window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Populasi Mobil Listrik di ASEAN Dikuasai Pabrikan China, Konsumen Indonesia Paling Banyak

Prasetyo · 26 Jul, 2023 12:02

Mobil Listrik China

Mobil listrik China kini menjadi populasi terbesar di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Hal ini diperkuat data dari Counterpoint Research yang melaporkan jika 75 persen penjualan mobil listrik di ASEAN adalah berasal dari mobil-mobil Tiongkok.

Bahkan Reuters juga menuliskan kalau 3 dari 4 unit setiap EV yang terjual di Asia Tenggara asalnya dari merek China.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Thailand Diserbu Pabrikan Mobil Listrik China Buat Bikin Pabrik, Indonesia Kapan?

Insetif Bikin Populasi Mobil Listrik China Meledak

Mobil listrik China

Hampir setiap pekan ada EV baru di China

Berkembang pesatnya ekosistem EV di Tiongkok satu dari beberapa pemicunya adalah insentif dari pemerintah setempat.

Disana insentif bukan hanya diberikan kepada produsen yang membuat pabrik dan berinvestasi secara lokal, tapi juga ada pemberian subsidi untuk konsumen yang mau beli EV.

Hal inilah yang membuat perusahaan besar seperti Great Wall Motor (GWM) dan BYD berinvestasi besar-besaran di negara tersebut untuk memproduksi mobil listrik.

Mobil listrik BYD

BYD jadi pabrikan yang agresif berinvestasi

Tapi Thailand yang menjadi pusat manufaktur mobil di ASEAN juga mulai dibidik oleh perusahaan China.

Karenanya GWM dan BYD pun rela menggelontorkan investasi hingga USD1,44 miliar guna membangun fasilitas produksi di Thailand.

Baca juga: Mobil Cina Ini Bungkam Pabrikan Jepang dan AS, Jadi yang Paling Laris di Banyak Negara

China Ingin Geser Dominasi Jepang

BYD Atto 3

BYD Atto 3 jadi mobil listrik terlaris di ASEAN

Saat ini pada kuartal pertama 2023 tercatat sebanyak 79 persen mobil yang terjual di kawasan ASEAN adalah hasil produksi dari Thailand.

Dan Thailand berambisi ingin bisa memproduksi EV sebanyak 2,5 juta unit per tahun, atau sekitar 30 persen dari total produksi asal negara tersebut.

Kekuatan ini didorong atas hadirnya berbagai investasi dari pabrikan China yang ingin melawan produsen Jepang karena selama ini sudah begitu dominan di sektor otomotif Thailand.

Neta V

Neta V yang kabarnya juga akan dipasarkan di Indonesia

BYD Atto 3 adalah mobil listrik terlaris di kawasan ini, diikuti Neta V dari Hozon New Energy Automobile yang kabarnya juga sedang mendirikan fasilitas lokal di Thailand.

Tapi sejatinya pertumbuhan pasar EV di ASEAN secara total tidaklah terlalu signifikan, karena selama periode kuartal pertama 2023 hanya naik 0,3 persen dibanding tahun lalu.

Indonesia, Thailand, dan Malaysia disebut oleh Counterpoint sebagai pasar EV terbesar di Asia Tenggara, diikuti Vietnam, Filipina, Singapura, dan Myanmar.

Baca juga: Sudah Berusia 20 Tahun, Jutaan Unit Brio Hingga WR-V Lahir dari Pabrik Honda di Karawang

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Wuling Air EV Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia