window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bridgestone Sudah Persiapkan Ban Baru Untuk Mobil Listrik, Ini Teknologinya

Budi · 16 Sep, 2023 10:00

Bridgestone Sudah Persiapkan Ban Baru Untuk Mobil Listrik, Ini Teknologinya 01

Ban Bridgestone untuk mobil listrik di AS (foto: theevreport)

Pabrikan ban asal Jepang, Bridgestone sudah siap untuk mendukung perkembangan populasi mobil listrik di Indonesia. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan ban baru yang memiliki teknologi tepat untuk memaksimalkan performa dan keunggulan mobil listrik.

“Untuk ke arah sana (EV) sudah (siap) ya, bahkan risetnya kita juga sudah lama, dan di beberapa negara seperti di Eropa kita juga sudah ada ban untuk EV," ujar Managing Director PT Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno saat ditemui di Jakarta (13/9).

Dalam kesempatan tersebut, Bridgestone juga kembali menegaskan mengenai teknologi yang mereka miliki dapat membantu memaksimalkan performa dari kendaraan listrik itu sendiri. “Misalkan dengan ban yang dipakai mobil EV itu (penghematan energi) di angka 50%, dengan ban Bridgestone yang khusus untuk EV bisa lebih baik lagi lagi,” papar Gatot Adrie Triyono selaku Head of Consumer Sales & Marketing, Product Planning and Retail Development Bridgestone Indonesia.

Baca juga: Bridgestone Indonesia Berencana Hadirkan Produk Khusus Mobil Listrik, Apa Bedanya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Teknologi Ban Mobil Listrik Bridgestone

Salah satu inovasi yang ditunjukkan oleh Bridgestone Indonesia adalah teknologi Enliten yang sudah lebih dulu diperkenalkan di pasar global pada beberapa produk line up ban Bridgestone. Bahkan sejak ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 lalu, ternyata Bridgestone Indonesia sudah memberikan sinyal soal inovasi teknologi ini.

Ban mobil listrik

Kala itu, Mukiat mengatakan teknologi Enliten ini memang akan segera dihadirkan di Indonesia. Terlebih penjualan mobil listrik di Indonesia yang juga sedang meningkat, sehingga pada akhirnya mereka harus siap menghadapinya.

“Untuk teknologinya kami sudah siap. Jadi kapanpun kalo kita melihat angka (populasi) EV makin bertambah, tentunya untuk kita (persoalan) lebih ke persediaan molding (cetakan) untuk ban-nya. Karena untuk teknologinya (kami) sudah siap kita,” jelas Gatot.\

Ban mobil listrik

Teknologi Enliten sendiri disebutkan oleh Bridgestone awal tahun ini mempunyai tiga keunggulan. Mulai dari bahan baku generasi terbaru, konstruksi yang lebih optimal dan kembangan ban yang baru. Efeknya memberikan kebisingan yang lebih rendah, bobot lebih ringan, efisiensi lebih baik dan usia ban lebih panjang karena tidak cepat aus.

Baca juga : Bridgestone Ecopia EP150 Dipakai Mitsubishi Xpander Cross, Ini Kelebihannya

"Terkait noise, karena ini untuk EV jadi harus nempel (pada ban baru ini). Kalau tidak kan lucu, mobilnya sudah tidak ada suara, tapi malah suara bannya yang berisik. Untuk rolling resistance juga harus (rendah), karena kalau tidak pemakaian listriknya akan lebih boros. Jadi, rolling resistance makin rendah, bahan bakar kita pun jadi lebih irit," tambah Mukiat.

Ban dengan teknologi Enliten memberikan hambatan gulir lebih rendah 30% dari ban lainnya. Hal ini berkontribusi pada kondisi mesin saat pembakaran hingga konsumsi bahan bakar dan emisi CO2, dan secara signifikan dapat menghemat pemakaian baterai pada mobil listrik.

Bridgestone Sudah Persiapkan Ban Baru Untuk Mobil Listrik, Ini Teknologinya 03

Toyota Prius di Jepang telah menggunakan Bridgestone Ecopia dengan teknologi Enliten

Teknologi ini bahkan diklaim mampu menghemat bahan bakar atau baterai hingga 20% dibandingkan dengan ban teknologi regular, termasuk penggunaan bahan baku yang 2 kg lebih ringan. Di pasar Amerika Utara, Bridgestone telah memiliki ban Turanza EV yang menggunakan teknologi Enliten, bahkan di Jepang, generasi terbaru Toyota Prius (Spesifikasi | Berita) juga telah menggunakan Bridgestone Ecopia dengan teknologi serupa.

Baca juga: Bridgestone Pajang Ban Buatan Tahun 1975 di GIIAS 2023

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Toyota Prius Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia