DFSK Glory i-Auto Lebih Irit Dari Wuling Almaz? Jawabannya Ada di Artikel Ini

Enda · 18 Sep, 2020 17:00

DFSK Glory i-Auto Lebih Irit Dari Wuling Almaz? Jawabannya Ada di Artikel Ini 01

Mobil jenis Mid Size Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia belum lama ini kedatangan anggota baru dari produsen otomotif jenama Cina. DFSK secara resmi menjual Glory i-Auto yang mana menurut situs resminya, Intelligent SUV ini dibandrol Rp329.699.000 (On The Road Jakarta).

Ditanami beragam fitur menarik yang terbilang ergonomis dan fungsional, DFSK Glory i-Auto memiliki rival utama yang hadir lebih dulu dan banyak memikat hati konsumen di Tanah Air. Sama-sama mempunyai fitur unggulan dan ditawarkan dengan harga di bawah Rp350 juta, SUV tipe teratas Wuling Almaz saat ini dijual dengan harga Rp341.800.000 (On The Road Jakarta).

Bicara tentang konsumsi bahan bakar, keduanya bisa dikatakan memiliki catatan yang tidak jauh berbeda. Hal ini dikarenakan baik DFSK Glory i-Auto maupun Wuling Almaz sama-sama ditanami mesin berkubikasi 1.5L dengan dorongan turbo.

Penasaran dengan catatan konsumsi bahan bakar Glory i-Auto dan Wuling Almaz? Simak terus ulasannya.

Catatan konsumsi bahan bakar DFSK Glory i-Auto

DFSK Glory i-Auto Lebih Irit Dari Wuling Almaz? Jawabannya Ada di Artikel Ini 02

Secara data spesifikasi mesin yang dimiliki, DFSK Glory i-Auto dilengkapi mesin berkodekan SFG15T, 1.5L Turbocharged dengan performa tinggi mencapai 150 PS @5.600 Rpm dan torsi maksimal mencapai 220 Nm @1.800-4.000 Rpm. Untuk kalian yang belum tahu, mesin yang sama juga ditanamkan pada DFSK Glory 580.

Untuk menyalurkan tenaga ke penggerak roda di depan, DFSK Glory i-Auto menggunakan transmisi model CVT, yang mana dalam mengatur perpindahan gigi dilakukan secara otomatik dengan lebih Smooth. Pada gigi rendah transmisi CVT yang dianutnya, mampu menyalurkan torsi lebih kuat ketika diharuskan menanjak di medan yang cukup terjal.

DFSK Glory i-Auto Lebih Irit Dari Wuling Almaz? Jawabannya Ada di Artikel Ini 03

Menghasilkan tenaga cukup besar, membuat DFSK Glory i-Auto terbilang irit dalam hal catatan penggunaan bahan bakar.

Ketika pengetesan dilakukan di dalam perkotaan, konsumsi bahan bakar DFSK Glory i-Auto tergolong irit. Di mana Intelligent SUV ini mampu mencetak jarak 10 kilometer dengan hanya penggunaan BBM 1 liter.

Pengetesan selanjutnya dilakukan di jalur trek lurus bebas hambatan. Dalam uji coba kali ini, mobil melaju dikecepatan rata-rata 90 km/jam. DFSK Glory i-Auto berhasil mencatat angka 13.5 kilometer setiap penggunaan 1 liter bahan bakar minyak jenis bensin.

Catatan konsumsi bahan bakar Wuling Almaz

DFSK Glory i-Auto Lebih Irit Dari Wuling Almaz? Jawabannya Ada di Artikel Ini 04

Merupakan salah satu ‘Flagship’ SUV asal Cina, Wuling Almaz juga memiliki volume kubikasi mesin yang sama dengan DFSK Glory i-Auto.

Menurut data, Wuling Almaz ditanami mesin 1.5L, DOHC, DVVT, with Turbocharged. Tenaga yang dihasilkan mencapai 140 Hp @5.200 Rpm serta menghasilkan torsi maksimal sebesar 250 Nm @1800-3.600 Rpm.

Sama seperti DFSK Glory i-Auto, Wuling Almaz juga menggunakan roda depan sebagai penggerak utama dari tenaga yang disalurkan oleh mesin dengan peletakan model tranverse. Soal transmisi, Wuling mengawinkan gearbox otomatik CVT garapan Bosch yang menawarkan perpindahan percepatan secara halus. Untuk kalian yang suka akan tenaga responsif, transmisi jenis ini juga dapat dioperasikan secara manual dengan 8-percepatan.

DFSK Glory i-Auto Lebih Irit Dari Wuling Almaz? Jawabannya Ada di Artikel Ini 05

Sama seperti DFSK Glory i-Auto, Wuling Almaz juga terbilang irit dalam hal penggunaan bahan bakar.

Ketika pengetesan dilakukan di dalam perkotaan, Wuling Almaz mampu menempuh jarak hingga 10 km dalam setiap penggunaan 1 liter BBM jenis bensin. Begitupun saat uji coba keiritan dilakukan di jalur bebas hambatan. Saat berlari dikecepatan rata-rata 90 km/jam, Wuling Almaz berhasil mencatat jarak 14 km/liter.

Spesifikasi mesin
Model DFSK Glory i-Auto Wuling Almaz
Tipe Mesin 1.5L 4 silinder DVVT Turbo 1.2L 4 silinder DOHC, DVVT, with Turbocharged
Tenaga 150 Ps @5.600 Rpm 140 Hp @5.200 Rpm
Torsi 220 Nm @1.800-4.000 Rpm 250 Nm @1.800-3.600 Rpm
Transmisi CVT CVT
Sistem Penggerak FWD FWD

 

Konsumsi BBM
Model DFSK Glory i-Auto Wuling Almaz
BBM dalam kota 10 km/liter 10 km/liter
BBM luar kota 13.5 km/liter 14 km/liter

Kesimpulan

Sebagai produk otomotif asal Cina yang belum genap lima tahun turut meramaikan kancah otomotif nasional, baik DFSK Glory i-Auto maupun Wuling Almaz, sama-sama ditanami mesin berkubikasi 1.5L. Untuk mendapatkan tenaga lebih besar dan meraih responsif secara cepat, keduanya juga sudah ditanami turbocharged. Tidak hanya itu, DFSK Glory i-Auto dan Wuling Almaz juga menggunakan transmisi model CVT yang secara pengoperasian bisa diubah menjadi manual.

Saat bicara keiritan, keduanya memiliki catatan yang baik. Ketika berkendara di dalam kota, DFSK Glory i-Auto dan Wuling Almaz mampu mencatat angka 10 km/liter. Sedangkan saat berkendara di jalur bebas hambatan dengan kecepatan rata-rata 90km/jam, DFSK Glory i-Auto mencatat konsumsi bahan bakar 13.5km/liter, dan Wuling Almaz meraih angka yang lebih baik, yakni 14km/liter.

Dalam pengetesan kali ini, Intelligent SUV asal Cina paling irit dimenangkan oleh Wuling Almaz. Namun, begitu pilihan kembali di tangan Anda. Disarankan untuk memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan rasa kepercayaan Anda.

 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

DFSK Glory i-Auto 1.5L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru