window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cari Mobil Baru untuk Keluarga Harga di Bawah Rp 150 Juta? Ada Kok!

Herdi · 13 Des, 2023 16:02

Cari Mobil Baru untuk Keluarga Harga di Bawah Rp 150 Juta? Ada Kok! 01

Mobil harga di bawah Rp 150 juta, khususnya model terbaru dan bisa digunakan untuk harian yang sanggup membawa keluarga ternyata masih ada.

Memang jumlah mobil harga di bawah Rp 150 juta kini tidak terlalu banyak seperti 10 tahun atau 20 tahun lalu. 

Maklum, setiap tahun ada saja sejumlah faktor yang membuat mobil mengalami kenaikan harga, mulai dari kurs mata uang asing meningkat, harga biaya produksi dan harga bahan baku melesat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selain itu, pabrikan juga beralasan bahwa mobil yang dipasarkan mengalami evolusi dalam hal fitur maupun teknologi yang dibenamkan.

Alhasil, berdasarkan penelusuran Autofun, dari sejumlah mobil yang dipasarkan di Indonesia ternyata hanya ada dua model mobil baru harga di bawah Rp 150 juta, yaitu Daihatsu Ayla dan Sigra.

Baca juga: Daftar Harga Mobil di Bawah Rp 200 juta, Masih Bisa Dapat Honda Brio

Perlu dicatat, baik Daihatsu Ayla maupun Sigra, untuk harga di bawah Rp150 juta cuma beberapa tipe saja, seperti: 

Daihatsu Ayla

  • 1.0 M Rp134 juta
  • 1.0 X MT Rp146,9 juta

Daihatsu Sigra (Spesifikasi | Berita)

  • 1.0 D MT Rp136 juta
  • 1.0 M MT Rp146,6 juta

Nah, mau tahu apa saja keunggulan masing-masing model mobil harga di bawah 150 juta rupiah ini, berikut ulasannya.

Baca juga: Daihatsu Ayla 1.2 R MT ADS Lebih Mahal Rp2 Juta dari Toyota Agya 1.2 E MT, Cocok Buat yang Ingin Tampil Lebih Sporty

1. Daihatsu Ayla 

Daihatsu Ayla 1.0 M merupakan tipe paling rendah dan murah, sehingga tampilan mobil dengan kapasitas 4-5 penumpang ini jadi lebih sederhana. 

Eksterior Ayla 1.0 M MT dan Ayla 1.0 X MT

Daihatsu Ayla 1.0 M M/T

Daihatsu Ayla 1.0 D MT

Pada bagian eksterior, Daihatsu Ayla 1.0 M dan 1.0 X MT memang cukup simple, seperti lampu utama dan sein masih menggunakan bohlam halogen. 

Desain bumper juga terasa polos minim lekukan, dan grilnya juga hanya sekadar garis hitam ditambah logo Ayla. Bahkan tipe ini tidak dilengkapi foglamp. 

Pada bagian samping, spion sewarna body yang tidak dilengkapi sein dan untuk menekuk spion juga masih dilakukan secara manual. 

Tampilan belakang Daihatsu Ayla 1.0 M M/T

Tampilan belakang Daihatsu Ayla 1.0 D MT

Kemudian pilar kedua dicat hitam, dan kaki-kaki masih menggunakan velg kaleng berukuran 13 inci yang ditutup trims wheels atau penutup cover, kemudian dibalut ban berprofil 155/80.

Akan tetapi untuk tipe X, velgnya tidak lagi kaleng, karena sudah menggunakan Gun Metal Alloy berukuran 14 inci yang dibalut ban 175/65.

Untuk bagian samping sudah dilengkapi talang air, pada bagian belakang tidak lengkapi spoiler, dan wiper, kemudian desain bumper juga terkesan polos, dan semua lampu belakang menggunakan bohlam. 

Oia, khusus untuk untuk tipe 1.0 X MT, sudah dilengkapi talang air dan juga wiper.

Interior Ayla 1.0 M MT dan Ayla 1.0 X MT

Kabin Daihatsu Ayla

Kabin Daihatsu Ayla 1.0 M alias termurah

Daihatsu Ayla 1.0 M masih membutuhkan anak kunci, dan belum dilengkapi remot. 

Karena ini tipe paling rendah, maka ketika berada di kabin cukup biasa, seperti lingkar kemudi tak ada tombol-tombol, lalu speedometer masih analog dan tidak ada tachometer.

Hanyas saja, untuk Ayla 1.0 X MT sudah dilengkapi dengan electric mirror untuk mengatur kaca spion. 

Untuk sistem hiburan masih menggunakan audio single DIN, lalu AC masih analog karena masih diputar mirip kompor gas. 

Daihatsu Ayla X

Kokpit Daihatsu Ayla X

Mobil ini pada bagian joknya dilengkapi headrest yang masih menyatu atau disebut jok model pocong, sedangkan untuk baris kedua tidak ada headrestnya. 

Akan tetapi untuk Ayla 1.0 X MT pada baris kedua sudah dilengkapi dengan headrest.

​Meski varian termurah, Ayla 1.0 M sudah dilengkapi AC dan power window, seatbelt lengkap sampai penumpang baris kedua. 

Selain itu, mobil ini juga sudah ada dual airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Oia, untuk Ayla 1.0 X MT sudah mendapatkan kunci dengan alarm system.

Performa mesin Ayla 1.0 M MT dan Ayla 1.0 X MT

Daihatsu Ayla 2023

Mesin 998 cc Daihatsu Ayla 1.0 M MT

Pilihan warna Ayla 1.0 M MT hanya ada putih (Icy White), hitam (Ultra Black Solid), dan perak (Glittering Silver Metallic), sedangkan 1.0 X MT masih ada warna lainnya. 

Untuk jantung pacu, Daihatsu Ayla 1.0 M MT maupaun Ayla 1.0 X MT mengusung mesin berkode 1KR-VE, DOHC, VVT-i, 3 Silinder, 12 katup, berkapasitas 1.0 Liter.

Dengan mesin tersebut, daya yang disemburkan mencapai 67 PS pada  6.000 Rpm, dan torsi 89 Nm pada 4.400 Rpm. Adapun tenaga yang dihasilkan ini disalurkan melalui transmisi manual lima percepatan.

2. Daihatsu Sigra

daihatsu sigra di bawah 150 juta

Dengan harga di bawah Rp 150 juta dapat Sigra tipe D dan M

Daihatsu Sigra dengan tipe terendah 1.0 D MT dan 1.0 M MT kerap disukai konsumen, khususnya di segmen fleet atau juga mereka yang ingin beralih menjadi taksi online. 

Apalagi, Daihatsu Sigra ini merupakan mobil MPV yang sanggup menampung tujuh orang penumpang.

Adapun beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal Daihatsu Sigra 1.0 D MT dan Sigra 1.0 M MT diantaranya.

Baca juga: Ini Modal Sigra Selalu Jadi Mobil Daihatsu Paling Laris Sepanjang Tahun 2023

Eskterior Sigra 1.0 D MT dan 1.0 M MT

Perbedaan New Daihatsu Sigra D dan M

New Daihatsu Sigra D

Sekilas Daihatsu Sigra 1.0 D MT dan 1.0 M MT sama, tapi jika dilihat lebih detail tentu saja ada yang berbeda. 

Pada bagian eksterior khususnya wajah, Daihatsu Sigra 1.0 D MT, masih menggunakan sistem pencahayaan berupa lampu halogen, sedangkan tipe 1.0 M MT sudah smoked LED berwarna gelap yang membuatnya terlihat semakin sporty, atraktif dan stylish. 

Keduanya belum dilengkapi foglamp, padahal fungsi sebenarnya mampu meningkatkan visibilitas saat berkendara di malam hari.

Cari Mobil Baru untuk Keluarga Harga di Bawah Rp 150 Juta? Ada Kok! 08

Daihatsu Sigra 1.0 M MT sudah menggunakan lampu LED dan velg alloy

Beralih ke bagian samping, untuk lingkar roda tipe 1.0 D MT masih menggunakan velg kaleng berukuran 13 inci, sedangkan tipe 1.0 M menggunakan velg steel 14 inci yang ditutupi wheel cap.

Ayla 1.0 D MT juga belum menggunakan mud guard dan untuk cover spionnya sendiri masih menggunakan warna dasar, sedangkan tipe M sudah. 

Pada bagian belakang, kedua tipe Ayla ini sudah ada back door garnish memanjang pada pintu belakang yang dicat sewarna bodi. 

Hanya saja, khusus Daihatsu Sigra 1.0 M MT sudah mendapatkan Wiper belakang serta adanya sensor parkir yang diletakkan di bumper belakangnya.

Pada bagian atas mobil, Sigra tipe 1.0 D MT masih menggunakan antenna  model pole, sedangkan tipe 1.0 M MT sudah memakai shark fin antenna.

Interior Sigra 1.0 D MT dan 1.0 M MT

Perbedaan New Daihatsu Sigra D dan M

Interior New Daihatsu Sigra lebih mewah

Sama seperti pada bagian luar, Interior Sigra 1.0 D MT lebih sederhana dibandingkan 1.0 M MT.

Maka dari itu, kabin Sigra  1.0 M MT sudah mendapatkan jok dengan tampilan yang lebih comfortable dan tambahan arm rest di bagian tengah antara pengemudi dan penumpang.

Selain itu, speedometer Sigra 1.0 M MT terlihat lebih eyes-catching dengan tersematkannya ECO indikator, jam digital, layar MID, serta tachometer untuk mengetahui angka putaran mesin.

Cari Mobil Baru untuk Keluarga Harga di Bawah Rp 150 Juta? Ada Kok! 10

Tampilan dashboard Daihatsu Sigra M lebih lengkap dan futuristik

Mengenai sistem infotaiment nya, Sigra 1.0 M MT dan 1.0 D MT  sama-sama menggunakan single DIN. Hanya saja varian M sudah mendukung format CD player, radio, USB dan AUX. 

Untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih baik, Sigra 1.0 M MT mendapat tambahan dua buah speaker di baris keduanya.

Daihatsu Sigra 1.0 M MT sudah dilengkapi kipas double blower pada plafon baris kedua agar hembusan udara lebih cepat merata.

Selain itu, tipe 1.0 M MT juga dilengkapi dengan port charging di baris kedua, seat back door pocket di belakang jok pengemudi dan penumpang depan, smartphone pocket, rear room lamp, serta central door lock.

Perbedaan New Daihatsu Sigra D dan M

Diantara sejumlah tipe Daihatsu Sigra, untuk D dan M lebih sedikit

Menyoal fitur, Daihatsu Sigra 1.0 D MT lebih sedikit dibandingkan 1.0 M MT. Maka dari itu, Sigra 1.0 M MT sudah dilengkapi Immobilizer, serta Integrated Key & Remote.

Oia, kedua tipe belum dilengkapi fitur keselamatan Airbags, serta pengereman Anti Lock Braking System (ABS). 

Kendati demikian, baik Sigra 1.0 D MT maupun 1.0 M MT tersematkan sasis Total Advance Function (TAF) Body, Impact Beam, Front Seat Belt, 2nd Row Seat Belt, 3rd Row Seat Belt, serta Child Proof Door Lock.

Performa Mesin Sigra 1.0 D MT dan 1.0 M MT

Perbedaan New Daihatsu Sigra D dan M

Mesin 1KR-VE New Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra 1.0 D MT maupun 1.0 M MT sama-sama dipasangkan  mesin berkodekan 1KR-VE, 12-valve, 3 Silinder, Segaris, DOHC, VVT-i, berkapasitas 998 cc, dan teknologi Electronic Fuel Injection. 

Dengan mesin tersebut tenaga yang dimuntahkan mencapai 67 PS pada 6.000 rpm, serta torsi maksimal mencapai 89,25 Nm pada 4.400 rpm. 

Daihatsu sigra sendiri mengandalkan penggerak roda depan (FWD) untuk membuat mobil dapat berjalan, dan tenaga disalurkan melalui transmisi manual lima percepatan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil