window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Februari 2023, Pemerintah Siap Rampungkan Insentif Mobil Listrik, Berapa Besarannya?

Herdi · 29 Jan, 2023 10:07

Februari 2023, Pemerintah Siap Rampungkan Insentif Mobil Listrik, Berapa Besarannya? 01

Awal Februari 2023 pemerintah akan segera merampungkan aturan terkait pemberian subsidi atau insentif mobil listrik. Hal ini dilakukan demi menunjang program percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia.

Informasi finalisasi aturan ini disampaikan langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan saat di acara Saratoga Investment Summit 2023, Jakarta.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan saat di acara  Saratoga Investment Summit 2023, Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan

"Kita sudah difinalkan terkait KBLBB di Ratas (Rapat Terbatas) kemarin, minggu depan sudah harus keluar Permen (Peraturan Menteri) dari Kementerian Keuangan terkait subsidi dan sebagainya. Mudah-mudahan minggu depan, Februari awal," ungkap Luhut saat itu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jika tak ada aral melintang, Luhut menuturkan insentif mobil listrik yang diberikan termasuk sepeda motor listrik dengan besaran mencapai Rp7 juta. Lebih lanjut dia menyatenyebutkan, bahwa dengan adanya insentif ini maka nantinya akan diprioritaskan bagi masyarakat.

Baca juga: Ada Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev, Segini Populasi Mobil Listrik di Indonesia Selama 2022

Bocoran Besaran Insentif Mobil Listrik

Februari 2023, Pemerintah Siap Rampungkan Insentif Mobil Listrik, Berapa Besarannya? 01

Harga mobil listrik bisa makin murah

Sebelumnya, pemerintah yang diwakili Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita disela kunjungan kerja di Brussels, Belgia, pada Desember 2022 menyebutkan, pemerintah akan mengeluarkan insentif untuk mobil listrik dengan skema baru potongan harga sekitar Rp80 juta dan untuk pembelian mobil hybrid insentifnya sebesar Rp40 jutaan.

Tidak hanya itu, Agus juga menyebutkan, masyarakat yang ingin melakukan konversi dari mesin bensin ke teknologi listrik, akan mendapatkan insentif sekitar Rp5 juta. 

Februari 2023, Pemerintah Siap Rampungkan Insentif Mobil Listrik, Berapa Besarannya? 02

Pemerintah terus percepat populasi kendaraan listrik

Pemberian insentif untuk kendaraan listrik baik dalam bentuk mobil atau sepeda motor, hal ini dianggap dapat memberikan stimulus bagi masyarakat agar mau beralih dari ke kendaraan yang lebih hemat energi dan bebas emisi.

"Ini sangat penting, karena kami belajar, Indonesia belajar dari berbagai macam negara yang sudah relatif lebih maju dalam penggunaan kendaran EV, baik itu mobil maupun motor listrik,” ucap Agus.

Baca juga: BYD dan Tesla Disebut Luhut Dekati Penyelesaian Kesepakatan Investasi Mobil Listrik di Indonesia

Indonesia Siap Menuju Transformasi KBLBB

Februari 2023, Pemerintah Siap Rampungkan Insentif Mobil Listrik, Berapa Besarannya? 03

Peralihan dari mobil bermesin bakar ke elektrik

Luhut memang jadi salah satu pejabat yang sangat optimis bahwa Indonesia akan bisa menjadi salah satu negara yang menciptakan ekosistem KBLBB. 

Bahkan dia tak menampik, jika Indonesia telah siap dalam membangun ekosistem menuju transformasi KBLBB, karena saat ini sedang membangun proyek kawasan industri Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) yang berlokasi di Tanah Kuning, Kalimantan Utara. 

Februari 2023, Pemerintah Siap Rampungkan Insentif Mobil Listrik, Berapa Besarannya? 04

"Ekosistem yang kita bangun ini sudah ada raw material-nya, refinery-nya, EV battery-nya semua sudah tersusun. Ini sudah berjalan dan Presiden akan ground-breaking tanggal 27 Februari 1400 Megawatt dari 10.000 Megawatt di Sungai Kayan dan sekitarnya. Jadi ini one of the largest dan greatest downstream industry akan ada di Tanah Kuning nanti," jelas Luhut. 

Lebih lanjut, dia menjelaskan, dengan adanya downstream industry, maka hal itu membuat perekonomian Indonesia lebih berimbang antara kawasan Indonesia Barat dan Indonesia Timur.  "Dulu ekonomi kita banyak di Jawa dan Sumatera. Sekarang  investasi 53 persen atau lebih sudah ada di Indonesia Timur. Pendidikan terbaik, Politeknik terbaik berada di Indonesia Timur," ujarnya.

Baca juga: Dukung Populasi Mobil Listrik di Pulau Jawa, Astra Otoparts Hadirkan SPKLU di Rest Area Tol Semarang

Februari 2023, Pemerintah Siap Rampungkan Insentif Mobil Listrik, Berapa Besarannya? 05

Indonesia bisa jadi pasar yang besar untuk EV

"Di Davos, saya sudah sampaikan kita buat integrated project sehingga renewable energy di Sulawesi seperti wind, solar panel, hydro power, geothermal kita integrasikan mengurangi coal fire itu sebagai bagian dari JETP (Just Energy Transformation Project)," sambung Luhut. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia