brand yang masih tergabung dalam grup besar General Motors secara global, maka masih ada kesamaan part dengan mobil Chevrolet. Kliwon menyebut kalau kompresor AC ini serupa dengan yang digunakan pada Chevrolet Spin.

"Kompresor PnP dengan (Chevrolet) Spin, harganya Rp1,5 juta," tambah Kliwon.

Biaya Perawatan Wuling Confero, MPV Ekonomis Dengan Komponen Murah Meriah

Biaya Perawatan Wuling Confero Terjangkau, Substitusi Part Bisa Pakai Toyota Yaris 03

Bila tadi adalah beberapa kesamaan part dengan mobil lain, Confero pun bisa memanfaatkan beberapa part motor yang pastinya murah meriah. Sebagai contoh, Kliwon menyebut kalau lampu depan Confero DB miliknya bisa pakai punya motor Yamaha Scorpio dan bohlam belakangnya pakai Honda Vario. 

"Lampu depan yang paling bagus harga Rp15 ribu, lampu belakang punya motor Honda Vario, harga Rp8 ribu. Lampu samping murah, lampu spion LED Rp132 ribu dan lampu plat Rp5 ribu," bebernya. 

Berikut ini daftar harga beberapa part fast moving dan slow moving Wuling Confero yang usia pakainya kadang bisa relatif cepat.

  • Filter oli Rp23 ribu
  • Filter AC Rp28 ribu
  • Radiator Rp800 ribu
  • Lampu depan sepasang Rp1,3 juta 

Biaya Service Wuling Confero Sampai 100 Ribu Kilometer Cukup Terjangkau

Biaya Perawatan Wuling Confero Terjangkau, Substitusi Part Bisa Pakai Toyota Yaris 04

Wuling Motors berusaha supaya Confero jadi mobil keluarga yang begitu ekonomis dan efisien. Untuk itu, biaya perawatan maupun service rutin Wuling Confero cukup terjangkau.

Biaya service Wuling Confero termurah yaitu Rp345.091 yang dilakukan pada jadwal 100 ribu kilometer. Service ini hanya mencakup penggantian oli mesin, seal oil, dan filter A5m-oil.

Sementara itu, biaya service rutin termahal dilakukan pada 80 ribu kilometer yang mencapai Rp1.807.045. Pemilik diharuskan mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk melakukan penggantian terhadap oli mesin, seal-oil pan dan busi, oil-diff, filter A5m-oil, element-A/CL, coolant-eng 1.5 L, coolant-eng 4 L, filter A5m-fuel, dan spark plug A5m.

Nah, sudah terbayang kan seberapa ekonomisnya biaya perawatan Wuling Confero?  

Komentar

Mobil Terbaru