window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Ayla 1.2 R MT ADS Lebih Mahal Rp2 Juta dari Toyota Agya 1.2 E MT, Cocok Buat yang Ingin Tampil Lebih Sporty

Enda · 26 Okt, 2023 18:04

Toyota Agya

Daihatsu Ayla tipe 1.2 R MT ADS saat ini dibandrol Rp169,9 juta, atau lebih mahal Rp2 juta dari Toyota Agya 1.2 E MT yang diniagakan Rp167,9 juta OTR Jakarta.

Memiliki selisih harga baru yang terbilang sedikit, terkadang membuat calon pembeli sulit untuk memutuskan pilihan apakah menjatuhkan hati pada Ayla atau Agya.

Untuk kalian ketahui, baik Ayla maupun Agya sama-sama diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Meski dibuat di tempat yang sama, keduanya memiliki sejumlah perbedaan yang tentunya wajib diketahui bagi calon konsumen yang ingin membelinya.

Supaya tidak salah pilih, berikut ini perbedaan antara Ayla 1.2 R MT ADS dengan Agya 1.2 E MT.

Baca juga: Peminat Daihatsu Ayla Bekas Masih Banyak, Ternyata Ini Penyebabnya

Bedanya Daihatsu Ayla 1.2 R MT ADS Vs Toyota Agya 1.2 E MT

Eksterior

Daihatsu Ayla

Eksterior Daihatsu Ayla 1.2 R MT ADS

Secara tampilan luar, antara Ayla 1.2 R MT ADS dengan Agya 1.2 E MT memiliki sejumlah perbedaan yang terletak pada grill, dan velg.

Seperti diketahui untuk lingkar rodanya Ayla tipe ini sudah menggunakan velg alloy yang dilabur dengan warna gun metal.

Bicara varian terendah Agya, mobil ini diaplikasikan velg kaleng yang ditutupi dop berkelir silver sebagai bentuk kamuflase.

Untuk sistem pencahayaan, kedua mobil ini sama-sama disematkan lampu utama LED serta DRL LED yang berfungsi untuk meningkatkan visibilitas berkendara.

Tak hanya itu, spion keduanya pun dibekali fitur electric mirror yang memudahkan pengguna kita ingin mengatur posisi pandangan ke belakang.

Pada buritan, baik Ayla maupun Agya tipe ini mendapatkan rear wiper, stoplamp LED, serta E-latch Backdoor yang memudahkan penggunanya ketika hendak membuka dan menutup bagasi.

Untuk diketahui Ayla 1.2 R MT ADS mendapat tambahan spoiler pada bumper depan dengan tampilan add-on, serta adanya decal di bawah pintu samping yang membuatnya terlihat lebih sporty.

Interior

Toyota Agya

Pengaturan AC Agya 1.2 E MT gunakan knob putar

Tak hanya eksterior, Ayla 1.2 R MT ADS dengan Agya 1.2 E MT juga memiliki sejumlah perbedaan pada tampilan interiornya.

Terlihat pada tombol pengaturan AC nya Ayla sudah menggunakan model digital, beberda dengan Agya E yang memakai knob putar sama seperti tipe terendah Ayla.

Selain itu, Ayla 1.2 R MT juga mendapatkan tombol start/stop engine untuk menyalakan atau mematikan mesin hanya dengan menekan tombol, berbeda dengan tipe terendah Agya yang  masih menggunakan kunci dengan cara memutar guna menghidupkan/mematikan mesin.

Bukan cuma itu, perbedaan lainnya juga terlihat pada head rest.

Dimana pada Agya, baris pertamanya untuk head rest memiliki pengaturan adjustable yang bisa distel naik turun, sedangkan pada Ayla head restnya dibuat menyatu dengan jok.

Meski begitu keduanya dibekali head unit layar sentuh berukuran 7 inci pada sistem hiburan yang sudah mendukung konektivitas smartphone. 

Oh iya, kedua mobil ini juga berhasil tersematkan fitur tilt steering pada lingkar kemudi, yang dapat difungsikan untuk memberikan posisi nyaman berkendara menyesuaikan keinginan pengemudi.

Baca juga: All New Toyota Agya GR Sport dapat Settingan Suspensi Baru Bikin Pembalap Muda Makin Berprestasi

Fitur Keselamatan Agya Lebih Komplit

Toyota Agya

Fiur Vehicle Stability Control (VSC)

Bicara keselamatan berkendara, Daihatsu Ayla 1.2 R MT ADS dan Toyota Agya 1.2 E MT dibekali dengan ABS dan EBD pada sistem pengeremannya. Terdapat pula dual SRS airbags, rear parking sensor, speed sensor lock, isofix, serta seat belt warning.

Hanya saja pada Agya, mobil ini mendapat tambahan Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Asssist (HSA). 

Meski begitu, Ayla sudah dilengkapi kamera mundur yang terhubung dengan head unitnya guna memudahkan pandangan pengemudi ketika sedang parkir.

Mengenai fitur keamanan, kedua mobil ini mendapatkan alarm dan immobilizer, namun pada Ayla berhasil disematkan keyless entry.

Mesin dan Transmisi Sama Persis

Toyota Agya

Mesin WA-VE berkapasitas 1.198 cc

Ayla 1.2 R MT ADS dan Agya 1.2 E MT menggunakan mesin baru yakni 1.198 cc berkodekan WA-VE 3-silinder segaris DOHC 12 valve dual VVT-I dengan kapasitas 1.198 cc.

Tenaga yang dihasilkan mesinnya tersebut sebesar 88 PS di 6.000 rpm dan torsi sebesar 113 Nm pada putaran 4.500 rpm yang dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan

Kesimpulan

Dijual lebih mahal Rp2 juta dari Agya 1.2 E MT, Ayla 1.2 R MT ADS cocok untuk kalian yang menginginkan tampilan lebih sporty serta fitur unggulan lebih komplit.

Namun jika kalian menginginkan city car lebih murah, head rest dengan pengaturan adjustable, serta fitur keselamatan lebih komplit, Agya 1.2 E MT bisa menjawab semuanya.

Baca juga: Daihatsu Ayla Kena Recall karena ECU, Bagaimana Toyota Agya?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Agya G 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil