window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Dipastikan Datang Tahun Depan, Isuzu MU-X 2021 Lebih Keren. Ini Bedanya!

Bent Aulia · 8 Des, 2020 14:00

Dipastikan Datang Tahun Depan, Isuzu MU-X 2021 Lebih Keren. Ini Bedanya! 01

Meski pasar otomotif sedang mengalami penurunan selama beberapa bulan terakhir akibat pandemi COVID-19, namun Isuzu dengan mantap memperkenalkan edisi terbaru dari Isuzu MU-X. Setelah meluncur di Thailand beberapa waktu lalu, Isuzu Indonesia sepertinya sedang mempersiapkan kehadiran Isuzu MU-X 2021 ke pasar Tanah Air.

Siap diboyong dari Thailand

Pasar Thailand memang sudah dipastikan mendapatkan generasi kedua dari Isuzu MU-X 2021 yang diluncurkan pada akhir Oktober lalu. MU-X generasi kedua ini ditawarkan dalam enam varian dengan harga mulai dari 1.109.000 bath (Rp517 jutaan) hingga 1.579.000 bath (Rp737 jutaan).

Isuzu MU-X 2021 di pasir

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

MU-X memang menjadikan Thailand sebagai tempat peluncurkan generasi terbaru. Tapi beberapa pasar di ASEAN hingga Australia diprediksi akan menerima kedatangan ubahan teranyar MU-X sejak facelift generasi pertama dirilis tahun 2017 silam.

Dilansir dari berbagai sumber, kemunculan All New Isuzu MU-X di Indonesia dikonfirmasi sendiri oleh salah satu petinggi PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) yang menjadi Agen Pemegang Merek Isuzu di Indonesia.

Adalah Instructor Training Center PT IAMI, Thomas Aquino Wijanarka, yang mengungkapkan rencana IAMI memboyong SUV tiga baris tersebut. “Sedang dalam tahap proses, mudah-mudahan dalam tahun depan,” jelas Thomas kepada media.

eksterior Isuzu MU-X 2021

Rencana ini memang menjadi bagian dari kesiapan Isuzu untuk menghadapi tahun 2021. Pasalnya, seperti pabrikan lainnya, penjualan Isuzu di tahun ini terasa porak poranda akibat pandemi COVID-19. Dan kehadiran MU-X baru akan menjadi oasis untuk pasar otomotif Tanah Air.

Dibandingkan model sebelumnya, MU-X mendapatkan banyak perombakan. Eksterior menghadirkan tampilan yang lebih ramping dan tajam menggunakan grille dengan desain lebih kecil. Ubahan di belakang menawarkan kesan minimalis untuk SUV berdaya besar milik Isuzu ini.

Masuk ke dalam kabin, MU-X menawarkan berbagai teknologi dan tampilan yang lebih modern dibandingkan ketika pertama kali meluncur tahun 2013 silam. Beberapa pengaturan baru disematkan, termasuk ventilasi udara pada baris kedua dan ketiga.

kursi Isuzu MU-X 2021

Beragam fitur yang diberikan termasuk lampu depan LED, head unit layar sentuh 7 dan 9 inci, kluster instrument TFT 4.2 inci, pengaturan kursi pengemudi 6 arah, keyless entry, dan dual zone climate control untuk memberikan rasa nyaman bagi penumpang di belakang.

Di sektor keselamatan, MU-X terbaru dilengkapi 6 airbag, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Electronic Stability Control, Hill Start Assist serta Hill Descent Control.

airbag Isuzu MU-X 2021

Beberapa fitur baru dan hanya diberikan pada varian tertinggi termasuk Autonomous Emergency Warning, Forward Collision Warning, Speed Limiter, Automatic High Beam, Multi-Collision Brake, Lane Departure Warning, dan Pedal Misapplication System.

Sejarah Isuzu MU-X

Isuzu yang dikenal sebagai Rajanya Diesel masih tetap menjanjikan ketika membawa SUV bergaya sporty ini. Meski sudah diperkenalkan pertama kali pada tahun 2013, namun mobil ini baru masuk ke Indonesia setahun kemudian.

Isuzu MU-X 2013

Sedari awal, MU-X hingga saat ini menggunakan basis dari truk pikap isuzu D-Max yang sudah lebih dulu melaju di jalanan Tanah Air sejak tahun 2003. Sama-sama menggunakan basis ladder frame, Isuzu MU-X 4x4 juga mendapatkan penggerak empat roda yang lebih sporty dengan Isuzu MU-X Premiere sebagai varian tertinggi.

Generasi pertama

Isuzu MU-X generasi pertama langsung mendapatkan spotlight di antara pesaingnya, seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero. Harga yang terjangkau serta ketangguhan mesin diesel Isuzu sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi mobil ini.

sisi samping Isuzu MU-X 2013

Kesan gagah langsung terasa ketika melihat bagian luar mobil ini. Mulai dari lampu depan dengan proyektor untuk kesan modern, lampu kabut, hingga grille berlapis chrome yang membuatnya terasa maskulin. Side body molding tak ketinggalan membawa kesan tegas bergaya SUV pada mobil ini.

Masuk ke dalam kabin, ruang tiga baris kursi cukup lapang. Dashboard Isuzu MU-X 2014 kala itu membawa LCD 7 inci Monitor True Mirroring yang terintegrasi dengan HDMI, USB, CD, dan Bluetooth. Climate Control AC dan Cruise Control disematkan pada Isuzu MU-X Premiere sebagai varian tertinggi.

dashboard Isuzu MU-X 2013

MU-X mengandalkan mesin 2.5L yang mampu menyemburkan tenaga 135 hp dan torsi 320 Nm. Isuzu menambahkan transmisi triptonic sequential shift 5-percepatan otomatis yang terintegrasi teknologi Adaptive Gradient Logic Control, menjanjikan perpindahan gigi yang mulus.

Facelift pertama

Lalu pada Hari Valentine, tepatnya pada 14 Februari 2017, Isuzu Thailand mengungkapkan teaser video dan website edisi facelift Isuzu Mu-X. Lalu model berkode RF20 ini diungkapkan kepada masyarakat pada 4 Maret 2017, sebelum Bangkok International motor Show 2017 dihelat.

dashboard Isuzu MU-X 2017

Ada beberapa komponen dan tampilan yang berubah. Mulai dari lampu depan dan belakang dengan teknologi LED terintegrasi mulai diperkenalkan, peningkatan kualitas interior dengan penambahan material soft touch dan dual tone, serta kekedapan kabin yang semakin diperkuat.

Hanya saja ubahan kali ini masih bersifat kosmetik. Pasalnya mesin yang digunakan masih tetap sama dengan model generasi pertama MU-X yang dipasarkan di Tanah Air. Varian tertinggi masih dipegang oleh Isuzu MU-X Premiere.

Perbedaan Isuzu MU-X 2021 dan edisi sebelumya

Isuzu memperkenalkan edisi terbaru dari generasi kedu MU-X dengan berbagai perubahan serta peningkatan teknologi guna membantu pengendara menempuh semua meda. Hanya saja Isuzu MU-X 4x4 kali ini hanya diberikan pada varian tertinggi.

Eksterior

Dibuat berdasarkan Isuzu D-Max terbaru, MU-X berbasis sasis ladder frame yang sama dengan saudara pikapnya. Terdapat penambahan dimensi, MU-X lebih panjang 25+, lebih lebar 10 mm, dan lebih tinggi 35 mm. Sedangkan wheelbase meningkat 10 mm dibandingkan generasi pertama.

grille Isuzu MU-X 2021

Bodi yang lebih besar membuatnya sedikit berbeda dibandingkan D-Max yang lebih agresif. Dengan grille depan World Cross Flow, menampilkan bilah yang lebih sempit dibandingkan MU-X lama. Lampu depan lebih ramping, serta lampu kabut dipindahkan ke arah sudut.

velg Isuzu MU-X 2021

Di samping, desain pintu mendapatkan revisi. Bersama lekukan bodi yang lebih menonjol serta tambahan velg 20 inci menggantikan velg 18 inci. Pintu belakang terasa lebih mulus, diapit oleh lampu belakang LED yang khas dan spatbor dibuat lebih membulat.

Interior

Untuk menggaet pengguna yang lebih muda, tak heran jika Isuzu membawa beberapa perubahan pada bagian kabin. Menjadikan SUV berdaya besar ini tampilan yang lebih modern dibandingkan sebelumnya. Tapi ingat, perubahan di Thailand tak semuanya datang ke Indonesia.

dashboard Isuzu MU-X 2021

Dimensi yang lebih besar tentu saja berpengaruh pada ruang kabin yang lebih lapang. Interior tetap berlapis kulit, didukung dengan kursi depan berteknologi pengaturan 8 arah, dimana model lama hanya 6 arah. Kenyamanan di dalam kabin dihiasi bahan Coolmax untuk meningkatkan sirkulasi udara.

setir Isuzu MU-X 2021

Trim Champagne Gold menghiasi interior dari dashboard hingga panel pintu di pasar Thailand. Ada ambient light untuk rasa elegan di dalam kabin. Kursi belakang bisa dilipat rata lantai, memberikan banyak konfigurasi untuk kepraktisan dibandingkan edisi sebelumnya.

Menyasar segmen keluarga, MU-X baru juga menawarkan banyak ruang penyimpanan dan tempat menaruh minuman bagi semua penumpang. Ruang bagasi memang tak banyak berubah, cukup baik untuk membawa berbagai barang kebutuhan sehari-hari.

Mesin

Ada dua pilihan mesin All New Isuzu MU-X di Thailand. Yang pertama ada mesin 1.9T berkode RZ4E-TC berteknologi turbo bagi model bawah. Keluaran tenaganya pun masih standar, yaitu 148 hp dan torsi 350 Nm yang cukup baik untuk pengendaraan di medan kasar.

mode berkendara Isuzu MU-X 2021

Sedangkan varian tertinggi mendapatkan mesin 3.0L dengan kode 4JJ3-TCX yang mampu mengeluarkan hingga 188 hp dan torsi maksimal 450 Nm. Ada dua pilihan transmisi, manual dan otomatis 6-percepatan. Begitu juga dengan pilihan penggerak roda dua dan Isuzu MU-X 4x4 dengan penggerak empat roda.

Bisa dibilang dua mesin yang dipakai pada Isuzu MU-X 2021 di Thailand memiliki performa yang lebih baik dibandingkan versi Indonesia. Pasalnya model MU-X yang dijual saat ini ‘hanya’ menggunakan mesin 4JK1-TC dengan kapasitas 2.5L 4-silinder.

mesin Isuzu MU-X 2020

Tanpa pilihan mesin lainnya, konsumen Tanah Air saat ini hanya mendapatkan tenaga maksimal 135 hp dan torsi puncak 320 Nm. Tentu saja keluarannya kalah jauh dibandingkan mesin baru dari generasi Blue Power yang lebih maju.

Namun sepertinya penggemar MU-X di Indonesia tak bisa berharap mesin baru ini akan dibawa ke Indonesia. Dilansir dari berbagai sumber, PT IAMI nantinya masih menggunakan mesin lama meski nantinya akan membawa generasi terbaru MU-X.

Fitur

Salah satu fitur baru yang ditawarkan pada mobil ini termasuk sistem AC dual zone. Bukan hanya memberikan pengaturan yang lebih baik, namun Isuzu melengkapinya dengan teknologi filter udara PM 2.5 yang diklaim mampu menyaring udara kotor.

head unit Isuzu MU-X 2021

Sistem audio yang baru memberikan kemudahan dalam menghubungkan head unit dengan smartphone. Layaknya model baru lainnya, All New Isuzu Mu-X sudah bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto dengan sangat baik.

Sistem keselamatan pintar Advanced Driver Assitance System (ADAS) membawa fitur pengendaraan baru. Mulai dari Adaptive Cruise Control (ACC) untuk menjaga kecepatan kendaraan, Forward Collision Warning (FWD) dengan Autonomous Emergency Braking (AEB) yang akan mengintervensi pengereman ketika mendeteksi ada objek di depan.

sistem ADAS Isuzu MU-X 2021

Bandingkan dengan fitur ‘standar’ yang dibawa oleh MU-X Indonesia. Beberapa fitur yang ditawarkan mulai dari head unit 2DIN 7 inci, AC Auto Control, Auto Cruise Control, serta sistem pengereman ABS dan EBD.

fitur berkendara Isuzu MU-X 2021

Kelengkapan sistem keselamatannya tak jauh berbeda dibandingkan mobil baru saat ini. Seperti Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), serta Hill Start Assist dan Hill Descent Control.

Harga

Dibandingkan di Indonesia, Isuzu memang sama populernya di Thailand maupun Australia sebagai kendaraan tangguh di semua medan. Maka tak heran jika lebih banyak pilihan varian yang ditawarkan di Negara Gajah Putih tersebut.

harga Isuzu MU-X 2021

Pilihan bermesin 1.9L dipasangkan pada empat varian, yaitu Isuzu MU-X 1.9 Active, 1.9 Luxury, 1.9 Elegant, dan 1.9L Ultimate sebagai varian tertinggi. Sedangkan Isuzu bermesin 3.0 hanya eksklusif bagi varian 3.0L Ultimate dan 3.0L Ultimate 4WD.

Hampir setiap varian mendapatkan transmisi 6-percepatan otomatis serta sistem penggerak roda roda. Sedangkan varian 1.9 Luxury bisa didapatkan dengan pilihan transmisi 6-percepatan manual. Hanya model MU-X 3.0 Ultimate 4WD satu-satunya varian berpenggerak empat roda.

New Isuzu MU-X 2021

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, harga Isuzu MU-X 2021 di Thailand dimulai dari 1.109.000 bath untuk tipe 1.9 Active 2WD AT (Rp519 jutaan).

Bandingkan dengan di Indonesia, ada tiga varian MU-X yang dipasarkan. Harga Isuzu MU-X 2020 untuk varian entry level yaitu Rp459 jutaan pada varian MU-X I Series. Varian menengah Isuzu MU-X 4x4 dihargai Rp490 jutaan.

Isuzu MU-X Premiere

Bagi konsumen yang menginginkan model yang paling lengkap, ada varian Isuzu MU-X Premiere. Harga Isuzu MU-X 2020 dengan varian tertinggi ini mulai dari Rp520 jutaan. Tak begitu jauh dengan sang pesaing, Mitsubishi Pajero Sport yang dibanderol mulai dari Rp490 jutaan.

Kesimpulan

Perubahan kali ini membawa MU-X lebih modern dibandingkan edisi sebelumnya. Semuanya berkat peningkatan teknologi dan tampilan yang menawan untuk menggaet konsumen keluarga. Namun penggemar SUV bergaya sporty ini harus menunggu beberapa bulan lagi untuk mendapatkan servis Isuzu MU-X 2021 terbaru di Indonesia.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Isuzu MU-X 4X4 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil