window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lima Alasan Mobil LCGC Cocok untuk Mudik Lebaran

Dito · 20 Mar, 2024 10:01

Mobil LCGC untuk Mudik Lebaran

Pakai mobil LCGC untuk mudik Lebaran? Kenapa tidak, ada beberapa keunggulan dari mobil tipe ini jika dipakai perjalanan jauh.

Ya, tradisi mudik Lebaran memang kerap dilakukan masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman mereka guna menemui seluruh sanak family.

Kementerian Perhubungan memprediksi pergerakan maysarakat Tanah Air saat musim mudik Hari Raya Idul Fitri 2024 bisa mencapai 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193,6 juta orang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Angka tersebut meningkat dibanding potensi pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2023 yakni 123,8 juta orang.

Sedangkan minat masyarakat terhadap pemilihan penggunaan angkutan untuk mudik lebaran terbanyak adalah kereta api sebesar 20,3% (39,32 juta), bus 19,4% (37,51 juta), mobil pribadi 18,3% (35,42 juta), dan sepeda motor sebesar 16,07% (31,12 juta). 

Nah jika Anda memang berencana mudik Lebaran dengan mobil pribadi dan memerlukan mobil baru, Anda bisa pilih beragam pilihan mobil baru berkualitas yang ada di SEVA.

Tapi jika anggaran buat Lebaran tahun ini cukup terbatas, mobil LCGC (Low Cost Green Car) untuk mudik Lebaran bisa jadi pilihan yang ideal.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa mudik dengan mobil LCGC bisa jadi pertimbangan yang dapat menguntungkan.

1. Efisien dalam Konsumsi Bahan Bakar

mobil lcgc untuk mudik lebaran

Toyota Calya cocok untuk yang anggota keluarganya lebih dari 4

Salah satu alasan mengapa mobil LCGC cocok untuk mudik adalah karena efisiensi dalam konsumsi bahan bakar.

Mobil LCGC umumnya dilengkapi dengan mesin kecil, seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang berkapasitas 1.200 cc atau Daihatsu Ayla terbaru dengan mesin lebih kecil yakni 1.000 cc.

Mesin tersebut umumnya memberikan efisiensi yang tinggi dalam hal konsumsi bahan bakar.

Apalagi berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau, juga disebutkan syarat mobil dikategorikan LCGC antara lain dari sisi konsumsi BBM.

Dalam Permenperin ini disebutkan, industri otomotif yang ingin memproduksi mobil LCGC harus memenuhi berbagai ketentuan, diantaranya mengenai ketentuan konsumsi bahan bakar kendaraan. 

"Ketentuannya ditetapkan untuk motor bakar cetus api kapasitas isi silinder 980-1200 cc dengan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) paling sedikit 20 km/liter atau bahan bakar lain yang setara, dan untuk motor bakar nyala kompresi (diesel) kapasitas isi silinder sampai dengan 1500 cc dengan konsumsi BBM paling sedikit 20 km/liter atau bahan bakar lain yang setara."

Tentunya hal ini sangat menguntungkan saat mobil LCGC dipakai untuk mudik dan menempuh perjalanan jarak jauh.

Apalagi biasanya perjalanan mudik bisa memakan waktu lebih lama dari hari-hari biasa akibat terjadi kemacetan yang panjang

Dengan mobil LCGC, Anda dapat menghemat biaya bahan bakar dan lebih mudah mengatur anggaran perjalanan.

Baca juga: 9 Hal Menarik Daihatsu Ayla 2023, LCGC yang Semakin Sporty

2. Harga Mobilnya Terjangkau

Mobil LCGC untuk Mudik Lebaran

Kalau mau yang harganya lebih murah, bisa pilih kondisi seken

Sesuai dengan namanya yakni Low Cost, maka alasan lain mobil LCGC cocok untuk mudik ialah harganya yang terjangkau.

Masih menurut Peraturan Menteri Perindustrian tadi, produksi mobil LCGC mendapatkan Program Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor dari pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan pemberian fasilitas berupa keringanan Pajak Pertambahan Nilai atas Barang Mewah (PPnBM).

Sehingga mobil tipe ini umumnya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan mobil tipe city car, hatchback, atau MPV lainnya.

Contohnya harga mobil Agya terbaru yang mulai dari Rp167 jutaan saja, sementara kembarannya, Daihatsu Ayla terbaru, bahkan lebih murah, karena diniagakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan rentang di bawah Rp200 juta.

Baik Toyota Agya maupun Daihatsu Ayla menjadi pilihan yang ekonomis untuk mudik. Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa menghemat anggaran untuk mempersiapkan perjalanan mudik, seperti biaya akomodasi yang naik berkali lipat saat musim liburan.

Kalau butuh kendaraan yang muat banyak penumpang lantaran kali ini yang ikutan mudik bukan cuma keluarga inti tapi juga ada kakek dan nenek, Anda bisa pilih LCGC berbentuk MPV 7-seater seperti Daihatsu Sigra atau Toyota Calya.

Untuk harganya juga jauh lebih murah ketimbang LMPV semacam Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, atau Suzuki Ertiga.

Contohnya Sigra, yang berdasarkan situr resmi Daihatsu di 2024, harganya mulai dari Rp138 jutaan saja.

Sementara untuk harga Toyota Calya terbaru, bisa Anda tebus dengan harga mulai dari Rp164 jutaan.

Baca juga : Review Daihatsu Ayla 2020: Pelopor LCGC nan Murah Terjangkau

3. Ukuran Kecil Manuver Mudah

Lima Alasan Mobil LCGC Cocok untuk Mudik Lebaran 03

Mobil LCGC umumnya memiliki ukuran kecil yang membuatnya lebih mudah untuk bermanuver di jalan-jalan yang padat atau sempit.

Dalam hal ini Toyota Agya dan Daihatsu Ayla jadi pilihan paling ideal.

Ketika mudik, Anda mungkin akan menghadapi jalan-jalan pedesaan atau perkotaan yang sempit, sehingga mobil dengan ukuran yang kompak bisa menjadi pilihan yang tepat.

Mobil LCGC juga cocok untuk parkir di ruang yang terbatas, baik di rest area maupun di kampung halaman.

Coba bayangkan ketika Anda menggunakan mobil tipe MPV namun yang ukuran tubuhnya cukup besar, sementara akses jalan ke rumah keluarga Anda di kampung sangat sempit.

Tentu akan lebih repot, apalagi jika kemudian berpapasan dengan kendaraan lain.

Nah disinilah letak keunggulan mobil LCGC untuk mudik Lebaran.

4. Ramah Lingkungan

Mobil LCGC untuk Mudik Lebaran

Nama "Low Cost Green Car" tidak diberikan begitu saja tanpa tujuan.

Hal itu tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 73/2019 tentang PPnBM Kendaraan Bermotor, di mana produk LCGC dikenakan syarat emisi gas buang sebesar 120 gram CO2 per kilometer.

Itu berarti, mobil jenis ini wajib memiliki emisi gas buang yang lebih rendah dan lebih ramah lingkungan karena menggunakan mesin dengan kapasitas silinder yang lebih kecil tapi dikombinasikan teknologi terbaru yang canggih.

Meskipun harga mobil Sigra, Cayla, Ayla, atay Agya cukup murah dibanding mobil lain yang sejenis, tapi pihak produsen menerapkan teknologi mesin terbaik untuk menciptakan gas buang yang ramah lingkungan.

Dengan memilih mobil LCGC untuk mudik, Anda juga turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan.

Selain itu juga mengurangi dampak negatif terhadap udara dan lingkungan sepanjang perjalanan Anda.

Baca juga: Viral Mobil LCGC Bawa Muatan Segunung, Pakar Mengemudi Ingatkan Efek Negatifnya

5. Punya Fitur yang Berguna

mobil lcgc untuk mudik lebaran

Fitur keselamatan dan keamanan di Toyota Calya sudah cukup lengkap

Meskipun mobil LCGC memiliki ukuran yang lebih kecil dan harganya murah, namun biasanya mobil LCGC dilengkapi dengan fitur yang cukup memuaskan untuk memenuhi kebutuhan harian maupun perjalanan jauh seperti mudik.

Mobil LCGC umumnya memiliki fitur standar seperti AC, audio player, power steering, dan sistem keselamatan dasar seperti sabuk pengaman, airbag dan rem ABS (Anti-lock Braking System).

Bahkan untuk Agya dan Ayla terbaru sudah dilengkapi juga dengan fitur keselamatan aktif lainnya seperti Electronic Brake Force Distribution (EBD), Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), serta fitur keamanan seperti Immobilizer dan Keyless Entry.

Fitur-fitur tersebut sudah cukup untuk memberikan kenyamanan dan jaminan keselamatan selama perjalanan mudik.

Sebagai contoh harga mobil Calya mulai dari Rp160 jutaan sudah mendapatkan fitur-fitur yang sudah bermanfaat bagi pengemudi dan penumpang sepanjang perjalanan.

Baca juga : LCGC Terkenal Irit, Konsumsi BBM Toyota Calya Ternyata Diluar Dugaan!

Kesimpulan

mobil lcgc untuk mudik lebaran

Daihatsu Ayla terbaru

Itulah lima alasan mengapa mobil LCGC untuk mudik Lebaran juag cocok jadi pilihan.

Mulai dari efisiensi bahan bakar, harga terjangkau, ukuran kecil dengan manuver mudah, ramah lingkungan, serta fitur yang cukup untuk kebutuhan mudik membuat mobil LCGC menjadi pilihan yang ideal untuk perjalanan mudik.

Beli LCGC Buat Mudik Lebaran di SEVA

Sepanjang bulan Ramadan, SEVA juga menggelar kampanye #RaihKenyamanan yang memberikan tambahan asuransi dan cashback setiap pembelian mobil baru lewat SEVA.

Anda bisa mendapatkan promo menarik berupa asuransi comprehensive mobil sampai Rp10 juta dari produk asuransi kendaraan Asuransi Astra, yaitu Garda Oto.

Lima Alasan Mobil LCGC Cocok untuk Mudik Lebaran 07

Selain itu, masih ada cashback angsuran pertama hingga Rp4 juta dengan pembiayaan dari Astra Credit Companies (ACC) dan Toyota Astra Financial Services (TAF) dengan tenor 1 - 5 tahun.

Pembelian mobil melalui SEVA juga semakin mudah berkat adanya fitur Instant Approval yang bisa memberikan persetujuan kredit mobil baru Anda dalam waktu singkat.

Jika Anda tertarik untuk membeli mobil LCGC seperti Toyota Calya, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, atau Daihatsu Sigra, Anda bisa kunjungi https://www.seva.id/ yang akan memberi dukungan konsultasi keuangan sampai proses beli mobil baru yang lebih mudah, aman, dan nyaman. Anda juga bisa mengunduh aplikasi SEVA di Play Store atau App Store untuk kemudahan dalam mencari mobil baru.

@autofun.indonesia Dari Daihatsu Ayla termurah sampai yang termahal, langsung cek cicilan dan peluang kreditnya di seva.id aja! @sevabyastra #cicilanmobil #reviewmobil #daihatsuayla #ayla ♬ Bad saxophone instrumental music - OSAMU IRIE

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil