window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Sekedar Teori, Ini Alasan Pentingnya Istirahat Setelah Dua Jam Mengemudi Saat Mudik Lebaran 2023

Herdi · 15 Apr, 2023 10:04

Bukan Sekedar Teori, Ini Alasan Pentingnya Istirahat Setelah Dua Jam Mengemudi Saat Mudik Lebaran 2023 01

Musim mudik Lebaran 2023 tinggal menghitung hari. Nah, Anda yang berencana untuk mudik dengan menggunakan mobil pribadi, sebaiknya jangan memaksakan diri dan beristirahatlah setiap dua jam sekali setelah mengemudi. 

Ya, beristirahat setelah dua jam mengemudi memang banyak disarankan oleh pakar keselamatan berkendara. Setidaknya, manfaatkan waktu beristirahat minimal selama 15 menit, agar dapat mengembalikan energi pada tubuh supaya bisa kembali bugar. 

Bukan Sekedar Teori, Ini Alasan Pentingnya Istirahat Setelah Dua Jam Mengemudi Saat Mudik Lebaran 2023 02

Perjalanan jauh seperti mudik lebaran cukup melelahkan

Baca juga: Mudik Pakai Mobil Manual? Jangan Lupa Cek Kondisi Kampas Kopling

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebaliknya, jika Anda memaksakan berkendara tiada henti, biasanya akan menimbulkan beberapa gejala, seperti tubuh letih, dan mengantuk. Alhasil, konsentrasi pengemudi jadi menurun, sehingga resiko hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan bisa saja terjadi. 

Adapun tanda pengemudi mulai letih dan mengantuk biasanya, penglihatan mulai terganggu, sehingga kelopak mata jadi terasa berat dan ingin menutup mata. Belum lagi, Anda jadi lebih sering menguap. Selain itu, arah mobil jadi liar dan tidak pada jalurnya. 

Setelah dua jam mengemudi sebaiknya istirhata terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan

Istirahat penting untuk mengembalikan kondisi tubuh sebelum melanjutkan perjalanan

Baca juga: 8 Bagian Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Berangkat Mudik Lebaran

Selain itu, jika Anda memaksakan berkendara jarak jauh tanpa henti seperti saat mudik Lebaran, biasanya ada beberapa hal yang mungkin terjadi terkait kesehatan, diantaranya;

Efek Duduk Terlalu Lama Saat Mengemudi

Terlalu lama mengemudi bisa mengganggu kesehatan tubuh

Terlalu lama mengemudi bisa mengganggu kesehatan tubuh

Melansir beberapa sumber, ketika duduk terlalu lama membuat tubuh kurang bergerak, sehingga lemak dalam tubuh sulit dibakar. Alhasil, hal ini berpotensi muncul masalah kesehatan, seperti obesitas, jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, nyeri kaki kronis, varises, bengkak pada kaki, kram, sembelit, kembung, sakit punggung dan lain-lain. 

Bahkan ada juga yang membuat duduk terlalu lama menyebabkan pembentukan gumpalan darah di kaki atau disebut Deep Vein Thrombosis (DVT).

Baca juga: Deretan Fitur di Mobil yang Bikin Mudik Jadi Lebih Aman dan dan Nyaman, Ada di Mobilmu?

Perjalanan Mudik Lebaran 2023 Bisa Membuat Stres

Terlalu lama mengemudi juga bisa membuat orang jadi pemarah

Terlalu lama mengemudi juga bisa membuat orang jadi pemarah

Sebenarnya terlalu lama mengemudi tidak hanya saat mudik Lebaran karena jarak cukup jauh. Namun mengemudi setiap hari ditambah kondisi jalanan macet juga memang sangat meletihkan. 

Bahkan melansir Times Now News, orang yang menghabiskan lebih dari dua jam mengemudi, 33 persen lebih mungkin merasa tertekan secara psikologis. Selain itu, ada juga yang menyebutkan bahwa penyebab paling umum dari stres yaitu mengemudi. Terutama mengemudi berjam-jam saat lalu lintas padat. 

Orang yang mengemudi selama berjam-jam disarankan untuk memasukkan beberapa bentuk manajemen stres dalam rutinitas mereka, karena agar dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lain yang terkait dengan stres tinggi.

Tetap Bisa Terpapar Polusi Udara

Polusi udara

Polusi udara

Meski mengemudi mobil bisa dikatakan tertutup jendela dan bodi mobil, namun ternyata kita tetap bisa terpapar polusi udara. Bahkan ada yang menyebutkan, bahwa mobil sudah ber-AC memiliki tingkat polusi tinggi di dalamnya. 

Apalagi saat mobil terjebak kemacetan, sehingga berkontribusi terhadap polusi udara yang dapat meningkatkan stres, merusak pendengaran dan menyebabkan sakit kepala. Masih menurut Times Now News, jika Anda mengemudi sekitar dua jam sehari, maka Anda juga bisa menghirup udara yang tercemar, sehingga dapat menyebabkan gangguan pernapasan, termasuk paru-paru.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil