FAQ Isuzu MU-X i-Series, SUV Termurah Jepang Lawan Beratnya Mitsubishi Pajero Sport

Yongki Sanjaya · 1 Apr, 2021 15:00

FAQ Isuzu MU-X i-Series, SUV Termurah Jepang Lawan Beratnya Mitsubishi Pajero Sport 01

Pertarungan di segmen SUV 7-seater begitu sengit setelah Wuling merilis Almaz RS yang fenomenal. Namun beda kasus untuk segmen SUV ladder frame, konsumen selama ini cenderung memilih Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport 2021. Banyak orang yang lupa, kalau Isuzu memiliki MU-X i-Series yang harganya lebih murah tapi fiturnya tak kalah dari dua SUV Jepang penguasa pasar.

Sebagai merek kawakan, Isuzu jelas tidak bisa dianggap remeh soal kualitas produknya. Kita sudah tahu betapa melegendanya sosok Isuzu Panther di Indonesia. Kini, Isuzu coba peruntungannya di segmen SUV melalui MU-X.

Sebagai SUV 7-seater ladder frame, MU-X ini pakai platform yang serupa dengan pick up double cabin Isuzu D-Max. Namun demikian, pihak Isuzu tentu melakukan banyak penyesuaian supaya MU-X layak sebagai SUV yang cukup mewah.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Merunut sejarahnya, Isuzu MU-X telah hadir sejak tahun 2014, dan menjadi salah satu opsi di luar Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Jika Anda ingin mobil big SUV dengan konfigurasi 7-penumpang yang harganya lebih bersahabat, MU-X bisa jadi pilihan tepat.

Untuk saat ini Isuzu MU-X cuma tersedia dalam tiga pilihan, yaitu:

  • MU-X A/T i-Series Rp459.000.000    
  • New MU-X 4x4 M/T Rp490.000.000
  • MU-X Premiere Rp520.600.000

Dari ketiga pilihan tersebut, kali ini kami akan membahas tipe terbawah yaitu i-Series. Walaupun tipe terbawah, namun MU-X i-Series ini sudah didukung fitur yang proporsional. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini FAQ Isuzu MU-X i-Series:

Pakai Mesin Turbo, Apakah Isuzu MU-X Bisa Minum Solar Bersubsidi? 

 

Pertanyaan ini pasti akan selalu muncul di kalangan pengguna diesel di Indonesia. Sebab, tidak semua SPBU menyediakan solar non subsidi untuk mendukung mesin diesel commonrail. Untuk perjalanan ke kota-kota kecil, apakah Isuzu MU-X i-Series bisa minum solar bersubsidi? 

Jawabnya iya, mesin Isuzu MU-X bisa memakai bahan bakar Solar B20. Isuzu MU-X 4×2 i-Series didukung mesin Turbo Diesel Isuzu 4JKl-TC, 2.5L berteknologi Direct Fuel Common Rail. 

Tenaga yang dihasilkan sebesar 136 PS dan torsi flat 32,6 Kgm/1.800-2.800 rpm. Mesin MU-X ini juga didukung sistem Turbocharge lntercoolcd VGS (Variable Geometry System).

Tidak perlu khawatir melakukan perjalanan ke kota-kota pelosok, karena mesin Isuzu MU-X mampu menyesuaikan dengan bahan bakar yang ada di Indonesia. Isuzu telah membekali MU-X dengan filter ganda dan Diamond Like-Carbon pada sistem bahan bakarnya. Alhasil, penyaringan optimal ini menjadikan mesin lebih tahan lama.

Apakah Fitur di Isuzu MU-X Cukup Lengkap dan Premium?

FAQ Isuzu MU-X i-Series, SUV Termurah Jepang Lawan Beratnya Mitsubishi Pajero Sport 01

Pertanyaan selanjutnya yang perlu kalian pikirkan sebagai bahan pertimbangan ialah soal kelengkapan fiturnya. Tentu saat beli mobil baru kita perlu melihat apa saja fitur yang dimiliki karena akan mendukung kenyamanan saat perjalanan.

Isuzu Mu-X i-Series saat ini jadi yang termurah untuk kelas ladder frame 4x2. Tapi soal kemewahan, Isuzu Mu-X i-Series sudah masuk ke level yang cukup istimewa di rentang harga segitu.

Masuk ke interior, jok dibalut aksen leather dengan aksen jahitan yang menarik. Dari sisi pengemudi, pengaturan jok seluruhnya telah memakai sistem elektrik, sedangkan untuk penumpang depan masih manual.

Mobil ini bisa memberikan ruang legroom yang nyaman untuk masing-masing baris. Sayangnya, secara posisi tidak bisa dibuat maju mundur untuk jok baris kedua. Akses ke jok belakang juga tetap nyaman dan leluasa karena menggunakan one-touch tumble. 

FAQ Isuzu MU-X i-Series, SUV Termurah Jepang Lawan Beratnya Mitsubishi Pajero Sport 02

Untuk fitur hiburan didukung sistem audio 8 inci terintegrasi di area dashboard, dengan koneksi USB, Aux, Bluetooth, dan memiliki fitur tambahan Radio dan DVD. Menariknya, Isuzu MU-X i-Series 2019 memiliki fitur speaker di 8 titik dan bahkan ada di bagian atap.

Hal ini memungkinkan kualitas audio di area jok depan serta jok baris kedua hingga ketiga kualitasnya terjaga dan bisa sama baiknya.

Suspensi di Isuzu MU-X, Bagaimana Kenyamanannya?

FAQ Isuzu MU-X i-Series, SUV Termurah Jepang Lawan Beratnya Mitsubishi Pajero Sport 03

Pada umumnya SUV memiliki bantingan suspensi yang keras supaya tidak limbung di jalan off-road. Isuzu mensiasati ketidaknyamanan tadi dengan memasang stabilizer lima cincin. Kaki-kaki memakai Independent Double Wishbone di depan dan 5-link suspension di belakang.

Kelebihan Isuzu MU-X I-Series pun terdapat coil spring dan stabilizer bar pada keempat rodanya. Dukungan gas shock absorber di keempat roda dan 5-link rear suspension membuat redamannya oke. 

Secara karakter mobil, MU-X bukan untuk Anda yang gemar fun to drive. Karakternya lebih pas untuk sekedar pencari kenyamanan berkendara sehari-hari di berbagai medan. 

Karena suspensi yang empuk tentu menimbulkan efek body roll, terutama saat berkendara sendiri. Tapi saat melewati jalanan berlubang atau tidak rata, justru suspensi ini bisa berbicara banyak dan bisa menjaga kenyamanan dengan baik.

Harga Murah, Apakah Fitur Keselamatan di Isuzu MU-X i-Series Minim?

FAQ Isuzu MU-X i-Series, SUV Termurah Jepang Lawan Beratnya Mitsubishi Pajero Sport 04

Walaupun dijual dengan harga paling murah di antara para kompetitornya, namun Isuzu MU-X i-Series sudah proporsional soal fitur keselamatan. Mungkin bukan yang terlengkap tapi setidaknya sangat ideal pada rentang harga di bawah Rp500 juta.

Untuk sisi keselamatan berkendara, MU-X disokong kantung udara ganda dan sabuk keselamatan tiga titik di tiap baris. Pada bagian rem, Isuzu MU-X sudah menggunakan rem cakram pada seluruh rodanya.

Fitur keselamatan semakin lengkap dengan adanya fitur-fitur ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake Distribution), BA (Break Assist), ESC (Electronic Stability Control), TCS (Traction Control System), dan juga HSA (Hill Start Assist) dan HDC (Hill Descent Control). 

HSA dan HDC membantu pengemudi dengan cara mengontrol rem untuk tetap pada kecepatan rendah saat melalui jalanan menurun. Ini membuat Isuzu MU-X semakin aman untuk dikendarai di medan sulit sekalipun.

Kesimpulan

FAQ Isuzu MU-X i-Series, SUV Termurah Jepang Lawan Beratnya Mitsubishi Pajero Sport 05

Harga Rp459 juta menjadikan Isuzu Mu-X i-Series sebagai model termurah untuk big SUV ladder frame dari brand Jepang. Sekalipun menjadi model paling murah, fiturnya sudah cukup menggoda untuk konsumen di rentang harga tersebut.

Hal yang kami rasa jadi nilai plus ialah MU-X masih bisa mengkonsumsi Bio Solar yang ketersediaannya lebih terjamin di pelosok-pelosok daerah. Mobil dengan kemampuan seperti ini sangat cocok untuk digunakan berkendara jarak jauh dan sampai ke pelosok daerah tanpa perlu khawatir.

Fitur yang tersedia juga sudah oke, walaupun tidak bisa dipungkiri kalau harga yang murah membuat MU-X i-Series tidak bisa kaya fitur. Jadi, apakah tertarik jadikan MU-X sebagai alternatif baru SUV?  

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Isuzu MU-X 4X4 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru