window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

China, Jepang, dan Korsel Dukung ASEAN Bikin Ekosistem Mobil Listrik.

Herdi · 8 Sep, 2023 08:01

China, Jepang, dan Korsel Dukung ASEAN Bikin Ekosistem Mobil Listrik. 01

Negara-negara di Asia Tenggara atau ASEAN bersepakat untuk menjalin kerja sama dalam pembangunan ekosistem kendaraan listrik. 

Kesepakatan ini diumumkan saat gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-26 ASEAN yang digelar di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Selain negara-negara ASEAN, kesepakatan ini ternyata didukung negara-negara plus three yang turut hadir selama ajang internasional tersebut, yaitu Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang, dan Republik Korea.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Ratusan Mobil Listrik Digunakan untuk KTT ASEAN 2023, Hyundai IONIQ 6 Langsung Turut Serta

Pemimpin Negara-negara ASEAN

Presiden Joko Widodo (ketujuh kiri) berfoto bersama (dari kiri) Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr, PM Singapura Lee Hsien Loong, Head of Delegation Thailand Sarun Charoensuwan, PM Vietnam Pham Minh Chinh, PM Jepang Fumio Kishida, Presiden Korea Yoon Suk Yeol, Premier of the People’s Republic of China Li Qiang, PM Laos Sonexay Siphandone, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, PM Kamboja Hun Manet, PM Malaysia Anwar Ibrahim, dan PM Timor Leste Xanana Gusmao sebelum KTT ke-26 APT, di JCC, Jakarta, Rabu (06/09/2023). (Foto: Media Center KTT ASEAN 2023/Zabur Karuru/foc)

Seperti diketahu, ketiga negara maju tersebut memang jadi kiblat industri otomotif di kawasan Asia yang terkenal lebih maju. 

Menurut Presiden Joko Widodo, selama lebih dari dua dekade, ASEAN Plus Three telah membuahkan banyak hasil dan menjadi motor pertumbuhan di kawasan ASEAN. 

Mobil listrik Tesla sedang mengisi daya listrik

Mobil Tesla sedang mengisi daya listrik

"Namun, kita tidak boleh cepat berpuas diri. Kita harus terus membuka dan menciptakan peluang-peluang kerja sama baru, di mana pembangunan ekonomi hijau jadi salah satu prioritas ke depan," ungkap Presiden Jokowi saat membuka KTT ke-26 ASEAN Plus Three.

Maka dari itu Presiden Jokowi menyatakan, ASEAN sangat menghargai dukungan China, Jepang, dan Korea Selatan untuk pengembangan ekosistem EV baterai dan ASEAN-Indo-Pacific Forum.

Baca juga: 6 Negara di ASEAN yang Paling Banyak Produksi Mobil, Indonesia Keberapa?

Mobil listrik bisa mengisi daya dimana saja

Mobil listrik bisa mengisi daya dimana saja

"Ini penting bagi kemajuan dan pertumbuhan kawasan," ucap Jokowi.

Hanya saja Jokowi menyatakan, kemajuan dan pertumbuhan kawasan harus tetap terjaga, jangan sampai terganggu baik perdamaian maupun stabilitas, denga terus menghormati hukum internasional.

"Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk memiliki rasa yang sama, memiliki kesadaran yang sama, untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan dengan terus menghormati hukum internasional," ujarnya.

Baca juga: Populasi Mobil Listrik di ASEAN Dikuasai Pabrikan China, Konsumen Indonesia Paling Banyak

Sesuai dengan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo

Mobil Listrik sedang mengisi daya

Mobil listrik jadi masa depan otomotif global

Kesepakatan kerja sama dalam ekosistem kendaraan listrik kawasan ASEAN ini ditandai dengan diadopsinya dokumen "ASEAN Plus Three Leaders Statement on Developing Electric Vehicle Ecosystem"

Sejalan dengan Presiden Jokowi, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi menyatakan, bahwa adopsi dokumen tersebut merupakan implementasi dari kesepakatan para pemimpin ASEAN terhadap pengembangan ekosistem kendaraan listrik saat KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo.

“Ini adalah penerjemahan atau implementasi dari kesepakatan ASEAN yang kemudian mendapatkan dukungan kerja sama dengan negara-negara plus three-nya (RRT, Jepang, Republik Korea),” ujar Menlu.

Mobil Listri VW

Mobil Listrik VW

Meski kesepakatan kerjasama di kawasan ASEAN sudah dideklarasikan, namun sayang belum diketahui bagaimana wujud dan rencana pengaplikasian secara detail. 

Hanya saja, beberapa negara di ASEAN saat ini ikut fokus dalam hal pperkembangan pertumbuhan kendaraan elektrifikasi, termasuk Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia